GI Academy #31 | Pengelolaan RHK Guru dan Kepala Sekolah dalam PMM - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 11 Jun 2024

GI Academy #31 | Pengelolaan RHK Guru dan Kepala Sekolah dalam PMM

Pada hari Jumat dan Minggu tanggal 7 April dan 9 April 2024 telah diselenggarakan online workshop Guru Inovatif Academy #31 oleh Guruinovatif.id yang mengangkat tema “Pengelolaan RHK Guru dan Kepala Sekolah dalam PMM”.

Seputar Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
67x
Bagikan

Pada hari Jumat dan Minggu tanggal 7 April dan 9 April 2024 telah diselenggarakan online workshop Guru Inovatif Academy #31 oleh Guruinovatif.id yang mengangkat tema “Pengelolaan RHK Guru dan Kepala Sekolah dalam PMM”. Event ini dibersamai oleh Noralia Purwa Yunita, M.Pd, selaku fasilitator trainer GuruInovatif.

Poin Penilaian RHK Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Rencana Hasil Kerja (RHK) memegang peranan yang sangat penting dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan. Poin-poin penilaian yang terdapat dalam RHK memungkinkan para guru untuk bekerja dengan lebih terarah dan fokus, sehingga mereka dapat mencapai target-target yang telah ditentukan dengan lebih efektif. Dengan adanya pedoman yang jelas dalam RHK, para guru dapat memusatkan perhatian mereka pada tujuan spesifik dan terukur, yang pada akhirnya dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan. Selain itu, kinerja guru yang terukur dan terarah akan lebih mudah dievaluasi dan ditingkatkan, menjadikan proses pendidikan lebih efisien dan berkualitas tinggi.

Lebih jauh lagi, RHK juga memiliki peran yang sangat krusial dalam evaluasi kinerja guru dan penyusunan rencana kerja yang sistematis. Dengan adanya poin-poin penilaian dalam RHK, kinerja guru dapat dievaluasi secara objektif berdasarkan pencapaian target-target yang telah ditetapkan. Proses evaluasi yang objektif ini sangat penting karena memberikan gambaran yang jelas tentang kinerja guru, memungkinkan identifikasi area yang perlu ditingkatkan. Selain itu, RHK membantu guru dalam merencanakan tugas-tugas yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih tinggi. Dengan perencanaan yang terstruktur, para guru dapat memahami dengan jelas target-target yang harus dicapai serta langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapainya.

Baca juga:
Ketahui Cara Efektif E-Kinerja dan Aksi Nyata PMM

Hal ini tidak hanya memberikan arah yang jelas bagi guru, tetapi juga memastikan bahwa mutu pendidikan dapat terus ditingkatkan secara konsisten dan berkesinambungan. Melalui evaluasi yang objektif dan perencanaan yang terstruktur, RHK memberikan alat yang efektif bagi guru untuk meningkatkan kinerja mereka, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada kualitas pendidikan yang diberikan kepada siswa.

GI Academy #31 | Pengelolaan RHK Guru dan Kepala Sekolah dalam PMM

Penerapan Disiplin Positif pada RHK

Dalam proses pembelajaran di kelas, penerapan prinsip disiplin positif sangat penting untuk mengelola perilaku dan kebiasaan kelas yang telah disepakati bersama. Guru dapat melakukan refleksi terhadap dinamika kelas untuk memastikan kesepakatan tersebut dijalankan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan mengajak siswa untuk saling mendengarkan saat teman mereka berbicara. Selain itu, guru juga memberikan pujian kepada siswa yang menunjukkan perilaku sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Pujiannya bertujuan untuk memperkuat perilaku positif dan mendorong siswa lainnya untuk mengikuti contoh tersebut.

Jika terdapat pelanggaran terhadap kesepakatan, guru memberikan masukan secara konstruktif dan mendengarkan sudut pandang siswa untuk memahami alasan di balik perilaku mereka. Hal ini membantu menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung perkembangan siswa secara holistik.

Baca juga:
Mengenal Aksi Nyata dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Lebih lanjut, penerapan disiplin positif dalam konteks Rencana Hasil Kerja (RHK) memerlukan penggunaan segitiga restitusi. Segitiga restitusi adalah proses yang menciptakan kondisi bagi siswa untuk memperbaiki kesalahan mereka, sehingga karakter mereka menjadi lebih kuat saat kembali ke kelompoknya. Restitusi memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar disiplin positif dan memulihkan diri dari kesalahan dengan tujuan yang jelas. Dalam penerapannya, guru dapat memulai percakapan dengan sikap yang ramah, menggali sudut pandang siswa, dan memahami alasan di balik tindakan mereka.

Dengan cara ini, guru membantu siswa mengenali kesalahan mereka, memahami dampaknya, dan mencari cara untuk memperbaiki situasi. Proses ini tidak hanya memperkuat karakter siswa, tetapi juga membangun hubungan yang lebih baik antara guru dan siswa, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan suportif.

Mau tahu lebih lanjut mengenai pengelolaan RHK yang baik? Simak pembahasan selengkapnya termasuk contoh program yang dapat diterapkan melalui rekaman Zoom Meeting pada link berikut yang dapat diakses secara GRATIS!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kesehatan Mental Guru Kunci Kualitas Pendidikan Masa Kini

Sri Kartini

Dec 19, 2023
3 min
GURU JUGA MANUSIA

Megawati Megawati

Nov 18, 2023
5 min
Guru Bahagia Siswa Gembira
3 min
5 Tips Manajemen Waktu untuk Tenaga Pendidik yang Sibuk
2 min
INOVATIF DENGAN PENGABDIAN DAN CINTA

Winarni, S. Si.

Jul 21, 2022
2 min
Menjaga Kesehatan Mental Guru Dengan Menerapkan Konsep Ikigai

IQBAL RAP

Dec 04, 2023
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar