GI Academy #32 | Wordwall: Solusi Media Pembelajaran untuk Berbagai Mata Pelajaran - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 20 Jun 2024

GI Academy #32 | Wordwall: Solusi Media Pembelajaran untuk Berbagai Mata Pelajaran

Pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 14-15 Juni 2024 telah diselenggarakan online workshop Guru Inovatif Academy #32 oleh Guruinovatif.id yang mengangkat tema “Wordwall: Solusi Media Pembelajaran untuk Berbagai Mata Pelajaran”.

Seputar Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
140x
Bagikan

Pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 14-15 Juni 2024 telah diselenggarakan online workshop Guru Inovatif Academy #32 oleh Guruinovatif.id yang mengangkat tema “Wordwall: Solusi Media Pembelajaran untuk Berbagai Mata Pelajaran”. Event ini dibersamai oleh Elang Muhammad Fakhri Soeriadiningrat selaku trainer Guruinovatif.id.

Apa itu Wordwall?

Wordwall adalah sebuah platform digital berbasis situs yang memungkinkan guru dan pendidik untuk membuat berbagai jenis aktivitas interaktif untuk pembelajaran. Alat ini dirancang untuk memudahkan proses pembuatan dan pelaksanaan kuis, permainan edukatif, dan aktivitas lain yang dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajar. Nama "Wordwall" kemungkinan besar berasal dari konsep dasarnya, yaitu "word" (kata) dan "wall" (dinding), yang mencerminkan fokus platform ini pada penyusunan kata dan konsep dalam format yang menarik dan interaktif.

Baca juga:
Tips Memilih Aplikasi untuk Guru di Tahun 2024 Agar Tidak Salah Memilih!

Dengan menggunakan Wordwall, guru dapat dengan mudah menciptakan materi pembelajaran yang dinamis dan menyenangkan, yang dapat diakses oleh siswa melalui berbagai perangkat digital. Fitur-fitur yang tersedia memungkinkan pembuatan aktivitas seperti teka-teki silang, roda keberuntungan, pertandingan kata, dan banyak lagi. Ini tidak hanya membuat proses belajar menjadi lebih menarik bagi siswa, tetapi juga membantu mereka memahami materi dengan cara yang lebih mendalam dan bermakna. Wordwall menjadi alat yang sangat berguna dalam lingkungan pendidikan modern, di mana teknologi semakin integral dalam proses belajar-mengajar.

Kelebihan Wordwall

Beberapa kelebihan yang dimiliki Wordwall dalam pembelajara, seperti:

1. Kemudahan penggunaan

Wordwall dirancang dengan antarmuka yang intuitif, sehingga memudahkan guru dan pendidik untuk membuat berbagai aktivitas interaktif tanpa memerlukan keterampilan teknis yang tinggi. Ini memungkinkan semua tingkat pengguna, dari pemula hingga ahli, untuk memanfaatkan platform ini secara efektif.

2. Beragam jenis aktivitas

Platform ini menawarkan berbagai jenis aktivitas seperti kuis, teka-teki silang, roda keberuntungan, dan permainan edukatif lainnya. Hal ini memungkinkan guru untuk menciptakan pengalaman belajar yang bervariasi dan menarik bagi siswa.

Baca juga:
5 Aplikasi Pembelajaran Interaktif yang Guru Harus Tahu!

3. Interaktif dan engaging

Aktivitas yang dibuat di Wordwall bersifat interaktif dan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Ini membantu membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan dinamis, yang dapat meningkatkan retensi dan pemahaman materi oleh siswa.

4. Aksesibilitas

Wordwall dapat diakses melalui berbagai perangkat digital seperti komputer, tablet, dan smartphone. Ini memberikan fleksibilitas bagi siswa untuk belajar kapan saja dan di mana saja, baik di dalam kelas maupun di rumah.

5. Fitur kolaboratif

Platform ini memungkinkan kolaborasi antara guru dan siswa, serta antar siswa, dalam pembuatan dan pelaksanaan aktivitas pembelajaran. Ini bisa meningkatkan kerja tim dan keterampilan komunikasi di kalangan siswa.

Press Release GIA 32 | Wordwall: Solusi Media Pembelajaran untuk Berbagai Mata Pelajaran

Kekurangan Wordwall

Wordwall memiliki kekurangan dalam penggunaannya, seperti:

1. Ketergantungan pada koneksi internet

Wordwall berbasis situs web, sehingga memerlukan koneksi internet yang stabil untuk mengakses dan menggunakan platform ini. Di daerah dengan akses internet yang terbatas atau tidak stabil, hal ini bisa menjadi kendala.

2. Batasan fitur pada versi gratis

Meskipun versi gratis Wordwall menawarkan banyak fitur, ada batasan tertentu yang hanya tersedia pada versi berbayar. Ini termasuk akses ke jenis aktivitas tertentu dan kemampuan untuk mengunduh aktivitas yang dibuat.

3. Kurang personalisasi mendalam

Meskipun Wordwall memungkinkan pembuatan aktivitas yang bervariasi, tingkat personalisasi yang lebih mendalam mungkin terbatas dibandingkan dengan beberapa alat pembelajaran lainnya yang lebih canggih.

Baca juga:
Aplikasi Tanpa Koneksi Internet yang Dapat Membantu Guru

4. Penggunaan yang terlalu berfokus pada aktivitas interaktif

Terlalu banyak menggunakan aktivitas interaktif bisa membuat siswa menganggap pembelajaran hanya sebagai permainan, dan kurang serius dalam memahami materi secara mendalam. Penting untuk menyeimbangkan antara penggunaan aktivitas interaktif dan metode pengajaran tradisional.

5. Potensi gangguan

Aktivitas yang terlalu interaktif dan menarik bisa berpotensi mengalihkan perhatian siswa dari tujuan utama pembelajaran. Guru perlu memastikan bahwa penggunaan Wordwall tetap terfokus pada pencapaian tujuan pembelajaran.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam menggunakan Wordwall? Simak pembahasan selengkapnya termasuk contoh program yang dapat diterapkan oleh satuan pendidikan dalam rangka mencegah tindak kekerasan melalui rekaman Zoom Meeting pada link berikut yang dapat diakses secara GRATIS!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!

Pilihan online course Guruinovatif.id


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Guru Harus Dapat Menjaga kesehatan Mental Sendiri
2 min
Guruku Sayang, Guruku ( Tak ) Malang
2 min
5 Tips Meningkatkan Engagement pada Peserta Didik dalam Pembelajaran
5 min
Mengutamakan “Kesehatan Mental” Guru: Tantangan & Solusi
Guru: Berakar pada Daniel Goleman Berbunga Kebahagiaan

siti zummaroh

Dec 05, 2023
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar