Mengenal Lebih Dekat Insomnia dan Kiat-Kiat Ampuh Mengatasinya - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 01 Mei 2023

Mengenal Lebih Dekat Insomnia dan Kiat-Kiat Ampuh Mengatasinya

Insomnia merupakan sebuah bentuk gangguan tidur yang terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan tidur dan mempertahankan tidurnya dan bahkan bangun terlalu pagi. Gejala insomnia dapat mengganggu kreativitas dan produktivitas seorang tenaga pendidik dalam pembelajaran.

Refleksi

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1203x
Bagikan

Malam hari adalah waktu terbaik untuk merebahkan diri lalu beristirahat dari segala aktivitas. Sangat menyenangkan apabila tubuh kita dapat dengan mudah tidur dengan nyenyak setelah seharian melakukan kegiatan mulai dari matahari terbit sampai tenggelam. Nah! Tidur yang cukup, istirahat yang nyaman, dan kualitas tubuh yang prima merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh semua orang. Hal tersebut erat kaitannya dengan kualitas dan performa seseorang dalam aktivitas sehari-hari, khususnya Bapak/Ibu selaku guru profesional. 

Namun, tidak semua orang dapat memiliki waktu tidur yang cukup dan ideal. Ada banyak hal yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi seperti pola makan yang buruk, kebiasaan menunda-nunda, kecemasan berlebih, dan insomnia. Wah! kurangnya waktu tidur Bapak/Ibu sangat berbahaya bagi kinerja Anda sekalian. Oleh karena itu, ayo sama-sama kita pelajari kiat-kiat menghindari insomnia bagi guru. 

Insomnia dan Permasalahan Tidur yang Mengganggu

Sebelum mengenali kiat-kiat mengatasi permasalahan tidur, Bapak/Ibu harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan insomnia. 

Istilah ‘insomnia’ tentu sering terdengar di telinga Bapak/Ibu sekalian. Namun, apakah yang dimaksud oleh istilah tersebut? Yuk sama-sama cari tahu! Menurut Charles M. Morin dalam bukunya berjudul “Insomnia: A Clinical Guide to Assessment and Treatment” (2003), Insomnia merupakan sebuah bentuk gangguan tidur yang terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan tidur dan mempertahankan tidurnya dan bahkan bangun terlalu pagi. Gejala insomnia tersebut terjadi setidaknya tiga kali dalam seminggu atau bahkan berbulan-bulan. 

Mengenal Lebih Dekat Insomnia dan Kiat-Kiat Ampuh Mengatasinya
Insomnia dapat menghambat produktivitas sehari-hari (Sumber: Canva)

Walaupun terkesan sederhana, gangguan tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan loh. Penderita insomnia sangat rentan mengalami gangguan metabolisme tubuh, kesehatan jiwa, kesehatan emosional, dan keterbatasan dalam beraktivitas. Tentu saja Bapak/Ibu tidak mau hal tersebut dapat terjadi kan. Tetapi, kira-kira apa saja ya penyebab insomnia tersebut? Simak penjelasan sampai akhir ya!

Mengenal Penyebab Insomnia

Gangguan tidur tidak hadir begitu saja tetapi dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan. Permasalahan-permasalahan tersebut diantaranya sebagai berikut. 

1. Kandungan makanan yang tidak sehat

Langkah pertama yang harus Bapak/Ibu perhatikan adalah kandungan makanan yang Anda konsumsi. Pilihlah makanan yang tidak memiliki kadar garam dan gula berlebih seperti minuman bersoda, makanan cepat saji, dan makanan dengan kadar lemak tinggi. Cobalah beralih kepada makanan yang menyehatkan dengan kandungan gizi cukup seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan oats. Dengan mengelola dan mengatur pola makanan yang rapi maka metabolisme Anda menjadi lebih teratur sehingga berdampak baik bagi kesehatan tubuh Bapak/Ibu sekalian. 

2. Lingkungan Tidur yang tidak Nyaman

Anda harus selalu memastikan bahwa lingkungan Anda sudah cukup kondusif untuk beristirahat. Cobalah periksa kebersihan, pencahayaan, dan suhu kamar Anda. Hal tersebut merupakan langkah sederhana yang berdampak besar bagi kualitas tidur Bapak/Ibu sekalian. 

3. Gangguan Medis dan Penggunaan Obat-Obatan tertentu

Permasalahan yang sangat perlu Bapak/Ibu periksakan ke dokter adalah apakah Anda memiliki gangguan medis atau gangguan terhadap obat-obatan tertentu. Oleh karena itu, cermatlah mengenali diri Anda agar tidak mengalami kontraksi obat-obatan tertentu. 

4. Kecemasan Berlebih

Cemas dan khawatir yang berlebihan dapat menghambat kualitas Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menyusun kembali hal-hal yang dapat membuat Bapak/Ibu cemas. Cobalah untuk menepi sejenak dari rutinitas dan menyusun berbagai rencana dengan rapi serta terstruktur agar dapat maksimal dalam berbagai hal. 

Wah, kira-kira dari berbagai penyebab di atas, apakah ada salah satu gejala yang Bapak/Ibu rasakan? Apabila Ada! Anda harus segera mengatasinya ya. Bagaimana caranya? Simak uraian pada bagian selanjutnya ya!

Kiat-Kiat Mengatasi Insomnia bagi Bapak/Ibu Guru

Setelah mengidentifikasi penyebab terjadinya insomnia maka tahap selanjutnya adalah mengambil berbagai langkah terbaik sebagai berikut. 

1. Berolahraga

Sebuah pepatah mengatakan bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pepatah tersebut merupakan sebuah motivasi agar seseorang dapat selalu menjaga kualitas kesehatannya. Begitu juga dengan pekerjaan profesional sebagai Bapak/Ibu guru. Anda harus selalu tetap bugar sehingga dapat lebih fokus saat pembelajaran. 

2. Menerapkan Metode Efektif 4-7-8

Setelah melaksanakan berbagai kegiatan di luar ruangan, Anda dapat menerapkan metode 4-7-8. Apakah itu? Metode tersebut diperkenalkan oleh Dr. Andrew Weil, seorang dokter holistik yang berasal dari Amerika Serikat. Cara melakukan metode tersebut adalah sebagai berikut. 

  1. Posisikanlah tubuh Anda pada situasi paling nyaman, luruskan kedua kaki dan tenangkan pikiran. 
  2. Setelah itu, tarik nafas dalam-dalam selama 4 detik
  3. Tahanlah nafas Anda selama 7 detik
  4. Buang nafas melalui mulut selama 8 detik
  5. Ulangi langkah-langkah tersebut sebanyak 4 kali

Teknik tersebut bertujuan untuk menenangkan saraf simpatis dan parasimpatis sehingga membantu Anda lebih rileks sebelum tidur. Pokoknya, wajib banget Bapak/Ibu coba ya metode ini!

3. Merapikan Suasana Kamar dan Lingkungan Tidur 

Salah satu faktor yang dapat mempermudah beristirahat adalah perasaan tenang dan nyaman. Kedua perasaan tersebut dapat diperoleh dengan cara merapikan lingkungan tidur agar lebih kondusif dan tertata. Oleh karena itu, luangkan waktu sejenak agar Bapak/Ibu dapat lebih nyaman saat beristirahat setelah satu hari penuh bekerja. 

Mengenal Lebih Dekat Insomnia dan Kiat-Kiat Ampuh Mengatasinya
Lingkungan tidur yang berantakan dapat mempersulit tidur dan istirahat seseorang (Sumber: Canva)

4. Tegas dan Disiplin pada Rencana di Masa Depan

Berselancar di media sosial, menonton video dagelan, dan bermain game selepas bekerja merupakan salah satu bentuk hiburan yang dapat merelaksasikan pikiran. Namun, apabila berlebihan maka hal tersebut dapat menjadi bumerang di masa yang akan  datang. Oleh karena itu, cobalah sebaik mungkin untuk tegas dan disiplin terhadap rencana dan tujuan yang hendak Anda capai di masa yang akan datang. Jangan biarkan diri Anda terlena dan terjerumus kepada kebiasaan yang menghancurkan rencana-rencana berkelanjutan Anda. 

5. Mendengarkan Musik 

Mendengarkan musik merupakan salah satu cara terbaik untuk memudahkan Anda tertidur dengan lebih pulas. OLeh karena itu, Anda dapat memejamkan mata sambil mendengarkan alunan romantis favorit. Dijamin deh, tidurnya akan puas banget!

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Bapak/Ibu guru agar dapat terbebas dari insomnia. Kami selalu berharap bahwa Bapak/Ibu dapat memiliki tubuh yang bugar, semangat tanpa batas, dan kesehatan yang baik sehingga dapat mengajar dengan maksimal. Selanjutnya, dalam tubuh yang sehat terdapat berbagai kebaikan mulai dari kesehatan fisik dan mental, kecerdasan, dan kualitas diri yang baik. Wah banyak sekali ya manfaatnya bagi kehidupan! Artikel ini ditutup oleh sebuah pantun persembahan untuk semua guru di Indonesia! Salam Inovatif!

Muka bengkak digigit penyengat 

Penyengat lari ke angkasa

Kami titipkan doa dan semangat

untuk kemajuan pendidikan bangsa! 

Ayo tingkatkan kualitas sekolah Bapak/Ibu dengan In House Training!

Melalui program tersebut! Anda dapat memperdalam segala informasi tentang Kurikulum Merdeka dan metode pembelajaran terbaik bagi pendidikan di sekolah Anda! Selain itu, Bapak/Ibu bisa memilih dan menentukan jadwal pelaksanaan program secara fleksibel sehingga tidak mengganggu rangkaian kegiatan di sekolah. Kami tunggu ya di program In House Training! Mari bersama-sama kita tingkatkan prestasi sekolah Anda! Hubungi kami segera atau klik banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjut ya! Salam Inovatif. 


Penulis: Yandi Chidlir
Penyunting: Putra

0

6

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Guru Sebagai Navigator: Arahkan Murid Untuk Penggunaan Teknologi Digital yang Lebih Bermakna dan "Purposeful"

GUSTI DARMA

Aug 26, 2023
5 min
Yang Harus Diketahui Mengenai Bullying
4 min
4 Strategi Efektif Sambut Semester Baru dengan Percaya Diri
Guru dan Orang Tua harus Tahu! Lima Cara untuk Mengatasi Gadget pada Anak!
2 min
Hari Kesehatan Mental Sedunia dan Hubungannya terhadap Tenaga Pengajar
5 min
Ubah Hidup dengan Habit Tracker: Strategi Efektif untuk Meraih Kesuksesan
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB