MEMBANGUN MASA DEPAN DENGAN GURU DAN SISWA YANG DIGITAL SAVVY - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 07 Sep 2023

MEMBANGUN MASA DEPAN DENGAN GURU DAN SISWA YANG DIGITAL SAVVY

Artikel ini membahas pentingnya literasi digital dalam pendidikan dan bagaimana pelatihan guru, sertifikasi guru, serta pelatihan in-house training menjadi kunci utama dalam mengembangkan literasi digital yang kuat. Pelatihan guru membangun dasar yang kuat, sertifikasi mengakui keahlian, dan pelatih

Dunia Pendidikan

Santhy Handayani

Kunjungi Profile
477x
Bagikan

Di era digital yang berkembang pesat, literasi digital menjadi keterampilan kunci, tidak hanya bagi siswa, tetapi juga bagi guru. Literasi digital tidak hanya mencakup kemampuan menggunakan teknologi, tetapi juga pemahaman tentang bagaimana memanfaatkannya dengan efektif dalam pembelajaran. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa pelatihan guru, sertifikasi guru, dan pelatihan in-house training adalah elemen kunci dalam mengembangkan literasi digital yang kuat, menjadikan mereka "Digital Savvy" di dunia pendidikan. 

Pelatihan Guru: Fondasi Literasi Digital yang Kuat

Pelatihan guru adalah dasar penting untuk mempersiapkan pendidik dalam menghadapi era literasi digital. Guru perlu memiliki pemahaman mendalam tentang teknologi, termasuk perangkat keras, perangkat lunak, dan strategi pengajaran berbasis teknologi. Pelatihan guru yang baik memberikan mereka kepercayaan diri untuk membimbing siswa dalam menjelajahi dunia digital yang dinamis.

Selain itu, pelatihan guru juga harus mencakup aspek etika digital, perlindungan data, dan kesadaran terhadap risiko online. Guru yang terlatih dengan baik dapat mengajar siswa tentang penggunaan teknologi yang bijak dan aman, menjadikan mereka "Digital Savvy".

Sertifikasi Guru dalam Literasi Digital: Pengakuan atas Keahlian

Sertifikasi guru dalam literasi digital adalah langkah selanjutnya yang sangat penting. Ini mengakui guru sebagai ahli dalam mengajar literasi digital. Guru yang bersertifikasi dalam literasi digital dianggap sebagai pemimpin di bidang ini. Mereka dapat berperan dalam pengembangan kurikulum yang fokus pada literasi digital dan membantu siswa menjadi "Digital Savvy".

Sertifikasi guru juga memberikan insentif kepada mereka untuk terus meningkatkan kompetensi dalam literasi digital. Ini menciptakan lingkungan pendidikan yang selalu berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru.

 Pelatihan In-House: Mendekatkan Guru dan Siswa pada Teknologi

Pelatihan in-house adalah komponen penting lainnya dalam memperkuat literasi digital. Sekolah dapat menyelenggarakan pelatihan internal yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Ini mencakup pengenalan terhadap platform digital yang digunakan di sekolah, praktik pengajaran online, dan strategi untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum. Dalam lingkungan pelatihan in-house, guru dan siswa dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam penggunaan teknologi, membantu mereka menjadi "Digital Savvy".

Manfaat Pelatihan Guru, Sertifikasi, dan Pelatihan In-House dalam Membangun "Digital Savvy"

Pelatihan guru, sertifikasi guru, dan pelatihan in-house training adalah elemen-elemen kunci dalam menciptakan guru dan siswa yang "Digital Savvy". Guru yang terlatih dengan baik dan bersertifikasi memiliki kemampuan untuk mengajar literasi digital dengan efektif. Pelatihan in-house menciptakan lingkungan di mana pengetahuan dan pengalaman dibagikan, membantu siswa memahami lebih dalam tentang dunia digital.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pembelajaran yang Super Seru dengan Canva, Kunci Kesuksesan Pendidikan Interaktif
2 min
Komunikasi Efektif Kepala Sekolah dapat Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru

SRI KUNCORO, M.Pd

Jul 12, 2024
7 min
Belenggu Pendidikan yang Mulai Terlepas
4 min
Mengintegrasikan Permainan Tradisional dalam Pembelajaran: Membangun Karakter Siswa dengan Nilai-Nilai Lokal
3 min
Peningkatan Literasi Digital Siswa di Pelosok Negeri melalui Augmented Reality (AR) Cita-Cita

Niken Eka Priyani

Aug 10, 2023
2 min
Literasi Digital Mengasyikkan dengan Learning on the Clouds
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar