Pendaftaran Magang Bersertifikat Kampus Merdeka Masih Dibuka, Ini Dia Tips Jitu Agar Lolos Seleksi! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 11 Nov 2023

Pendaftaran Magang Bersertifikat Kampus Merdeka Masih Dibuka, Ini Dia Tips Jitu Agar Lolos Seleksi!

Pengalaman kerja tak hanya bisa diperoleh setelah lulus kuliah, kamu yang masih berstatus mahasiswa juga memiliki ruang untuk bisa merasakan dunia profesional melalui program MSIB. Program ini terbuka lebar untuk mahasiswa dalam menjajaki tantangan sesungguhnya di industri dan lembaga.

Dunia Pendidikan

kampus inovatif

Kunjungi Profile
584x
Bagikan

Magang Bersertifikat Kampus Merdeka menjadi salah satu program Kampus Merdeka yang paling banyak diminati oleh mahasiswa. Pendaftar program ini pada tiap angkatan mencapai puluhan ribu orang. Hal itu tak lepas dari sederet benefit yang bisa diperoleh peserta mulai dari uang saku dari Kemdikbudristek, terhindar dari eksploitasi karena program diawasi oleh pemerintah, konversi hingga 20 SKS, serta berkesempatan mendapatkan golden ticket untuk direkrut menjadi karyawan di perusahaan tempat kamu magang. Sangat menarik, bukan? Oleh karena itu, persaingan untuk bisa diterima pada program ini sangat ketat.

Namun, kamu tak perlu risau karena Kampusinovatif.id akan memberikan tips yang bisa kamu lakukan agar bisa diterima magang di perusahaan impian. Simak pembahasan selengkapnya ya!

Sesi Wawancara Seleksi MSIB (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Tips Jitu Lolos Seleksi MSIB

Ikuti tips berikut agar kamu bisa menghadapi persaingan dengan ribuan mahasiswa di luar sana:

1. Pastikan Kamu Memenuhi Kriteria

Pertama dan yang utama, kamu harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan, misalnya minimal semester sesuai jenjang pendidikan, terdaftar sebagai mahasiswa di PDDIKTI, serta persyaratan lainnya dari Kemdikbudristek dan perusahaan mitra. Dalam hal ini kamu perlu cermat membaca detail persyaratan yang tercantum di laman Kampus Merdeka sebelum mendaftar.

2. Pastikan Memperoleh Persetujuan dari Pihak Prodi

Persetujuan yang dimaksud disini terkait pengakuan/konversi SKS, ya. Jangan sampai pada saat kamu diterima dalam program MSIB, kamu tidak mendapatkan hak konversi SKS karena aktivitas MSIB yang kamu ikuti dinilai tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran di program studimu. Ini artinya, kamu menciptakan bebanmu sendiri. Pasalnya, kamu sudah dibebankan dengan project dari perusahaan, tapi masih harus mengikuti perkuliahan reguler. So, izin dulu ya ke Koordinator Prodi kalian masing-masing ya!

3. Tetapkan Tujuan

Menetapkan tujuan menjadi salah satu step penting yang harus dipikirkan secara matang. Kamu bisa memilih mitra atau industri dengan posisi yang menjadi impianmu. Jika masih bingung, kamu bisa memilih mitra dan posisi yang relevan dengan jurusanmu, karena peluang diterima di industri tersebut lebih besar. Pastikan kamu memaksimalkan kesempatan ini ya, dan jangan hanya cukup mendaftar pada 1 atau 2 mitra saja.

Eitsss, tapi kamu juga perlu melakukan riset perusahaan sebelum mendaftar. Riset ini mencakup budaya kerja perusahaan dan kredibilitas perusahaan yang kamu tuju, apakah sudah pernah menjadi mitra Kemendikbud di batch sebelumnya atau baru pertama kali.

4. Siapkan Berkas yang Dibutuhkan

Nah, langkah ini cukup riskan, ya. Meski kedengarannya sepele karena hanya perlu menyiapkan dokumen, tapi faktanya banyak ditemui calon peserta yang tidak lolos seleksi lantaran berkas/dokumen tidak sesuai ketentuan dari Kemdikbudristek. Dokumen yang perlu kamu siapkan antara lain adalah Surat Rekomendasi (SR) dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM). Surat Rekomendasi bisa kamu dapatkan dari kampus, sedangkan SPTJM dapat mengunduh template yang tersedia di laman Kampus Merdeka.

Fyi, dalam SPTJM kamu tidak boleh mengubah poin-poin yang telah tercantum, kamu cukup mengisi pernyataan menerima beasiswa atau tidak kemudian tanda tangan di atas materai.

Selain itu, pastikan hasil scan seluruh dokumen dengan kualitas tertinggi agar bisa terbaca dengan jelas.

5. Gunakan CV Terbaik

Persyaratan yang harus dilampirkan dalam MSIB selain SR dan SPTJM adalah CV. Noted! Gunakan CV ATS friendly, ya. Bila kamu masih bingung bagaimana cara membuat CV ATS friendly, kamu dapat mengakses website penyedia CV ATS friendly yang banyak teresedia di internet.

6. Lampirkan Dokumen Pendukung

Peluangmu untuk diterima dalam program magang akan lebih besar jika kamu menyertakan portofolio. Dokumen ini dapat menjadi bukti pencapaian dan skill yang telah kamu cantumkan di CV. Isi dari portofolio dapat berupa hasil pekerjaan yang pernah kamu kerjakan. Bila belum ada hasil pekerjaan yang pernah kamu lakukan, kamu tidak perlu berkecil hati, karena kamu tetap bisa melampirkan project atau tugas kuliah yang relevan untuk membuktikan kepada rekruiter bahwa dirimu memenuhi kualifikasi dan patut dipertimbangkan.

Selain portofolio, kamu juga dapat mencantumkan sertifikat magang ataupun organisasi. Dengan mencantumkan sertifikat tersebut, kamu akan mendapatkan nilai plus di mata rekruiter karena dinilai memiliki keterampilan yang telah terasah.

7. Latihan Wawancara

Jika sudah lolos seleksi administrasi, kamu patut sedikit bernapas lega. Pasalnya, menurut rekruiter kamu memenuhi kualifikasi. Langkah selanjutnya, kamu harus mempersiapkan sesi wawancara terbaik agar lebih meyakinkan rekruiter. Pelajari pertanyaan yang sering ditanyakan dan jangan lupa mempelajari lebih lanjut mitra yang kamu tuju. Ketika jadwal wawancara tiba, usahakan untuk menciptakan kesan terbaik dengan datang tepat waktu dan berpakaian rapi.

Last but not least, setelah wawancara berakhir kamu bisa mengirimkan ucapan terima kasih via WhatsApp atau email kepada rekruiter yang telah bersedia meluangkan waktu dan tenaganya untuk melakukan wawancara denganmu. Hal ini bisa menambah kesan baik dari dirimu. Good luck, ya!

Selain mengikuti MSIB, kamu juga bisa meningkatkan skill untuk menggapai karier impianmu dengan mengikuti kelas online oleh KampusInovatif.id.

Kunjungi platform KampusInovatif.id sekarang, kemudian pilih topik sesuai minat dan kebutuhanmu!


Penulis: Anisaa Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

PEMBELAJARAN YANG MEMANUSIAKAN MURID UNTUK MENCAPAI GENERASI EMAS DI TAHUN 2045

Chintia Giana

May 31, 2023
6 min
Mengintegrasikan Permainan Tradisional dalam Pembelajaran: Membangun Karakter Siswa dengan Nilai-Nilai Lokal
3 min
Literasi Digital Sebagai Salah Satu Sumber Informasi Bagi Siswa Untuk Peningkatan Hasil Belajar
Literasi Digital di Era Pendidikan Digital: Peran Platform Digital dalam Pemberdayaan Siswa dan Guru
1 min
Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Memperbaiki Kualitas Pendidikan Indonesia
4 min
Membangun Business Sense dengan Stock Exchange of GIBS (SEG): Penguatan Literasi Digital, Finansial, dan Investasi untuk Siswa dan Guru Inovatif di Global Islamic Boarding School
9 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB