Rekomendasi Program Kampus Merdeka, Mahasiswa Wajib Coba! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 09 Nov 2023

Rekomendasi Program Kampus Merdeka, Mahasiswa Wajib Coba!

Guna menghadapi era society 5.0, Kemdikbudristek mencanangkan program Kampus Merdeka yang menjadi sarana untuk menyiapkan mahasiswa menjadi lulusan berjiwa tangguh serta relevan dengan kebutuhan zaman. Terdapat beberapa program untuk mengasah kemampuan mahasiswa agar siap terjun di dunia profesional

Dunia Pendidikan

kampus inovatif

Kunjungi Profile
1151x
Bagikan

Apa Sih Kampus Merdeka Itu?

Pada tahun 2020 lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) telah meluncurkan program Kampus Merdeka. Program ini merupakan kebijakan dari pemerintah untuk mahasiswa agar bisa belajar di luar program studi selama 1 semester dan di luar perguruan tinggi selamar 2 semester. Melalui program Kampus Merdeka diharapkan mahasiswa dapat menggunakan haknya untuk memilih kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat. Menariknya, seluruh program dari Kampus Merdeka ini mendapatkan pengakuan konversi yang setara dengan 20 SKS.

Tidak hanya itu, mahasiswa peserta program Kampus Merdeka juga akan memperoleh segudang manfaat yang dapat menunjang persiapan karier profesional. Mungkin sebagian dari kamu belum tahu apa saja program Kampus Merdeka yang ditawarkan oleh Kemendikbudristek. Berikut kami bagikan informasi yang bermanfaat dan bisa kamu coba. Simak detailnya sebelum mendaftar, ya!

Program Kampus Merdeka

1. Kampus Mengajar

Logo Kampus Mengajar (Sumber: fh.hangtuah.ac.id)

Program ini memfasilitasi para mahasiswa yang tertarik untuk melakukan pengabdian di dunia pendidikan dengan cara terlibat langsung sebagai mitra guru, kepala sekolah, serta tenaga kependidikan. Dengan mengikuti program ini, kamu dapat mengembangkan kemampuan dalam menyusun dan melaksanakan strategi pembelajaran, serta mengeksplorasi beragam program yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Kabar baiknya, Kampus Mengajar Angkatan 7 masih membuka pendaftaran hingga 24 November 2023 mendatang. Tunggu apalagi? Daftarkan dirimu sekarang dan jadilah agen perubahan untuk pendidikan Indonesia!

2. Studi Independen

Logo Studi Independen Bersertifikat (Sumber: kampusmerdeka.kemdikbud.go.id)

Studi Independen Bersertifikat merupakan salah satu bagian dari program Kampus Merdeka untuk para mahasiswa yang ingin belajar dan mengembangkan skill yang dibutuhkan oleh dunia usaha maupun dunia industri. Jika kamu ingin mengasah kompetensi spesifik melalui real project yang dapat dijadikan portofolio, kamu wajib mengikuti program ini. Fyi, Studi Independen Bersertifikat Angkatan 7 masih dibuka hingga 31 Desember mendatang loh!

3. Magang Bersertifikat

Logo Magang Bersertifikat (Sumber: kampusmerdeka.kemdikbud.go.id)

Magang Bersertifikat juga merupakan bagian dari program Kampus Merdeka dengan target sasaran mahasiswa yang ingin mengembangkan diri di industri atau dunia profesional secara langsung. Dengan terlibat langsung dalam setiap pengerjaan project perusahaan, hard skills dan soft skillsmu akan terasah sehingga lebih siap untuk memasuki dunia kerja nantinya. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan benefit berupa uang saku dari Kementerian atau mitra tempatmu mengikuti kegiatan magang. Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan berharga ini selagi pendaftaran Magang Merdeka Angkatan 6 masih dibuka sampai tanggal 31 Desember 2023, ya!

4. Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)

Logo Pertukaran Mahasiswa Merdeka (Sumber: pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id)

Kalau kamu adalah pribadi yang senang belajar beragam budaya, program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini cocok untukmu. Dengan menjadi peserta dari program ini, kamu dapat mengeksplor dan mempelajari beragam budaya Nusantara, menjalin relasi dengan mahasiswa dari berbagai daerah, serta berkesempatan belajar di kampus lain yang ada di Indonesia. Kamu juga tidak peru khawatir karena akan mendapatkan uang saku dari Kemendibudristek setiap bulannya. Sangat menarik bukan? Yuk, persiapkan dirimu untuk mendaftar PMM Angkatan 4 yang dibuka hingga Desember 2023.

5. Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)

Logo IISMA (Sumber: iisma.kemdikbud.go.id)

IISMA merupakan program pertukaran mahasiswa dimana mereka berkesempatan untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri. Berhubung kamu nantinya akan belajar di luar negeri, dmaka salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh pendaftar program ini adalah melampirkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris baik itu IELTS, TOEFL IBT, maupun Duolingo. Jika kamu tertarik dengan program ini, mulai persiapkan segala persyaratannya mulai dari sekarang, ya!

6. Wirausaha Merdeka

Logo Wirausaha Merdeka (Sumber: kampusmerdeka.kemdikbud.go.id)

Nah, untukmu yang tertarik dengan bidang kewirausahaan, kamu dapat mengikuti program Wirausaha Merdeka. Melalui program ini, kamu dapat mengasah skill wirausaha agar setelah lulus dari perguruan tinggi nanti, kamu memiliki alternatif karier untuk mengurangi angka pengangguran pada jenjang sarjana. Benefit yang akan diperoleh tidak hanya berupa ilmu dan relasi, namun kamu juga akan mendapatkan dana untuk mengembangkan usaha. Sayang bukan apabila kamu melewatkan kesempatan ini?

7. Bangkit by Google, GoTo, and Traveloka

Logo Bangkit Academy (Sumber: Dicoding.com)

Program ini ditujukan untuk kamu mahasiswa yang ingin mempersiapkan karier digital dengan 3 pilihan program yang ditawarkan, yaitu Machine Learning, Mobile Development, dan Cloud Computing. Bangkit melibatkan beberapa perusahaan IT ternama seperti Google, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka. Jika ingin menjadi talenta digital yang tersertifikasi global dari Google, kamu patut mencoba program ini ya!. Selain itu, kamu juga berkesempatan mendapatkan karier eksklusif pasca lulus dan dukungan untuk membangun start up dengan dana hingga Rp140 juta. Perlu kamu tahu, Bangkit adalah paket komplit karena program ini tak hanya berfokus pada pengembangan hard skills di bidang teknologi, tapi kamu juga akan mendapatkan pelatihan bahasa Inggris dan soft skills yang dibutuhkan di dunia industri.

8. Kementerian ESDM - GERILYA

Logo Gerilya (Sumber: kampusmerdeka.kemdikbud.go.id)

Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya (GERILYA) merupakan program Magang dan Studi Independen (MSIB) yang diinisiasi oleh Kemdikbudristek berkolaborasi dengan Kementerian ESDM. Program ini mewadahi para mahasiswa yang ingin mengembangkan kompetensinya di bidang energi surya dan energi terbarukan sebelum terjun ke dunia kerja profesional. Bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan minimal semester 6 dan tertarik untuk mendalami industri energi terbarukan, kamu dapat mendaftarkan diri pada program ini, ya!

Selain mengikuti program Kampus Merdeka, kamu juga dapat mengembangkan diri dengan mengikuti beragam pilihan kelas online dari KampusInovatif.id.

Kunjungi platform KampusInovatif.id sekarang untuk pilih pelatihan yang sesuai minat dan kebutuhanmu dengan berbagai pilihan topik yang relevan dengan kebutuhan dunia industri saat ini.


Penulis: Anisaa Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pentingnya Perencanaan Berbasis Data dalam Pendidikan!
3 min
Inovasi Pembelajaran Modern dan Menyenangkan dengan Platform Digital “pHelper”
4 min
Pentingnya Menumbuhkan Karakter kepada Siswa
PERAN GURU & PENGARUH MEDIA SOSIAL DI ERA SOCIETY 5.0

Teguh Purnomo

Sep 13, 2023
4 min
Peran Penting Literasi Digital Di Sekolah Dalam Menghadapi Tantangan Digital Masa Kini

RISNA WIJIYANTI

Sep 05, 2023
1 min
Pentingnya Meningkatkan Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik Di Era Digital

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB