Strategi Mengatur Waktu Kuliah, Seimbangkan Kehidupan Akademik dan Me Time bagi Mahasiswa - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 07 Nov 2023

Strategi Mengatur Waktu Kuliah, Seimbangkan Kehidupan Akademik dan Me Time bagi Mahasiswa

Kehidupan mahasiswa tidak jauh-jauh dari tugas, ujian, dan organisasi. Ketika mahasiswa sudah merasa lelah atau stress, membuat sulit fokus untuk berkonsentrasi pada kehidupan akademik mereka. Waktu "me time" menjadi sangat penting dalam menjaga keseimbangan antara kehidupan akademik mahasiswa.

Dunia Pendidikan

kampus inovatif

Kunjungi Profile
1179x
Bagikan

Mungkin sebagian besar dari kamu pernah merasa waktu 24 jam dalam sehari kurang. Kamu sudah mengerjakan banyak hal, tapi masih banyak pekerjaan lain yang menumpuk. Di sisi lain, kamu merasa capek karena energi telah terkuras seharian. Jika hal ini terjadi padamu, artinya manajemen waktumu berantakan.

Manajemen waktu adalah langkah untuk merencanakan, mengatur, serta mengorganisir untuk tujuan tertentu secara efektif. Oleh karena itu, kamu perlu menerapkan tips-tips berikut agar hidup lebih teratur.

Tips Mengatur Waktu untuk Mahasiswa

1. Hindari Kebiasaan Menunda

Tidak sedikit orang yang senang menunda waktu untuk mengerjakan sesuatu. Salah satu alasan yang banyak dijumpai karena otak dianggap lebih encer ketika sudah mendekati deadline. Padahal secara tidak langsung hal ini hanya membebani diri sendiri.

Jika kamu masih sering melakukan kebiasaan buruk ini, sebaiknya segera hentikan sekarang karena kualitas pekerjaanmu juga tidak akan maksimal. Kamu dapat lebih disiplin dan menghargai waktu yang ada.

2. Buat Jadwal Kegiatan

Kamu perlu membuat plan yang matang dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Jadwal tersebut bisa kamu susun sedetail mungkin termasuk tanggal-tanggal penting dan deadline pengerjaan agar semakin termotivasi untuk menyelesaikannya. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisir waktu yang terbuang percuma. Ingat, kamu perlu disiplin dan konsisten terhadap jadwal yang telah dibuat, ya!

3. Tetapkan Skala Prioritas

Bagian ini masih berkaitan dengan jadwal kegiatan yang telah dibuat. Kamu perlu memprioritaskan kegiatan yang penting dan mendesak. Cara ini efektif untuk menghindarkan dirimu dari stress akibat tekanan tugas-tugas berat yang menguras tenaga dan pikiran.

4. Latih Diri untuk Fokus

Tips lain dalam manajemen waktu yang perlu kamu lakukan ialah membiasakan diri untuk tetap fokus ketika mengerjakan sesuatu. Meskipun pikiranmu bercabang karena banyak hal yang harus diselesaikan, namun kamu harus tetap fokus pada satu hal yang sedang kamu kerjakan. Hindarkan diri dari distraksi yang akan menghambat produktivitas. Misalnya, membuka aplikasi belanja online atau scrolling media sosial karena hal tersebut akan mengganggu konsentrasimu.

5. Jaga Kesehatan

Hal yang tak kalah penting untuk kamu perhatikan adalah menjaga kesehatan tubuh. Setiap harinya, kamu dapat meluangkan waktu untuk berolahraga serta memastikan makanan yang dikonsumsi memiliki gizi seimbang. Selain itu, kamu juga perlu menjaga pola tidur dan menghindari begadang. Kurang tidur akan mengganggu fokus dan konsentrasimu karena tubuh dan otak tidak berfungsi dengan baik.

Nah, itu tadi beberapa tips simpel nan jitu yang dapat kamu terapkan agar hidupmu lebih produktif dan teratur. Jika memiliki waktu luang, kamu juga dapat melakukan beberapa rekomendasi kegiatan me time yang bermanfaat untuk me-refresh pikiran sejenak di tengah kesibukan kuliah.

Pilihan Kegiatan Me Time untuk Mahasiswa

Strategi Mengatur Waktu Kuliah, Seimbangkan Organisasi dan Me Time bagi Mahasiswa
Mahasiswa Melakukan Hobi Melukis (Sumber: Freepik)

Waktu me time menjadi sangat penting dalam menjaga keseimbangan antara kehidupan akademik mahasiswa. Berikut merupakan beberapa rekomendasi me time yang dapat kamu coba:

1. Lakukan Hobi Favorit

Di sela-sela kesibukan, kamu dapat melakukan hobi favorit seperti menyanyi, menggambar, melukis, atau kegiatan lainnya yang mudah dilakukan tanpa mengeluarkan biaya. Selain melepaskan diri dari kejenuhan, cara ini juga akan meningkatkan kreativitasmu sekaligus membuat pikiranmu lebih fresh.

2. Pergi Rekreasi

Jika kamu bosan dengan suasana indoor, kamu dapat pergi jalan-jalan sendiri ke alam atau melakukan solo trip ke tempat-tempat yang menjadi wishlistmu. Selain bisa meningkatkan mood, cara ini juga ampuh untuk menjadikan dirimu sebagai pribadi yang lebih mandiri dan percaya diri.

3. Pergi ke Salon

Kegiatan ini dapat kamu lakukan sebagai bentuk self-love sekaligus memanjakan diri setelah penat melakukan sederet aktivitas. Kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari refleksi pijat, di samping dirimu lebih terawat, cara ini juga bisa meredakan sakit kepala dan mengurangi rasa cemas yang menghantui dirimu.

4. Membaca Buku

Bagi sebagian orang, membaca buku mungkin menjadi kegiatan yang monoton dan membosankan. Namun, kamu perlu tahu, disamping memperluas wawasan, cara ini bisa meningkatkan konsentrasimu serta mengurangi stress. Patut dicoba, terutama untukmu mahasiswa yang pusing memikirkan deadline tugas. Alihkan pikiranmu sejenak dengan membaca buku mulai dari bacaan yang ringan dan tentunya sesuai dengan genre favoritmu, ya!

Selain rekomendasi di atas, bila kamu ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat yang menyenangkan, kamu dapat mengikuti kelas online by Kampusinovatif.id yang menyediakan banyak pilihan topik yang dapat kamu sesuaikan dengan minatmu.

Kelas online by Kampusinovatif ini tidak akan menambah bebanmu karena para trainer profesional akan membangun suasana diskusi yang asyik dan santai. Tunggu apalagi? Daftarkan dirimu sekarang melalui platform Kampusinovatif.id sekarang juga!


Penulis: Anisaa | Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

MPLS: Momen Terbaik Eksplorasi Karakter Peserta Didik dalam Rangka Optimalisasi Generasi Bertalenta
7 min
Pentingkah Literasi Digital Bagi Siswa Taman Kanak-kanak?
2 min
Pembelajaran yang Super Seru dengan Canva, Kunci Kesuksesan Pendidikan Interaktif
2 min
Analisa Kesalahan Struktur Tata Bahasa Pada Teks Terjemahan Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris
1 min
Literasi Digital Mengasyikkan dengan Learning on the Clouds
4 min
MEWUJUDKAN PENDIDIKAN INKLUSIF : PERAN SINERGI WARGA SEKOLAH DALAM INOVASI PEMBELAJARAN

AMM QURROTA A'YUN

May 20, 2024
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar