Literasi Digital: Suatu Upaya Peningkatan Wawasan Siswa dan Kompetensi Guru dengan Memanfaatkan Media Sosial - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 11 Sep 2023

Literasi Digital: Suatu Upaya Peningkatan Wawasan Siswa dan Kompetensi Guru dengan Memanfaatkan Media Sosial

Dalam artikel ini penulis berupaya mendeskripsikan bahwa literasi digital adalah Suatu Upaya Peningkatan Wawasan Siswa dan Kompetensi Guru dengan Memanfaatkan Media Sosial.

Dunia Pendidikan

RUDI HARYANTO

Kunjungi Profile
1187x
Bagikan

Literasi Digital: Suatu Upaya Peningkatan Wawasan Siswa dan Kompetensi Guru dengan Memanfaatkan Media Sosial

Oleh : Rudi Haryanto

Pendahuluan

Dalam era teknologi informasi yang semakin maju seperti sekarang ini, literasi digital menjadi suatu kebutuhan yang penting. Literasi digital mencakup pemahaman dan kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi, terutama internet dan media sosial, untuk mencari, menilai, menggunakan, dan menghasilkan informasi secara efektif. Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memanfaatkan media sosial dengan bijaksana untuk meningkatkan wawasan siswa dan kompetensi guru. Artikel ini akan membahas tentang pentingnya literasi digital dalam meningkatkan wawasan siswa dan kompetensi guru, serta strategi yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

 

1. Pentingnya Literasi Digital dalam Meningkatkan Wawasan Siswa

Literasi digital memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengakses sumberdaya informasi yang luas dan berkualitas. Dengan memanfaatkan media sosial secara cerdas, siswa dapat belajar tentang topik-topik yang tidak tercakup dalam kurikulum formal. Mereka dapat mengikuti akun-akun edukatif, grup diskusi, dan komunitas online yang relevan dengan minat dan kebutuhan mereka. Melalui interaksi dengan berbagai konten dan masyarakat online, siswa dapat memperluas wawasan, meningkatkan pemahaman tentang isu-isu global, dan mengembangkan keterampilan kritis yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

2. Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Literasi Digital

Literasi digital juga memberikan peluang bagi guru untuk meningkatkan kompetensi profesional mereka dan mengembangkan praktik pengajaran yang inovatif. Guru dapat menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya pendidikan dengan sesama guru. Mereka dapat bergabung dengan grup diskusi online, mengikuti webinar, dan mengikuti akun-akun edukatif untuk terus memperbarui pengetahuan mereka tentang perkembangan terkini di bidang pendidikan. Selain itu, media sosial juga dapat digunakan sebagai platform untuk menginspirasi dan memotivasi siswa, serta berkolaborasi dengan guru-guru lain dalam membuat dan membagikan materi pembelajaran yang menarik.

 

3. Strategi untuk Meningkatkan Literasi Digital di Kalangan Siswa dan Guru

a. Pendidikan Literasi Digital

Pendidikan literasi digital harus menjadi bagian yang integral dalam kurikulum sekolah. Siswa perlu mempelajari keterampilan dasar dalam penggunaan media sosial, seperti cara mencari informasi yang akurat, menyaring informasi yang tidak valid, dan menghargai privasi dan keamanan online. Guru juga perlu melibatkan diri dalam pelatihan dan pengembangan profesional yang berfokus pada literasi digital, sehingga mereka dapat memanfaatkan media sosial dengan bijaksana dalam proses pengajaran.

b. Membangun Kesadaran akan Risiko dan Tantangan

Siswa perlu diberi pemahaman yang mendalam tentang risiko dan tantangan yang terkait dengan penggunaan media sosial. Mereka harus sadar akan potensi penyebaran informasi palsu, tindakan cyberbullying, dan ancaman privasi online. Guru perlu berperan dalam memberikan informasi dan sumber daya yang dapat membantu siswa dalam menghadapi dan mengatasi tantangan ini.

c. Membangun Praktik Penggunaan Media Sosial yang Positif

Siswa perlu diberi arahan untuk memanfaatkan media sosial secara positif. Mereka harus diajarkan tentang pentingnya berbagi informasi yang akurat dan bermanfaat, serta berpartisipasi dalam diskusi online dengan sikap yang sangat terbuka dan menghargai pendapat orang lain. Guru dapat memfasilitasi kegiatan kolaboratif dan refleksi yang melibatkan penggunaan media sosial, sehingga siswa dapat belajar tentang pentingnya etika dan tanggung jawab digital.

Kesimpulan

Literasi digital memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan wawasan siswa dan kompetensi guru. Melalui penggunaan media sosial yang bijaksana dan pemahaman yang mendalam tentang risiko serta tantangan yang terkait, kita dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk memperluas wawasan, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan meningkatkan kompetensi pengajaran. Dengan implementasi strategi pendidikan literasi digital yang tepat, kita dapat menciptakan generasi yang mampu menghadapi tantangan zaman digital dengan bijaksana dan bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi informasi.

 

Daftar Pustaka

1. Chotari Y.D. (2018). Pentingnya Pendidikan Literasi Digital dalam Meningkatkan Wawasan Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 3(2), 129-139.

2. Kemdikbud. (2017). Strategi Pendidikan Literasi Digital Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

3. Fitri Rachman Ningtyas. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Pendidikan Literasi Digital. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1), 55-64.

4. Rio Ramadhani. (2021). Mendidik Generasi Literasi Digital: Peran Pendidikan dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan, Kajian, Teori dan Aplikasi, 6(2), 43-53.

5. Rahmat Hidayat. (2019). Peningkatan Literasi Digital di Sekolah: Tantangan dan Peluang. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 53-63.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Manfaat Pandemi Tahun 2020

NAIMULLOH

May 22, 2023
4 min
Manfaat Penguatan Literasi Digital Melalui Platform Digital Bagi Peserta Didik dan Guru
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS BATIK NUSANTARA SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN BUDAYA LOKAL MENGHADAPI ABAD KE-21

AAS NAFILAH ILMI

May 24, 2023
4 min
CAKRA Inovasi Terkini Menyatukan Sinergitas Pendidikan

ASRUL, S.Pd

May 28, 2024
2 min
Pembelajaran yang Inklusif: Menyambut Semua Siswa dengan Kesetaraan dan Penerimaan
4 min
PERAN CANVA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DAN LITERASI DIGITAL SISWA

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar