Apa Kabar Gen Z? - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 07 Sep 2023

Apa Kabar Gen Z?

Saat ini penduduk Indonesia didominasi Generasi Z atau Gen Z. Gen Z lahir tahun 1997-2012, dimana tidak pernah mengenal kehidupan tanpa teknologi. Selama kurang lebih dua tahun masa pandemi berlangsung dengan terbatasnya aktivitas fisik sehingga semakin bergantung pada teknologi.

Dunia Pendidikan

WAHYI DWI ULFA

Kunjungi Profile
909x
Bagikan

Pelatihan In House Training atau lebih dikenal dengan sebutan IHT, biasanya dilaksanakan pada saat awal tahun ajaran baru. IHT direkomendasikan selama 56 JP dengan waktu setiap 1 JP adalah 45 menit. Satuan Pendidikan dapat mengubah sesuaikan jumlah JP sesuai dengan kebutuhan. Kemudian dalam rangka peningkatan kualitas guru sejak tahun 2007 diadakan program sertifikasi guru. Tujuan utama sertifikasi guru adalah menentukan kelayakan guru sebagai tenaga pendidik. Namun, sertifikasi guru juga memiliki tujuan yang lain, yaitu menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Saat ini dunia pendidikan memasuki era 5.0, dimana dalam pendidikan manusia menjadi pusatnya (human centered) dengan tetap berbasis teknologi (technology based). Hal ini tentunya berdampak pada lembaga pendidikan, dimana proses pembelajaran dituntut untuk lebih mendewasakan serta lebih mencerdaskan siswa. Siswa saat ini merupakan sosok digital native. Masa pandemi selama kurang lebih dua tahun yang mengharuskan pembelajaran secara daring sangat berpengaruh terhadap pesatnya perkembangan teknologi. Awalnya banyak siswa mengeluh karena harus memulai hal baru, yaitu lebih banyak belajar mandiri karena tidak bisa bertatap muka langsung dengan guru maupun teman di sekolah. Lambat laun siswa semakin familiar dengan media pembelajaran berbasis teknologi. 

Tak hanya itu, berbagai pelatihan guru juga dilaksanakan secara daring. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru untuk berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi. Guru dituntut untuk mampu beradaptasi menyampaikan pembelajaran melalui platform digital, tak terkecuali media sosial. 

Media sosial merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin berbagi informasi, tempat untuk mencari teman baru, dan berinteraksi dengan teman lainnya secara online/daring. Media sosial memiliki jangkauan interaksi yang besar. Fasilitasnya pun memudahkan dalam menyebarkan informasi yang dapat diakses oleh masyarakat dengan cepat tanpa harus tatap muka. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia dari tahun ke tahun yang didominasi dengan usia remaja, dimana dikenal dengan sebutan generasi Z atau Gen Z, yang idealnya memiliki status sebagai pelajar atau siswa. Siswa ketika mengakses media sosial diharapkan tidak hanya untuk bermainatau mencari hiburansaja, tetapi juga untuk menambahinformasi yang bermanfaat sehingga menambah pengetahuan siswa. Sejalan dengan harapan tersebut, maka siswa perlu memiliki kemampuan literasi digital.

Adanya literasi digital yang baik dapat bermanfaat untuk mempercepat komunikasi dan mempermudah pekerjaan. Jika siswa sudah memiliki kemampuan literasi yang baik, maka besar kemungkinan saaiswa tersebut juga akan memiliki kemampuan literasi digital yang baik pula. Siswa diharapkan dapat meningkatkan kecakapannya dalam memperoleh, mengolah, dan menyampaikan informasi melalui platform digital yang ada. Siswa perlu berpikir lebih kritis sehingga dapat memahami suatu informasi secara utuh, tidak mudah percaya pada berita hoax

Kini masa pandemi telah terlewati. Namun, kebiasaan melaksanakan pembelajaran menggunakan platform digital masih tetap dilanjutkan. Hal tersebut sangat bermanfaat karena menarik bagi siswa dan meringankan beban kerja guru. Di sisi lain, berbagai profesi yang berjaya pada masa pandemi kini semakin diminati para Gen Z. Contohnya seperti content creator, copywriter, gamer, desainer grafis, dan digital marketer. Gen Z dipacu untuk harus memiliki peran dan tidak hanya sebatas pengguna teknologi. Kompetensi dalam teknologi hampir dibutuhkan pada semua jenis profesi saat ini dan masa depan. Oleh karena itu, perlu adanya penguatan kemampuan literasi digital bagi siswa maupun guru melalui platform digital.


Penyunting: Putra

0

11

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Masa Depan Pendidikan: Transformasi Melalui Penguatan Literasi Digital pada Siswa dan Guru

BUSTANOL ARIFIN

Sep 11, 2023
2 min
MEDIA SOSIAL : SALAH SATU PLATFORM DIGITAL UNTUK PENDIDIKAN YANG DISUKAI GENERASI Z

NAJMA MAKASSAR

Sep 10, 2023
1 min
Peran Penting Literasi Digital Di Sekolah Dalam Menghadapi Tantangan Digital Masa Kini

RISNA WIJIYANTI

Sep 05, 2023
1 min
Bijak Sikapi Komentar Negatif di Dunia Digital

NOVIANITA

Sep 09, 2023
3 min
15 Ucapan Hari Pendidikan Nasional Penuh Makna untuk Guru
3 min
PERAN CANVA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DAN LITERASI DIGITAL SISWA

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB