Yuk, Kenali Istilah-istilah di Dunia Perkuliahan! Maba Wajib Tahu! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 15 Nov 2023

Yuk, Kenali Istilah-istilah di Dunia Perkuliahan! Maba Wajib Tahu!

Menjadi seorang mahasiswa sama dengan menapaki babak baru di dunia pendidikan. Ada perbedaan sistem antara sekolah dan kuliah, termasuk penggunaan istilah-istilah yang berkaitan dengan dunia perkuliahan. Agar tidak kebingungan, mahasiswa perlu memahami istilah-istilah tersebut.

Dunia Pendidikan

kampus inovatif

Kunjungi Profile
3258x
Bagikan

Bagi kamu yang telah lolos seleksi masuk perguruan tinggi, selamat resmi menyandang predikat sebagai mahasiswa baru. Untukmu yang belum lolos atau memutuskan gap year semangat ya untuk menggapai impian, dan jangan berlarut-larut dalam kekecewaan. Nah, disini KampusInovatif.id ingin membagikan informasi terkait istilah-istilah di dunia perkuliahan yang dapat menjadi bekal agar kamu mudah beradaptasi di lingkungan baru. Simak informasi ini hingga akhir, ya!

Mahasiswa Baru Mengikuti Kegiatan Pengenalan UKM
Mahasiswa Baru Mengikuti Kegiatan Pengenalan UKM (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Daftar Istilah di Dunia Perkuliahan

Beban Studi

Beban studi adalah jumlah satuan kredit semester (SKS) yang wajib ditempuh oleh mahasiswa selama satu semester. Misalnya, semester 1 kamu mengambil 20 SKS, semester 2 ada 24 SKS, dan lain sebagainya.

Kartu Rencana Studi (KRS)

Berbeda halnya dengan masa sekolah, dimana kamu hanya perlu mengikuti pembelajaran tanpa perlu memilih mata pelajaran yang akan diambil, karena sudah ditentukan oleh pihak sekolah. Dalam dunia perkuliahan, kamu bisa memilih mata kuliah yang kemudian dituangkan KRS. Jadi isi dari KRS adalah mata kuliah beserta jumlah SKS yang akan dijalani oleh mahasiswa selama satu semester.

Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

Kartu Tanda Mahasiswa atau sering disebut KTM merupakan kartu identitas yang membuktikan bahwa kamu adalah seorang mahasiswa. Fungsi dari KTM ini beragam, mulai dari syarat untuk mengakses layanan perpustakaan, jaminan meminjam sarana dan prasarana kampus, tanda pengenal ketika mengikuti perlombaan, dan masih banyak lagi. Tak jarang, beberapa toko memberikan potongan harga spesial cukup dengan menunjukkan KTM milikmu lho!

Nomor Induk Mahasiswa (NIM)

Nomor Induk Mahasiswa (NIM) memiliki fungsi yang hampir sama dengan Nomor Induk Siswa (NIS). Selain digunakan untuk keperluan presensi, NIM juga digunakan sebagai data yang wajib dicantumkan mendaftarkan diri pada lomba, program magang, dan keperluan penting lainnya.

Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Fyi, UKT adalah besaran biaya yang harus kamu bayarkan sebagai mahasiswa di setiap semester. Nominal yang wajib dibayarkan oleh tiap mahasiswa berbeda-beda tergantung dari golongan yang disesuaikan dengan besar pendapatan orang tua.

Indeks Prestasi Semester/Kumulatif (IPS/IPK)

Dalam dunia perkuliahan, ada istilah IPS dan IPK. IP atau IPS merupakan nilai yang diperoleh mahasiswa selama satu semester. Nilai tersebut didapatkan dari perhitungan jumlah nilai mata kuliah kemudian dibagi jumlah SKS yang diambil. Sementara itu, IPK didapatkan dari jumlah seluruh IPS dibagi jumlah semester yang telah ditempuh mahasiswa. Skor tertinggi IPS dan IPK adalah 4,00

Cumlaude

Istilah ini merujuk pada gelar kehormatan yang diperoleh wisudawan/wisudawati yang berhasil menuntaskan masa studinya dengan IPK lebih dari 3,50.

Dosen Pembimbing/Penasihat Akademik (DPA)

Jika semasa sekolah ada wali kelas, di dunia perkuliahan kamu akan mengenal istilah DPA. Tugas dari DPA adalah mendampingi sekaligus memberikan konsultasi akademis untuk para mahasiswa yang tergabung dalam satu kelas. Kamu bisa melakukan konsultasi terkait rencana studi dan mata kuliah yang akan diambil.

Semester Pendek

Semester pendek atau dikenal sebagai semester antara merupakan program perkuliahan di luar perkuliahan reguler. Pelaksanaan perkuliahan semester pendek biasanya di antara semester genap dan ganjil. Seperti namanya, semester pendek hanya dilaksanakan selama 4-6 minggu saja, tidak seperti kuliah reguler yang pelaksanaannya selama 6 bulan. Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan di semester pendek ini biasanya ingin melakukan perbaikan nilai atau mengulang mata kuliah, serta pengayaan atau percepatan masa studi.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Sama halnya seperti ekstrakurikuler yang ada di jenjang sekolah, UKM juga berfungsi sebagai wadah untuk menyalurkan minat dan bakat yang dimiliki oleh para mahasiswa. Mereka yang memiliki kesamaan kegemaran dan kreativitas tergabung menjadi satu UKM melalui proses open recruitment.

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu mata program yang harus diikuti oleh mahasiswa untuk mengabdi di lingkungan masyarakat. Melalui program ini, mahasiswa dapat mengimplementasikan keilmuan dan teori yang telah diperoleh di bangku perkuliahan sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh masyarakat setempat.

Yudisium

Yudisium merupakan proses penetapan nilai sekaligus penentuan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh studi dan melaksanakan sidang skripsi. Mahasiswa yang mengikuti proses yudisium akan berubah statusnya menjadi wisudawan/wisudawati.

Nah, itu tadi beberapa istilah baru yang mungkin masih terdengar asing di telingamu sebagai mahasiswa baru. Semoga tulisan ini membantumu untuk lebih mudah menyesuaikan diri di dunia perkuliahan.

Setelah memahami istilah-istilah di atas, kamu bisa mulai mengembangkan dirimu dengan mengikuti kelas online by KampusInovatif.id. Ada banyak pilihan topik yang bisa kamu sesuaikan dengan minat dan kebutuhanmu untuk memulai pijakan karier yang cemerlang.

Tunggu apalagi? Yuk, jelajahi platform KampusInovatif.id sekarang juga!


Penulis: Anisaa Penyunting: Dwita

1

16

Komentar (1)

Ulyanti

Jul 10, 2024

HMJ, DEMA, SEMA, dan masih banyak lagi istilah kampus, hehew Jangan lupa kunjungi website kami juga di https://walisongo.ac.id/
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Memaksimalkan Literasi Digital Melalui Platform Digital: Fokus pada Learning Management Systems (LMS)
15 Ucapan Hari Pendidikan Nasional Penuh Makna untuk Guru
3 min
Implementasi Projek P5 melalui Pembelajaran Diferensiasi Menggunakan Metode Scaffolding untuk Mewujudkan Generasi Emas 2045
10 min
Transformasi Pendidikan Melalui Penguatan Literasi dengan Dukungan Platform Digital dan Pelatihan Profesional
2 min
Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru Melalui Platform Digital: Peluang dan Tantangan

Bahri Ilmiawan

Aug 15, 2023
5 min
Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolahku

Ibrohim,S.Pd

Mar 08, 2023
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar