Guru Inovatif Conference 2023 : Peran Guru dalam Pembelajaran di Era Society 5.0 - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 26 Sep 2023

Guru Inovatif Conference 2023 : Peran Guru dalam Pembelajaran di Era Society 5.0

Perubahan teknologi, sosial, dan lingkungan sedang terjadi secara global membuat seorang guru perlu meningkatkan keterampilan dan kualitas agar dapat menyesuaikan diri serta memberikan edukasi secara efisien terhadap peserta didik. Simak pembahasan mengenai pendidikan Indonesia dalam era society 5.0

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
2922x
Bagikan

Berkembangnya zaman yang semakin canggih telah memberitahu kita mengenai penyesuaian diri dan meningkatkan pembelajaran dengan mengkaitkannya dengan apa yang sedang berkembang di zaman tersebut. Peningkatan pendidikan dapat terjadi secara efektif yang dapat dimulai dengan meningkatkan kualitas dari guru serta mengetahui tantangan yang akan di hadapi oleh guru, sehingga guru dapat mempersiapkan diri dalam berubahan yang terjadi.

Guru dan Tantangan di Era Society 5.0

Perubahan teknologi, sosial, dan lingkungan sedang terjadi secara global membuat seorang pendidik atau guru perlu meningkatkan keterampilan dan kualitas agar dapat menyesuaikan diri serta memberikan edukasi efisien terhadap peserta didik. Melihat kurangnya beberapa kategori pendidikan di Indonesia membuat peran guru sangat penting untuk ditingkatkan.

Adanya bukti yang menjelaskan mengenai kekurangan pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, dimana pada kategori membaca, matematika, dan sains dinyatakan bahwa siswa berada di bawah kompetensi minimum. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi yaitu, penggunakan media digital yang berlebihan. Negara Indonesia termasuk kedalam negara dengan pengguna terbanyak dalam penggunaan internet dalam waktu yang panjang. Hal yang perlu diluruskan mengenai bagaimana penggunaan internet tersebut mengarah kedalam hal positif yang memberikan dampak secara langsung maupun tidak langsung karena jika penggunaan media digital tidak dibenarkan akan memicu kesalahgunaan yang berdampak buruk. Dengan begitu teknologi harus dikembangkan dan dimanfaatkan dengan baik.

Pengembangan dan Pemanfaatan TIK di Era Society 5.0

Teknologi harus dapat membantu guru untuk berkembang dengan lebih mudah dalam skala besar, teknologi harus mendukung ekosistem perubahan yang lebih besar, dan tidak ditujukan untuk menggantikan interaksi manusia. Dengan adanya teknologi dampak yang dapat diberikan yaitu mengurangi kompleksitas, meningkatkan efisiensi, menambah inspirasi, dan pendekatan yang customized. Pengembangan teknologi juga tidak luput dengan peran penting seoran guru dalam pembelajaran di era saat ini.

Peran Penting Guru dalam Pembelajaran di Era Society 5.0

Guru Inovatif Conference 2023 : Peran Guru dalam Pembelajaran di Era Society 5.0

Seperti yang Anda ketahui bahwa peran seorang pendidik akan memberikan dampak kepada bagaimana peserta didik berkembang. Seorang pendidik tentunya perlu mengembangkan kualitas diri untuk memberikan edukasi yang terbaru serta efektif. Perkembangan teknologi di era saat ini merupakan tahap dimana seorang pendidik dapat mengembangkan dan menhubungkan antara pengetahuannya dengan teknologi. Berikut ini peran penting guru dalam pembelajaran di era society 5.0, diantaranya:

  1. Motivator (memberikan semangat, psiko sosial siswa, harapan, dan keinginan)
  2. Konselor (teman diskusi, nasehat, dan perbaikan)
  3. Fasilitator (layanan belajar untuk lebih efisien dan efektif)
  4. Mentor (melatih, membimbing, dan mengajar)
  5. Asesor (penilaian, evaluasi, dan feedback)
  6. Inovator (Penemuan, strategi, model, dan media pembelajaran baru)
  7. Kolaborator (bersama orang tua, masyarakat, dan pemangku kepentingan lain dalam pemberdayaan ekosistem pembelajaran)
  8. Inspirator (menginspirasi gagasan, dan inisiasi)

Berdasarkan peran seorang pendidik atau guru yang dapat menyesuaikan dengan pembelajaran di era society 5.0, seorang pendidik dapat dinyatakan telah menjadi pendidik di era society 5.0 jika telah memenuhi ciri-ciri berikut ini:

  • Dapat menyesuaikan diri
  • Dapat mengambil resiko yang telah dipertimbangkan, dan inovatif
  • Dapat berkolaborasi dan berkomunikasi secara efektif
  • Dapat menjadi model teladan yang menjadi inspiratif bagi peserta didik
  • Memiliki kepemimpinan dalam pembelajaran
  • Mempunyai visi, dan komitmen
  • Dapat mengakses web
  • Memiliki keterampilan yang kreatif dan ketertarikan dengan publikasi
  • Dapat mengelola informasi dan digital literasi
  • Dapat berpikir pedagogis
  • Dapat Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
  • Dapat membangun paradigma baru
  • Dapat melakukan pekerjaan di rumah secara efektif atau work from home (WFH).

Kesimpulan

Perkembangan dan peningkatan pendidikan di Indonesia dapat diawali dari seorang pendidik yang berkualitas dan dapat menyesuaikan diri dengan beragam situasi dalah satunya kemajuan teknologi yang semakin canggih. Guru berkualitas yang diharapkan bagi negara Indonesia yaitu guru yang mampu memahami akan tugas dan perannya dengan baik dan benar, menjadi pengajar dan pembelajar, dapat mengikuti kemajuan zaman, proses kreatif, inovatif dalam memanfaatkan sumber/media belajar, memiliki spiritual yang tinggi, mampun menjadi pemimpin pembelajaran, mengarahkan, mengendalikan, mengawasi, mengorganisasi, dan mendorong partisipasi. Perjuangan seorang guru dalam mendidik siswa merupakan bagian dari meningkatkan pendidikan di Indonesia yang patut untuk dihargai dan diberikan fasilitas dalam mempermudah mendidik generasi muda Indonesia.

Setelah mengetahui informasi diatas, selanjutnya bagaimana cara mempraktikkan, serta bagaimana penerapannya dan juga bagaimana peran pemuda atau peran peserta didik dalam menghadapi masa depan pendidikan Indonesia?

Simak pembahasan lebih lengkap melalui laman GuruInovatif pada link berikut yang dapat diakses gratis.

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Hilman | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Tips & Trick Menyusun Strategi Jitu dan Efisien untuk Menghadapi Ujian Sekolah
2 min
ISLTF #57 | Governance Collaborative: Langkah Optimalisasi Sinergi Tripusat Pendidikan Menuju Pengelolaan Pendidikan Life Skill yang Inklusif
2 min
GI Class 84 "Strategi Menyusun Media Pembelajaran 5.0"
1 min
GI Academy #11 : Membangun Kolaborasi Sekolah dengan Orang Tua dalam Peningkatan Mutu Pendidikan
3 min
Guru Inovatif Conference 2022 "Tantangan dan Inovasi Pendidikan di Abad 21"
2 min
GI Academy #13 : Pelatihan Penyusunan Stimulus Soal Berbasis Literasi dan Numerasi
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar