Navigasi Cerdas di Lautan Digital - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 14 Agu 2023

Navigasi Cerdas di Lautan Digital

Menggali urgensi literasi digital di era teknologi dengan fokus pada peran platform digital dalam pelatihan guru dan sertifikasi. Tantangan dan manfaatnya di lautan informasi digital.

Pelatihan Guru

Anggoro Eko Prasetyo

Kunjungi Profile
447x
Bagikan

Pada era modern ini, teknologi digital telah merubah paradigma pembelajaran secara fundamental. Pelajar tidak lagi hanya bergantung pada buku teks dan catatan kuliah, namun juga terhubung dengan dunia luas melalui platform digital. Sayangnya, kecanggihan ini seringkali diiringi oleh tantangan, terutama dalam hal literasi digital. Oleh karena itu, upaya untuk memperkuat literasi digital bagi siswa dan guru melalui platform digital, serta melalui pelatihan guru dan sertifikasi guru, menjadi semakin penting.

Literasi Digital (Pentingnya Navigasi Cerdas di Lautan Informasi)

Literasi digital bukan sekadar kemampuan menggunakan perangkat digital, tetapi juga kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengomunikasikan informasi secara efektif dalam lingkungan digital. Dalam era di mana informasi mudah diakses tetapi juga rawan disinformasi, literasi digital menjadi kunci untuk membedakan antara informasi yang akurat dan palsu.

Peran Platform Digital dalam Penguatan Literasi Digital

Platform digital, seperti situs web pendidikan, aplikasi pembelajaran, dan sumber daya daring lainnya, dapat menjadi sarana yang kuat untuk memperkuat literasi digital. Dalam konteks pelatihan guru dan sertifikasi guru, platform ini juga dapat berperan dalam:

1. Pelatihan Guru

Platform digital dapat digunakan untuk memberikan pelatihan kepada guru dalam hal penggunaan teknologi terbaru dan integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Pelatihan tersebut dapat membantu guru meningkatkan literasi digital mereka dan mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam kelas.

2. Sertifikasi Guru

Melalui platform digital, proses sertifikasi guru dapat ditingkatkan. Guru dapat mengakses bahan-bahan persiapan ujian sertifikasi, mengikuti ujian praktik secara daring, dan mendapatkan umpan balik yang berguna untuk meningkatkan kualitas mengajar mereka.

3. Pelatihan In House Training

Pelatihan in-house menjadi lebih efisien melalui platform digital. Sekolah atau lembaga pendidikan dapat mengembangkan modul pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan guru, dan guru dapat mengaksesnya sesuai jadwal mereka. Ini juga membantu dalam pengembangan berkelanjutan bagi guru.

 

                                  Sumber: https://guruinovatif.id/artikel

Tantangan dalam Penguatan Literasi Digital Melalui Platform Digital

Meskipun manfaat yang ditawarkan oleh platform digital dalam penguatan literasi digital sangat besar, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi:

1. Overload Informasi

Kemudahan akses informasi digital sering kali mengakibatkan overload informasi. Siswa, guru, dan peserta pelatihan perlu belajar bagaimana menyaring informasi yang relevan dan berharga.

2. Keamanan Data dan Privasi

Dalam mengakses platform digital, perlindungan data dan privasi menjadi hal penting. Pengguna harus mengerti cara melindungi informasi pribadi mereka, terutama dalam konteks pelatihan in-house.

3. Disinformasi dan Hoaks

Platform digital juga bisa menjadi media penyebaran disinformasi dan hoaks. Oleh karena itu, literasi digital harus mencakup kemampuan membedakan informasi yang benar dari yang salah, terutama dalam proses sertifikasi guru.

4. Keterbatasan Akses

Tidak semua siswa, guru, atau peserta pelatihan memiliki akses yang setara terhadap teknologi dan platform digital. Hal ini dapat mengakibatkan kesenjangan literasi digital dan kesempatan belajar.

Kesimpulan

Dalam era digital yang terus berkembang, literasi digital menjadi keahlian yang sangat penting, baik bagi siswa maupun guru. Platform digital tidak hanya memberikan peluang untuk memperkuat literasi digital, tetapi juga memfasilitasi pelatihan guru dan proses sertifikasi guru. Namun, perlu adanya upaya dalam mengatasi tantangan yang muncul, agar navigasi cerdas di lautan digital dan pelatihan in-house dapat memberikan manfaat yang optimal bagi semua pihak.


Penyunting: Putra

1

0

Komentar (1)

ARIZAL QARAL FEBRIAN

Aug 14, 2023

Dengan keterbukaan informasi dan perkembangan teknologi seorang guru harus benar-benar siap menjadi tameng pertama bagi peserta didik agar tidak termakan oleh informasi hoaks dan terjerumus kedalam hal-hal negatif. Sehingga tugas guru di era perkembangan teknologi yang begitu pesat ini selain sebagai pengajar, pendidik juga sebagai sosok tameng utama yang mampu menuntun peserta didik agar bijak dalam menggunakan teknologi
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Generasi Z dan Alpha: Memahami Karakteristik Generasi Penerus Bangsa untuk Masa Depan yang Lebih Baik
2 min
GI Academy #15 : Kupas Tuntas Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka
3 min
Mengapa Penerapan P5 Penting dalam Pendidikan Indonesia? Temukan Jawabannya di Sini!
2 min
GI Class Spesial Ramadhan: Meningkatkan Diri dengan Melatih Kesabaran
2 min
Kelas Inovasi “Membuat Dunia Virtual Menggunakan Media Roblox” untuk Pembelajaran di Era Digital
1 min
Buku adalah Cakrawala Dunia dan Internet adalah Samudra Dunia

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB