Jumat, 6 Desember 2024, GuruInovatif.id berhasil mengadakan Guru Inovatif Class yang ke-118. Webinar bersertifikat ini mengangkat topik yang sesuai dengan salah satu agenda pendidikan yang ingin dicapai oleh Kemendikdasmen periode ini untuk SDGs 2030, yaitu “Mewujudkan Kesetaraan Pendidikan Melalui Pendekatan Universal Design for Learning (UDL).” Kegiatan ini mengundang Ajeng Ariantasari S. Pd. CFA., trainer GuruInovatif.id, untuk berbagi pengalaman serta ilmunya mengenai pendekatan UDL.
UDL sendiri merupakan sebuah konsep pembelajaran yang awalnya dikembangkan oleh para peneliti di Center for Applied Special Technology (CAST). UDL sendiri merupakan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada keterbukaan dan penerimaan setiap individu, tanpa memandang latar belakang. Maka dari itu, tujuan pendekatan pembelajaran ini adalah untuk memberikan kesempatan belajar yang sama bagi peserta didik. Hal ini termasuk juga peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus.
Dalam praktiknya, UDL memiliki 3 prinsip yang perlu diperhatikan oleh guru, seperti:
1. Prinsip keterlibatan Melalui UDL, guru didorong untuk mencari cara dalam memotivasi siswa saat belajar dan mempertahankan minat.
2. Prinsip representasi Untuk dapat mengoptimalkan dan mempertahankan minat dan semangat siswa dalam pembelajaran, maka guru diharapkan untuk menyampaikan informasi dalam beragam format dan media pembelajaran.
3. Prinsip tindakan & ekspresi Setelah mendorong minat dan semangat belajar siswa serta sudah menyajikan materi pembelajaran dengan ragam format dan media, maka di akhir sesi pembelajaran, guru dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk menunjukkan apa yang telah dipelajari.
Strategi Desain Pembelajaran UDL Untuk dapat mencapai pendekatan pembelajaran UDL yang efektif, maka guru perlu merancang strategi-strategi pembelajaran dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini:
1. Desain media yang beragam Desain media yang beragam diperlukan untuk menjaga minat siswa agar tetap tinggi dan menantikan setiap akan dimulainya pembelajaran. Ragam media yang dapat digunakan, seperti tulisan, presentasi lisan, proyek kreatif, diskusi kelompok, atau guru juga dapat menggunakan media yang sudah disesuaikan dengan preferensi dan kemampuan siswa.
Ragam desain media ini dapat ditempuh dengan memodifikasi media itu sendiri, dan memanfaatkan teknologi, seperti dengan menyajikan materi melalui teknologi audio, video animasi, ataupun dengan memperkenalkan serta mengajarkan siswa software atau aplikasi tertentu yang bermanfaat dan berkaitan dengan pembelajaran.
2. Variasi dalam metode penilaian Selain menyajikan media pembelajaran yang beragam, guru juga perlu turut menyajikan tugas-tugas yang sifatnya untuk penilaian siswa yang juga lebih bervariasi. Contohnya, seperti tugas tertulis, proyek kolaboratif, penilaian lisan, ataupun portofolio.
3. Berikan pilihan cara berekspresi Untuk dapat mencapai proses pembelajaran dengan hasil yang optimal dan memastikan bahwa siswa sudah benar-benar memahami materi pembelajaran adalah dengan menyediakan kesempatan untuk siswa dapat menyampaikan opininya terkait materi. Namun, dalam kesempatan ini, guru juga harus menyediakan panduan yang jelas serta dukungan yang memadai untuk membantu mengorganisir, menyusun, dan menyampaikan ide dan pengetahuan siswa.
4. Ciptakan keterlibatan dan motivasi yang beragam Selain menyajikan media yang beragam, guru juga perlu sembari melibatkan siswa selama pembelajaran. Contohnya dengan menyajikan video interaktif ataupun kuis interaktif, sehingga siswa merasa dilibatkan dalam pembelajaran. Hal ini juga akan berpengaruh pada peningkatan motivasi siswa dalam belajar.
Dalam merancang strategi pembelajaran ini, guru tetap perlu memerhatikan siswa yang membutuhkan perhatian atau berkebutuhan khusus. Sehingga, ia juga tetap mendapatkan kualitas pendidikan yang setara dengan murid lainnya. Guru diharapkan dapat merancang metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa tersebut. Pada sesi webinar ini, narasumber juga memberikan contoh-contoh media pembelajaran yang cocok yang sudah disesuaikan dengan masing-masing jenis kebutuhan siswa.
Implementasi Pendekatan UDL dalam Pembelajaran Setelah sudah merancang strategi dengan keempat ketentuan yang sudah disampaikan sebelumnya, maka dalam implementasi atau eksekusinya terdapat beberapa hal yang menjadi fokus perhatian guru, seperti:
1. Advokasi Guru diharapkan dapat membangun kesadaran siswa akan adanya keberagaman budaya, sosial, dan latar belakang di masing-masing siswa serta mengomunikasikan tentang pentingnya menghargai perbedaan.
2. Akomodasi Guru diharapkan mampu menyajikan pembelajaran yang bisa mengakomodasi seluruh siswa yang memiliki kebutuhan belajar yang berbeda dan beragam. Selain itu, guru juga mampu untuk menciptakan lingkungan belajar yang fleksibel serta melibatkan masing-masing siswa dalam proses pembelajaran.
3. Aksesibilitas Setelah melalui kedua tahapan sebelumnya, maka guru sudah memiliki gambaran untuk mengeksekusi kegiatan dan lingkungan belajar yang tepat, sesuai dengan rencana. Seiring berjalannya waktu, guru hanya perlu mengembangkan proses belajar, sehingga tidak bersifat monoton dan dinilai adaptif. Pengembangan pola pembelajaran ini dapat dilakukan dengan melakukan evaluasi dan menyelesaikan hambatan-hambatan yang terjadi pada proses pembelajaran sebelumnya. Selain itu, guru juga perlu mengenali potensi sekolah dan alat-alat pendukungnya yang sekiranya mampu untuk menciptakan pembelajaran yang adaptif dan inovatif.
Ingin mengetahui lebih dalam mengenai praktik UDL secara konkret pada proses pembelajaran untuk mencapai pendidikan inklusif? Anda dapat menyimak materi pembelajaran webinar ini dengan klik di sini!
GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami di https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar , workshop , dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!
Klik untuk bergabung membership GuruInovatif.id
Penulis: Audrey Abigail | Penyunting: Putra