GI Talks 4.0: "Pengajar Muda: Setahun Mengajar, Seterusnya Jadi Belajar" - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 13 Sep 2023

GI Talks 4.0: "Pengajar Muda: Setahun Mengajar, Seterusnya Jadi Belajar"

Indonesia Mengajar adalah gerakan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan cara mengajak para pemuda Indonesia untuk mengabdikan diri sebagai guru di daerah terpencil. Simak informasi detail mengenai Indonesia Mengajar dan menjadi Pengajar Muda.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1242x
Bagikan

Kualitas pendidikan di Indonesia dapat dikatakan belum merata secara menyeluruh, perbedaan kualitas pendidikan ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya tenaga pendidik dari setiap sekolah, pengaruh terhadap kondisi geografis yang dapat menghambat transportasi guru dan siswa ke sekolah, kuranngya fasilitas yang memadai, serta adaptasi yang sulit dimana biasanya di daerah terpencil memiliki kebudayaan dan Bahasa tersendiri untuk berkomunikasi satu sama lain. Hambatan akses pendidikan di daerah terpencil juga menjadi masalah serius yang berdampak kepada kurangnya kualitas pendidikan di wilayah tersebut, Dalam hal ini perlu diadakannya sebuah program yang dapat mencari solusi dan secara langsung meningkatkan serta meratakan kualitas pendidikan di Indonesia.

Program yang Memajukan Pendidikan Indonesia di Daerah Terpencil

Kesadaran akan kuranngya kualitas pendidikan di Indonesia membuat pemerintah melakukan tindakan dalam menciptakan program yang bertujuan untuk memajukan pendidikan di daerah terpencil. Program ini melibatkan generasi muda yang diberikan pelatihan khusus agar siap secara keterampilan, kemampuan, dan aspek lainnya untuk berkontribukasi dala meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, serta mempersiapkan diri untuk ditempatkan di daerah-daerah terpencil. Program ini dinamakan sebagai program Indonesia Mengajar, dan para pemuda yang mengikuti program ini disebut sebagai Pengajar Muda.

Apa itu Program Indonesia Mengajar, Pengajar Muda?

Indonesia Mengajar adalah gerakan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan cara mengajak para pemuda Indonesia untuk mengabdikan diri sebagai guru di daerah terpencil dan tertinggal. Pengajar Muda adalah sebutan untuk para pemuda yang mengikuti program Indonesia Mengajar. Program ini diciptakan dari keprihatinan pemerintah terhadap kondisi pendidikan di Indonesia, terutama di daerah terpencil dan tertinggal.

Tujuan Progam Indonesia Mengajar, Pengajar Muda

Tujuan utama dari program Indonesia Mengajar yaitu untuk meningkatkan dan meratakan kualitas pendidikan di Indonesia terutama pendidikan di daerah terpencil. Program Indonesia Mengajar berlangsung selama satu tahun. Selama satu tahun tersebut, Pengajar Muda akan ditugaskan untuk mengajar di sekolah-sekolah di daerah terpencil dan tertinggal. Selain mengajar, Pengajar Muda juga akan melakukan kegiatan-kegiatan lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut, seperti mengadakan kegiatan masyarakat, dan pendampingan guru.

Manfaat Program Indonesia Mengajar, Pengajar Muda

Secara keseluruhan manfaat dari program Indonesia Mengajar sangat beragam bagi internal maupun eksternal. Berikut ini 4 manfaat yang diperoleh dari program Indonesia Mengajar:

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terpencil dan tertinggal
  2. Memberikan kesempatan bagi para pemuda untuk mengabdikan diri kepada negara
  3. Memotivasi anak-anak untuk bersekolah
  4. Menciptakan inspirasi bagi masyarakat untuk turut serta memajukan pendidikan

Dampak yang dapat dirasakan dengan Mengikuti Program Indonesia Mengajar, Pengajar Muda

Pengajar Muda: Setahun Mengajar, Seterusnya Jadi Belajar

Program Indonesia Mengajar yang dilaksanakan selama satu tahun memberikan ragamnya dampak positif, pengalaman, dan keterampilan. Berikut ini keterampilan yang dapat dirasakan berdasarkan pengalaman seseorang yang telah mengikuti program Indonesia Mengajar, antara lain:

1. Kemampuan Adaptability (Adaptasi)

Program Indonesia Mengajar menghadirkan pengajar muda untuk masuk ke lingkungan yang berbeda dari lingkungan mereka sebelumnya. Mereka harus beradaptasi dengan budaya, kondisi geografis, dan tantangan unik di daerah terpencil. Pengajar muda perlu belajar untuk berfleksibilitas dalam menghadapi situasi yang berubah dan menyesuaikan metode pengajaran mereka sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa di tempat mereka mengajar.

2. Kemampuan Decision Making (memutuskan sesuatu dengan cepat dan tepat)

Pengajar muda menghadapi keputusan-keputusan penting yang harus diambil dengan cepat dan tepat. Mereka belajar untuk menilai situasi dengan bijak, mempertimbangkan berbagai faktor, dan membuat keputusan yang paling cocok untuk situasi tersebut.

3. Kemampuan Menghargai (menghargai berbagai pendapat dan masukan)

Dengan mengikuti program ini, Para pengajar muda juga belajar untuk mendengarkan dengan baik, menghargai berbagai pendapat, dan menerima masukan dari berbagai pihak. Ini membantu mereka membangun hubungan yang positif dengan komunitas dan pemangku kepentingan serta menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran yang lebih baik.

Penasaran sama informasi detail mengenai program Indonesia Mengajar seperti tahap pendaftaran, seleksi yang dilaksanakan, dan informasi penting lainnya?

Simak pembahasan lebih lengkap melalui Instagram reels pada link berikut yang dapat diakses gratis.

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Hilman | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Program Pelatihan In House Training Kurikulum Merdeka
2 min
Mengefektifkan Peran In House Training Sebagai Upaya Penguatan Literasi Digital bagi Guru
5 min
Webinar “Cakap Bahasa Inggris Menggunakan ELSA” Sebagai Penunjang Kualitas Pendidikan di Indonesia
1 min
Mewujudkan Harmonisasi Pendidikan melalui Webinar Pembelajaran Kelas Inklusi
3 min
Mengapa Tenaga Pendidik Perlu Mengetahui Refleksi Diri?
2 min
GI Academy #23: Public Speaking for Teachers
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar