Menguasai Literasi Digital:Kunci Sukses dalam Membimbing Siswa di Era Digital - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 06 Sep 2023

Menguasai Literasi Digital:Kunci Sukses dalam Membimbing Siswa di Era Digital

membahas tentang lterasi digital dalam dunia pendidikan khususnya bagi guru dan siswa

Pelatihan Guru

ALIF HARYO SIWI, S.Pd

Kunjungi Profile
789x
Bagikan

Pentingnya Literasi Digital dalam Membimbing Siswa

Di era digital, literasi digital menjadi hal yang sangat penting dalam membimbing siswa. Memahami peran teknologi dalam pendidikan merupakan langkah awal dalam mempersiapkan siswa untuk sukses di dunia digital. Literasi digital dapat membantu siswa memahami matematika dan menggambar menjadi permainan praktis, kompetisi, dan latihan. Melalui literasi digital, siswa dapat memahami dan menguasai alat dan platform digital yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, membangun keterampilan digital menjadi penting untuk meningkatkan pengajaran dan mempersiapkan siswa untuk karir di masa depan di dunia digital.

Keterampilan digital juga membantu mempersiapkan siswa untuk karir di masa depan. Di era digital saat ini, keterampilan digital menjadi lebih penting dalam menghadapi pembelajaran online. Keterampilan digital yang baik diperlukan agar penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan pembelajaran online dapat berjalan dengan lancar. Kurikulum Merdeka dengan literasi digital bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan digital yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam dunia digital. Oleh karena itu, membangun keterampilan digital pada siswa menjadi sangat penting dalam mempersiapkan mereka untuk masa depan di dunia digital.

Pentingnya menguasai literasi digital tidak hanya pada siswa, tetapi juga pada pendidik. Guru yang mahir dalam mengintegrasikan literasi digital ke dalam pembelajaran dapat membuka pintu-pintu peluang baru bagi siswa, mendorong mereka untuk lebih aktif dan kreatif dalam belajar. Literasi digital didefinisikan sebagai keterampilan yang diperlukan untuk hidup, belajar, dan bekerja dalam masyarakat di mana komunikasi dan akses digital menjadi semakin penting. Oleh karena itu, membangun keterampilan literasi digital pada pendidik menjadi penting dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Selain itu, siswa juga harus diajarkan untuk menggunakan teknologi terkini seperti kecerdasan buatan, big data, dan Internet of Things.

Dengan hal  tersebut perlu adanya pelaatihan guru terkait literasi digital ini, Pelatihan guru mengenai literasi digital adalah suatu program atau kegiatan yang dirancang untuk membantu para guru memahami, mengembangkan, dan mengajarkan keterampilan literasi digital kepada siswa mereka. Literasi digital mencakup kemampuan untuk menggunakan teknologi digital dengan bijak, aman, dan efektif, serta untuk memahami informasi yang ditemukan dalam lingkungan digital. 

Pelatihan guru literasi digital penting untuk membantu siswa menjadi pengguna yang cerdas, aman, dan etis dalam lingkungan digital yang semakin kompleks. Hal ini juga membantu guru memahami bagaimana mereka dapat mengintegrasikan teknologi digital ke dalam kurikulum mereka secara efektif. dari berbagai jenis pelatihan guru, terdapat jenis pelatihan yang dapat diikuiti oleh para guru untuk mengembangkan ataupun membatu upaya literasi digital dalam dunia pendidikan. contohnya mengikuti pelatihan in house training dri guru inovatif. 

Guru inovatif sendiri merupakan sebuah paltform yang menyediakan berbagai jenis pelatihan untuk menunjang keterampilan menjadi seorang pendidik yang proesional. jenis pelatihan dapat diikuti secara daring dan luring sesuai minat kita sendiri. serta topik yang di selenggarakan dalam pelatihan juga beragam. maka dari itu kita bisa memilih guru inovatif ini menjadi sebuah pilihan yang tepat untuk membantu meningkatkan skill kita sebagai seorang guru yang tersertfifikasi. 

Dengan mengikuti beberapa pelatihan in house training di guru inovatif, seorang guru sudah melakukan salah satu jenis pelatihan dalam upaya pengakuan menjadi guru yang tersertifikasi. Sertifikasi guru adalah proses di mana seorang guru atau calon guru diakui dan diberi sertifikat oleh otoritas pendidikan atau pemerintah setempat sebagai bukti bahwa mereka memiliki kualifikasi, kompetensi, dan keterampilan yang diperlukan untuk mengajar dengan efektif dalam suatu mata pelajaran atau tingkat pendidikan tertentu. Sertifikasi guru bertujuan untuk memastikan bahwa pendidikan yang diberikan kepada siswa memenuhi standar tertentu dan bahwa guru memiliki kemampuan untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas.

Proses sertifikasi guru dapat bervariasi dari satu negara ke negara lain, dan mungkin melibatkan pendidikan formal, pelatihan khusus, ujian, dan evaluasi kinerja. Setelah seorang guru memenuhi persyaratan sertifikasi, mereka akan diberikan sertifikat atau lisensi yang memungkinkan mereka untuk mengajar secara legal di lembaga pendidikan yang diakui.

Kesimpulannya, literasi digital sangat penting dalam membimbing siswa di era digital. Memahami peran teknologi dalam pendidikan, mengembangkan keterampilan digital untuk meningkatkan pengajaran, dan mempersiapkan siswa untuk karir masa depan di dunia digital merupakan aspek penting dari literasi digital. Seiring berkembangnya teknologi, para pendidik harus terus beradaptasi dan menguasai literasi digital untuk memberikan pendidikan terbaik bagi siswanya. Dengan memprioritaskan literasi digital, kami dapat membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil dalam lanskap teknologi yang berubah dengan cepat.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GI Class #85: Perangi Perundungan di Sekolah "Stop Bullying”
3 min
GI Class #86 : Membangun Ekosistem Digital di Sekolah
2 min
Platform Digital sebagai Sarana Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru

AFWAN YAZID

Sep 06, 2023
2 min
GI Class 84 "Strategi Menyusun Media Pembelajaran 5.0"
1 min
Sertifikasi Guru tentang Public Speaking with Diyah Adikara
1 min
GI Academy #15 : Kupas Tuntas Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar