GI Class #85: Perangi Perundungan di Sekolah "Stop Bullying” - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 14 Sep 2023

GI Class #85: Perangi Perundungan di Sekolah "Stop Bullying”

Perundungan atau bullying adalah tindakan negatif yang dilakukan oleh seseorang atau sekelomppok orang terhadap orang lain, dengan tujuan untuk mengintimidasi, menyakiti, dan melukai korban. Perundungan dapat berupa fisik, verbal, dan psikis. Simak artikel berikut yang membahas tentang Perundungan.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1998x
Bagikan

Kasus perundungan saat ini sudah sering terjadi baik secara langsung ataupun secara tidak langsung melalui media sosial. Dari banyaknya kasus bullying yang terjadi mayoritas pelaku bullying yaitu seorang pelajar. Banyak dari pelajar belum memahami mengenai tindakan negatif seperti bullying ini sehingga kesalahpahaman kerap sering dialami dalam kasus bullying.

Kesalahpahaman Bully yang perlu untuk diketahui

Kesalahpahaman tentang bully dapat membuat suatu tindakan tidak benar ini menjadi hal yang wajar bagi jenjang umur tertentu seperti remaja. Oleh karena itu sangat penting untuk mempelajari beberapa kesalahpahaman mengenai bully, yang menghalangi pencegahan dan penindakan bully. Kesalahpahaman yang tidak dibenarkan bisa menjadi tembok penghalang yang membuat kita kehilangan akses untuk melakukan sesuatu terhadap bully yang tejadi.

Kesalahpahaman yang diwajarkan oleh generasi terdahulu yang berbicara bahwa tindakan saat ini tidak sekeras tindakan pada jaman generasi mereka dahulu, sehingga tindakan ini secara tidak langsung mewajarkan tindakan bully.

Kesalahpahaman selanjutnya berbicara bahwa suatu bully dapat meningkatkan kekuatan mental seseorang agar menjadi diri yang lebih kuat. Kenyataanya hal tersebut merupakan tindakan yang tidak dibenarkan, namun diwajarkan oleh sebagian orang.

Kesalahpahaman lainnya yaitu suatu bully yang sulit untuk dihilangkan. Jika hal tersebut tidak diperbaiki dengan cepat akan menjadi suatu budaya dari suatu lingkungan tertentu. Menjadikan sesuatu yang dimiliki orang lain sebagai suatu lelucon merupakan salah satu contoh dari bully yang banyak orang tidak sadari.

Fakta Tentang Bullying di Indonesia

Perangi Perundungan di Sekolah "Stop Bullying”

Kasus bullying di Indonesia dari tahun ke tahun mendapati ribuan kasus yang dilaporkan, hal ini belum termasuk dengan kasus yang tidak dilaporkan. Kasus bullying ini terjadi baik di lingkungan pendidikan maupun di sosial media. Kasus bullying di Indonesia di dominasi dengan kekerasan fisik dan psikis, serta dapat diberi anggapan bahwa pelajar merupakan seseorang yang sering mengalami kasus ini. Pentingnya pemahaman akan bully untuk menghindari tindakan yang salah yang kemudian di benarkan, tidak hanya seorang remaja, dan dewasa saja, namun seorang pendidik yang kurang memahami bullying, kerap secara tidak langsung melakukan hal tersebut, umumnya mereka menganggap bullying sebagai hal yang wajar. Bahkan, beberapa kasus yang terjadi dimana siswa yang keluar atau pindah dari suatu sekolah karena untuk menghindari bullying.

Bagaimana Cara Sederhana untuk Menghadapi Kasus Bullying di lingkungan sekolah?

Perangi Perundungan di Sekolah "Stop Bullying”

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu menghadapi kasus bullying di lingkungan sekolah, antara lain:

1. Menciptakan suasana yang nyaman dikelas

Sebagai seseorang yang memhami mengenai bullying menciptakan suasana yang nyaman dikelas akan menghindari terjadinya bullying. Hal yang bisa dilakukan yaitu berinteraksi dengan seluruh anggota kelas tanpa memandang apapun, memberikan senyuman dan sapaan ketika bertemu, menciptakan lelucon mengenai sesuatu hal yang tidak berhubungan dengan orang lain.

2. Mengetahui penyebab dari masalah-masalah yang terjadi

Suatu masalah yang terjadi perlu adanya diskusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hal yang bisa dilakukan yaitu bercerita dengan orang yang dipercaya mengenai masalah yang dihadapi, mencari solusi melalui media internet sebagai pembantu penyelesaian masalah, dan tidak memikirkan masalah secara berlebihan dan fokus terhadap solusi.

3. Memanfaatkan fasilitas/akses yang menangani bullying

Menangani kasus bullying yang terjadi secara cepat akan memberikan dampak positif untuk diri Anda terutama dalam kesehatan mental. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu memanfaatkan fasilitas/akses yang menangani kasus bullying seperti Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Komisis Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Lembaga Bantuan Hukum (LBH), dan Pusat Krisis Nasional (PKN).

Setelah kamu membaca informasi mengenai bullying pada tulisan diatas, apakah Anda tahu bahwa bully dalam bercanda merupakan hal yang paling sering terajadi, lalu secara detail apa perbedaan antara bully dan bercanda?, Apa saja contoh dari bullying yang sering tidak disadari?

Simak pembahasan lebih lengkap melalui Instagram reels pada link berikut yang dapat diakses gratis.

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Hilman | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran: Tips untuk Guru yang Efektif
2 min
Webinar pendidikan Gratis tentang Digitalisasi Pendidikan di Era Merdeka Belajar
1 min
Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Asisten Guru dalam Peningkatan Literasi Digital di Era 4.0

ASRI PUJIHASTUTI

Sep 10, 2023
5 min
Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045
14 min
Guru Inovatif Conference 2023 “Masa Depan Pendidikan Indonesia dalam Era Society 5.0”
2 min
Tips & Trick Menyusun Strategi Jitu dan Efisien untuk Menghadapi Ujian Sekolah
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB