GI Class #100 | Strategi Sukses Pendidikan Guru Penggerak - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 09 Jul 2024

GI Class #100 | Strategi Sukses Pendidikan Guru Penggerak

Pada Sabtu tanggal 06 Juli 2024, Guruinovatif.id menyelenggarakan webinar yang bertemakan “Strategi Sukses Pendidikan Guru Penggerak”. Webinar ini menghadirkan narasumber dari trainer Guruinovatif.id yakni, Marleni Herman, S.Pt., M.Pd.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
82x
Bagikan

Guruinovatif.id menyelenggarakan webinar Guru Inovatif Class pada Sabtu, 06 Juli 2024 yang membahas topik “Strategi Sukses Pendidikan Guru Penggerak”. Narasumber yang membawakan topik ini adalah Marleni Herman, S.Pt., M.Pd., selaku trainer dari Guruinovatif.id.

Perjalanan Menjadi Guru Penggerak

Untuk mengikuti program Guru Penggerak, setidaknya ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh calon peserta program Guru Penggerak, antara lain:

1. Seleksi tahap 1

Seleksi ini meliputi mengunggah beberapa berkas seperti, esai, CV, KTP, sertifikat, dan lain-lainnya ke dalam SIMPKB.

2. Seleksi tahap 2

Setelah itu, peserta akan menjalani proses seleksi berikutnya berupa microteaching dan wawancara. Peserta akan diberi waktu selama 10 menit untuk mempraktikkan microteaching, sehingga peserta sudah harus menyiapkan bahan-bahannya sendiri sebelum melakukan microteaching. Sedangkan untuk proses wawancara, peserta akan diuji pemahamannya terhadap esai yang sebelumnya sudah diunggah saat seleksi tahap sebelumnya.

3. Program pendidikan Guru Penggerak

Jika peserta telah berhasil melalui semua seleksinya, maka peserta akan memasuki tahap selanjutnya, yaitu mengikuti program pendidikan Guru Penggerak. Selama mengikuti masa pendidikan, peserta akan diberikan penugasan, pendampingan individu lokakarya, hingga Aksi Nyata.

Manfaat Menjadi Guru Penggerak

Dalam webinar ini, Marleni juga menjelaskan beberapa manfaat dalam mengikuti program Guru Penggerak, antara lain:

  • Mendapatkan sertifikat hingga 320 JP

  • Memiliki kesempatan untuk diangkat atau dipromosikan menjadi Kepala Sekolah

  • Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai Merdeka Belajar

Selain itu, ada banyak hal yang akan peserta ketahui saat mengikuti program Guru Penggerak seperti, cara meningkatkan kompetensi guru hingga cara memfasilitasi peserta didik untuk mengenal potensi diri mereka masing-masing.

GI Class #100 | Strategi Sukses Pendidikan Guru Penggerak

Indikator Penilaian dan Penugasan dalam Pendidikan Guru Penggerak

Pembicara juga menjelaskan ada beberapa indikator penilaian dan penugasan saat peserta berhasil lolos tahapan seleksi Pendidikan Guru Penggerak, yakni:

1. Keaktifan saat diskusi dalam ruang kolaborasi

Keaktifan dalam berdiskusi akan menjadi bobot penilaian bagi para peserta yang mengikuti program Pendidikan Guru Penggerak.

2. Menyelesaikan tugas setiap modul dengan mengikuti Alur Merdeka

Keaktifan peserta saat menyelesaikan tugas yang telah diberikan juga menjadi indikator penilaian. Tugas-tugas yang diberikan bisa meliputi:

  • Artikel

  • Infografis

  • Video atau audio pembelajaran

Dalam program Pendidikan Guru Penggerak, terdapat 3 modul yang harus diselesaikan oleh masing-masing peserta sesuai dengan tenggat waktu (deadline) yang sudah ditentukan. Selain itu, peserta juga wajib mengikuti Alur Merdeka yang sudah ditentukan.

3. Tepat waktu dalam segala kegiatan

Untuk mendapatkan predikat “Amat Baik” dalam Pendidikan Guru Penggerak, para peserta harus menyelesaikan semua tugas tepat waktu atau kalau bisa sebelum deadline yang sudah ditentukan. Kegiatan lokakarya dan juga pendampingan individu, juga harus dilakukan sesuai dengan rencana yang sudah disusun.

Dalam kegiatan webinar ini, narasumber juga menjelaskan berbagai tips, trik, tantangan, hingga memberikan contoh Aksi Nyata yang telah beliau laksanakan dalam mengikuti program Pendidikan Guru Penggerak. Simak penjelasan lebih lanjut mengenai program Guru Penggerak melalui tayangan ulang webinar dalam link berikut ini!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!

Tingkatkan kualitas dan kompetensi mengajar Anda dimanapun serta kapanpun dengan bergabung menjadi anggota Guruinovatif.id.
Akses berbagai event, kursus online serta fasilitas lainnya secara GRATIS selama 7 hari!

Daftar membership Guruinovatif.id


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Webinar “Cakap Bahasa Inggris Menggunakan ELSA” Sebagai Penunjang Kualitas Pendidikan di Indonesia
1 min
Mewujudkan SDGs 2030 Melalui Pendidikan Inklusif yang Berkualitas
3 min
Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045
14 min
Kupas Tuntas TOEFL untuk Tenaga Pendidik, Mahasiswa, dan Umum
1 min
Guru dan Kepala Sekolah Jangan Sampai Lupa Membuat Pengelolaan Kinerja Periode Kedua Tahun 2024!
3 min
Potret Kesuksesan Implementasi Kurikulum Merdeka Beserta Tantangannya
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar