Guru Harus Dapat Menjaga kesehatan Mental Sendiri - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 27 Nov 2023

Guru Harus Dapat Menjaga kesehatan Mental Sendiri

Dalam pekerjaannya seorang guru menghadapi banyak hal yang membuat "pusing kepala". Baik itu ketika menghadapi siswa maupun dengan tugas administrasi. Karena itu seorang guru harus dapat menjaga kesehatan mental dengan baik.

Seputar Guru

YULI SETYA NINGSIH

Kunjungi Profile
390x
Bagikan

Menjadi seorang guru memiliki kebanggaan tersendiri tetapi juga memiliki masalah yang berbeda dengan pekerjaan lain. Dalam lingkungan pekerjaannya guru berhadapan dengan peserta didik dari  latar belakang dan karakter yang berbeda. 

Tugas guru bukan hanya mengajar siswa dalam hal pengetahuan, tetapi juga membimbing, melatih dan mengarahkan siswa. Akan sangat menyenangkan jika siswa yang diajar bersikap baik, penurut dan sopan. Tetapi kenyataannya tidak seperti itu. Adakalanya siswa sulit diatur dan sulit dalam mengerti pelajaran. Ada saja perilaku negatif siswa yang membuat guru menjadi "pusing kepala" sehingga menjadi kecewa, emosi, dan marah. Perilaku negatif yang disebutkan misalnya tidak mengerjakan tugas, dinasihati berkali-kali tetapi tetap diulang, membuat keributan di kelas dan lain sebagainya. 

Dalam tugas sehari-hari, kondisi yang dihadapi tidak pernah sama, selalu ada hal baru. Ada kejadian menjengkelkan, membuat marah, tetapi ada juga yang menyenangkan.. Kadang ada rasa jenuh menghadapi kelakuan siswa. Belum lagi dengan tugas administrasi, misalnya menyiapkan bahan ajar dan membuat soal penilaian. Jika tidak dapat menjaga kesehatan mental maka guru akan mudah depresi, sakit hati, dan stres.

Guru harus dapat mengendalikan diri ketika menghadapi tingkah laku siswa yang tidak sesuai harapan. Guru juga harus tetap sabar ketika menghadapi siswa dengan nilai yang pas-pasan. Sudah sering diajarkan tetapi pada saat ulangan lupa jawabannya. Karena itulah kesehatan mental guru harus diperhatikan. Guru harus dapat menjaga dirinya dengan mengontrol emosi. Jika sering marah terhadap siswa maka dapat mengakibatkan kesehatan guru tersebut tidak baik yang berakibat darah tinggi bahkan mengakibatkan stroke. Jangan sampai menyakiti anak orang lain. Jangan karena kesal sehingga sampai lupa diri yang berakibat fatal. 

Tidak selalu masalah yang didapat, guru juga mendapatkan hiburan. Ketika melihat siswa-siswi bermain, hati guru terhibur. Melihat mereka tertawa girang maka guru juga ikut senang. Saat mengoreksi ulangan ada juga jawaban siswa yang lucu ataupun tidak masuk akal dan itu menjadi hiburan tersendiri. Ada saatnya anak didik memperhatikan gurunya dengan bertanya "Ibu sudah makan?" Menjadi kebanggaan tersendiri saat melihat siswa yang tadinya tidak bisa menjadi bisa atau siswa yang tadinya berperilaku tidak baik dan kemudian menjadi baik. Hal ini tidak didapatkan ketika bekerja di lingkungan pekerjaan lain. Dengan menikmati pekerjaannya guru akan senang bertemu dengan murid-murid tercinta. 

Agar dapat mengontrol emosi dan menjaga kesehatan mental ada beberapa hal yang dapat dilakukan.  

  1. Jika kesal dengan siswa, bapak ibu guru bisa tinggalkan kelas sebentar untuk meredakan emosi, kemudian kembali lagi ke dalam kelas. 
  2. Dalam mengajar juga harus memiliki kondisi fisik yang baik supaya tidak mudah terbawa emosi.
  3. Memiliki hati yang tulus dalam mengajar
  4. Mental yang siap ketika memasuki kelas

Seorang guru harus menikmati dan menghargai pekerjaan yang diberikan. Menjadi pendidik adalah anugerah yang Tuhan berikan untuk mendidik generasi penerus bangsa. 


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Menjaga Keseimbangan Kesehatan Mental Guru di Tengah Perubahan Kurikulum

Taufik Amin, S.Pd

Nov 28, 2023
12 min
MOMEN HGN 2023: OPTIMALISASI PERAN GURU SEBAGAI PETUGAS KESEHATAN MENTAL

Imaliana, M.Pd.

Dec 05, 2023
8 min
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Guru, Enam Cara Mewujudkannya

Supadilah, M.Pd.

Dec 04, 2023
7 min
Ingin Menjadi Guru yang Selalu Dikenang? Milikilah Sikap-Sikap Berikut Ini!
4 min
Mental guru yang sehat dapat mewujudkan kualitas pendidikan yang hebat

Siti Aisyah S.Pd

Nov 15, 2023
2 min
GI Class #96 | Supervisi Guru untuk Meningkatkan Kompetensi
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB