Guru, Mari Jaga Kesehatan Mentalmu - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 01 Des 2023

Guru, Mari Jaga Kesehatan Mentalmu

Mengenal kesehatan mental dan bagaimana seorang guru bisa menjaga kesehatan mentalnya

Seputar Guru

Edi Gunarto

Kunjungi Profile
385x
Bagikan

Sebelum masuk lebih dalam, kiranya penulis perlu menyampaikan terlebih dahulu tentang diri penulis yang merupakan seorang guru generasi milenial. Hal ini supaya pembaca lebih mudah untuk memahami apa yang penulis rasakan. Meski secara finansial mungkin kondisi guru saat ini jauh lebih baik, para guru saat ini dihadapkan pada situasi yang serba tidak enak. Situasi ini mungkin tidak didapat oleh guru-guru tempo dulu, yang dengan segala kesederhanaannya seolah memang hidup tanpa masalah. 

Mari kita lihat, apakah guru-guru kita dulu mengalami gonta ganti kurikulum yang membuat mereka harus adaptasi lagi dan lagi? Apakah guru-guru kita dulu senantiasa disibukkan oleh urusan administrasi yang tiada bertepi? Apakah guru-guru kita dahulu harus selalu belajar dan menyesuaikan diri dengan teknologi yang terus berkembang dan terbaharui? Bisa jadi iya, tetapi apa yang beliau-beliau rasakan tidak akan sepelik apa yang ada saat ini.

Belum lagi jika ditambah berbagai persoalan yang muncul di zaman ini. Mulai dari dampak negatif yang muncul bersamaan dengan adanya arus globalisasi, harga-harga yang melambung tinggi akibat inflasi, ditambah para guru harus mengajar peserta didik yang notabene adalah gen-Z. Orang mengatakan sebagai generasi β€œstroberi”. Generasi yang begitu sensi, kerja sedikit sudah mengeluh sana sini, guru tegas dianggap mem-buly, apalagi kalau guru main fisik, tentu langsung lapor polisi. Bagaimana guru bisa mendapatkan kebahagiaan hati kalau senantiasa seperti ini? Bukannya bahagia, yang terjadi adalah rentannya guru mengalami gangguan kesehatan mental.

Untuk itu, guru saat ini perlu memahami dan berupaya meningkatkan kesehatan mental dalam diri mereka. Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan jasmani, bahkan keduanya saling berkaitan. Kurangnya kesehatan mental seseorang, akan berdampak pada kesehatan jasmani. Lebih jauh, kesehatan mental akan memengaruhi kualitas hidup dan produktivitas seseorang. Guru yang yang mengalami gangguan kesehatan mental akan mengalami kesulitan dalam mengelola kelas, membuat administrasi, bahkan untuk sekedar bersosialisasi pun, bisa jadi akan sangat sulit. Ditambah jika sampai pada kondisi emosi yang tidak terkendali, maka seorang guru dengan gangguan mental tidak direkomendasikan lagi untuk masuk kelas sampai yang bersangkutan sembuh dari sakitnya. 

Gangguan kesehatan mental sebenarnya bisa diantisipasi jika kita merasakan beberapa kondisi perubahan ke arah negatif pada diri guru. Misalnya perubahan mood yang drastis, perubahan pola tidur dan makan, suka menyendiri, sulit konsentrasi, serta gangguan fisik yang tidak jelas penyebabnya. Jika satu atau lebih gejala itu ada pada diri seorang guru, maka ia harus segera melakukan langkah pencegahan agar tidak terhadi hal-hal yang tidak diinginkan.  Bagi yang belum pernah mengalami, guru tetap wajib menjaga kondisi dirinya agar tetap sehat secara mental. Misalnya dengan rutin berolahraga, mengelola stress, saling memberikan dukungan, dan tidak lupa untuk menyalurkan hobi atau kesenangan. Piknik itu penting guys. 

Namun yang tidak kalah penting adalah bahwa guru harus senantiasa bersyukur atas apa yang telah didapatkannya selama ini. Dengan bersyukur, semoga keberkahan senantiasa menyertai aktivitas profesi yang mulia di mata Tuhan ini. Kalau Tuhan sudah memberkahi, kebaikan dan kebahagiaan semacam apa sih yang mau dicari lagi? Tetap semangat untuk para guru yang selalu di hati.


Penyunting: Putra

1

2

Komentar (1)

Megawati Megawati

Dec 11, 2023

Bersyukur dan berkah, like this, semangat untuk kita semua πŸ™πŸ’ͺπŸ‘
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Profil Pelajar Pancasila, Definisi, Elemen, dan Fungsinya dalam Pembentukan Karakter Anak Bangsa
5 min
Jadilah Guru BAPER!!
Menjaga Kesehatan Mental Guru melalui Fun Game ( Outbond)
Cara Menjaga Kesehatan Mental Guru dengan Menggunakan Platform Online Learning Guruinovatif.id
4 min
Menilik Urgensi Kesehatan Mental Guru
4 min
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental sebagai seorang Guru

HERNI FITRIANI

Dec 13, 2023
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB