GI Academy #27 | Persiapan ANBK: Kunci Sukses Tingkatkan Rapor Pendidikan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 25 Mar 2024

GI Academy #27 | Persiapan ANBK: Kunci Sukses Tingkatkan Rapor Pendidikan

Dalam menciptakan kualitas pendidikan yang baik diperlukan persiapan yang matang. Hal itu berdampak pada meningkatkan rapor pendidikan. Mulai dari pengenalan mengenai visi pendidikan, indikator transformasi, dan perencanaan berbasis data.

Seputar Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
39x
Bagikan

Pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 22-23 Maret 2024 telah diselenggarakan online workshop Guru Inovatif Academy #27 oleh Guruinovatif.id yang mengangkat tema “Persiapan ANBK: Kunci Sukses Tingkatkan Rapor Pendidikan”. Event ini dibersamai oleh Noralia Purwa Yunita, M.Pd selaku trainer Guruinovatif.id.

Visi Pendidikan Indonesia

Dalam mewujudkan visi Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, peran penting diberikan kepada generasi muda sebagai Pelajar Pancasila. Mereka diharapkan memiliki iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berakhlak mulia. Selain itu, mereka juga diarahkan untuk menjadi individu yang mandiri, mampu berpikir kritis, dan memiliki kreativitas yang tinggi. Semangat gotong royong juga menjadi nilai penting yang ditanamkan, seiring dengan semangat kebinekaan global. Dengan demikian, pembentukan karakter pelajar pancasila menjadi landasan utama dalam membangun masa depan Indonesia yang lebih baik dan berkelanjutan.

Lima Indikator Terjadinya Transformasi Satuan Pendidikan

Indikator transformasi satuan pendidikan menjadi pemandu yang penting dalam upaya meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran, seperti:

1. Satuan pendidikan berpihak kepada tumbuh kembang murid

Dengan memberikan perhatian yang menyeluruh terhadap aspek-aspek perkembangan anak, baik secara fisik, emosional, sosial, maupun intelektual. Hal ini dilakukan melalui pendekatan yang holistik dalam proses pembelajaran, memperhatikan kebutuhan individual setiap siswa, serta memberikan dukungan yang sesuai untuk mengoptimalkan potensi mereka.

2. Satuan pendidikan mengembangkan budaya refleksi berbasis data

Dengan melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa secara berkala. Data yang terkumpul digunakan sebagai dasar untuk melakukan analisis, identifikasi kelemahan, dan perbaikan dalam penyelenggaraan pendidikan. Dengan demikian, pengambilan keputusan menjadi lebih berdasarkan bukti dan responsif terhadap kebutuhan siswa.

Baca juga:
Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data

3. Peningkatan hasil belajar murid

Fokus utama dari satuan pendidikan adalah meningkatkan kemampuan dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung, serta pembentukan karakter yang kuat, menjadi prioritas dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pondasi yang kokoh bagi perkembangan siswa secara menyeluruh.

4. Satuan pendidikan menjalin kemitraan dengan orang tua atau wali

Dengan mengakui peran penting orang tua sebagai mitra dalam pendidikan anak. Kolaborasi antara sekolah dan orang tua dibangun melalui komunikasi yang terbuka, pertemuan rutin, serta kegiatan yang melibatkan partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, tercipta sinergi yang kuat antara lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga dalam mendukung perkembangan siswa.

5. Satuan pendidikan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan, dan inklusif

Dengan menciptakan atmosfer yang kondusif bagi proses pembelajaran. Lingkungan yang ramah, terbuka, dan mendukung keberagaman akan membantu siswa merasa diterima dan termotivasi untuk belajar. Dengan demikian, setiap siswa merasa dihargai dan didukung dalam mengeksplorasi potensi dan minatnya secara optimal.

GI Academy #27 | Persiapan ANBK: Kunci Sukses Tingkatkan Rapor Pendidikan

Langkah Sederhana dalam Perencanaan Berbasis Data

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, langkah-langkah strategis harus diambil oleh satuan pendidikan dan pemerintah daerah. Pertama, mengidentifikasi permasalahan berdasarkan indikator yang ditampilkan di dalam profil pendidikan menjadi langkah awal yang penting. Profil pendidikan memberikan gambaran tentang capaian pendidikan di suatu wilayah, memungkinkan untuk mengidentifikasi masalah yang perlu ditangani.

Setelah permasalahan teridentifikasi, langkah berikutnya adalah melakukan refleksi terhadap capaian, pemerataan, dan proses pembelajaran di satuan pendidikan dan daerah masing-masing. Hal ini bertujuan untuk menemukan akar masalah secara lebih mendalam. Refleksi yang mendalam akan memberikan wawasan yang lebih baik tentang tantangan yang dihadapi oleh pendidikan di tingkat lokal.

Baca juga:
Sistem Rapor pada Kurikulum Merdeka Belajar untuk Setiap Satuan Pendidikan

Selanjutnya, pembenahan dilakukan melalui perumusan kegiatan dalam bentuk rencana kegiatan dan anggaran satuan pendidikan (BOS dan BOP) serta daerah (APBD). Rencana kegiatan yang disusun haruslah berbasis pada analisis akar masalah yang telah dilakukan sebelumnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya perbaikan dapat diarahkan secara tepat dan efektif. Dengan demikian, langkah-langkah ini diharapkan dapat memberikan solusi konkret terhadap permasalahan pendidikan yang dihadapi, menuju peningkatan mutu pendidikan secara menyeluruh.

Mau tahu lebih lanjut cara tingkatkan rapor pendidikan? Simak pembahasan selengkapnya termasuk contoh program yang dapat diterapkan melalui rekaman Zoom Meeting pada link berikut yang dapat diakses secara GRATIS!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Murid Butuh Guru Yang Bahagia, Guru Butuh Lingkungan Yang mendukung Agar Bahagia
Pentingnya Psikologi Pendidikan untuk Tenaga Pendidik
5 min
Harmoni Rekan Guru: Dari Guru, Oleh Guru untuk Siswa
3 Pilar Pokok Profesi: Keahlian, Pengetahuan, dan Persiapan Akademik
3 min
Pengaruh Kesehatan Mental Guru Terhadap Motivasi Bekerja
7 min
PREVENTIF MENTAL BLOCK : MENGUPAS STIGMA MENJADI GURU ONLINE

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB