5 Aplikasi Mengubah Kelas jadi Interaktif - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 25 Nov 2023

5 Aplikasi Mengubah Kelas jadi Interaktif

Manfaat kelas interaktif dan aplikasi-aplikasi yang dapat mengubah cara siswa belajar. Temukan bagaimana aplikasi ini dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan, efisien, dan menghadirkan pengalaman belajar yang unik. Simak selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Metode Mengajar

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
2827x
Bagikan

Di era yang semakin maju dan canggih ini, belajar tidak lagi perlu menggunakan buku pelajaran. Saat ini, belajar dengan media smartphone menjadi lebih menyenangkan, seru, dan menghemat waktu. Salah satu metode yang efisien untuk belajar adalah dengan menggunakan aplikasi pembelajaran di perangkat Android. Banyak aplikasi pembelajaran online gratis yang dapat diunduh yang membantu siswa memperoleh pengetahuan dan meningkatkan keterampilan secara interaktif.

Apa Saja Manfaat Kelas Interaktif?

Kelas interaktif memiliki manfaat yang signifikan dalam pendidikan modern. Pertama, interaktivitas memungkinkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, yang dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran. Dengan komunikasi interaktif antara guru dan siswa dapat memunculkan ide-ide dan kreativitas. Selain itu, siswa dapat melatih keterampilan sosial mereka, seperti berbicara di depan umum, dan berkolaborasi alam sebuah kelompok, sehingga keterampilan ini menjadi persiapan untuk masa depan mereka.

Kelas Interaktif menciptakan peningkatan motivasi bagi siswa, ketika siswa merasa terlibat dan memiliki peran aktif dalam pembelajaran, mereka cenderung lebih termotivasi untuk hadir di kelas dan semangat dalam mempelajari hal baru. Selain itu, kelas interaktif memungkinkan guru untuk lebih mudah mengidentifikasi kebutuhan individu siswa. Dengan berbagai metode pengajaran interaktif, guru dapat menyesuaikan pendekatan kepada siswa untuk mengakomodasi baragam gaya belajar siswa.

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi dan aplikasi juga memainkan peran penting dalam transformasi kelas menjadi lebih interaktif. Aplikasi pembelajaran yang interaktif menawarkan berbagai macam fitur, seperti kuis online, platform diskusi, atau alat kolaborasi, yang dapat memfasilitasi interaksi di antara siswa dan guru. Selain itu, aplikasi juga dapat memberikan pengalaman belajar dengan menyesuaikan materi dan tingkat kesulitan sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Dengan aplikasi pendidikan yang tepat, kelas dapat menjadi lebih dinamis, interaktif, dan meningkatkan semangat, serta membawa pendidikan ke tingkat baru di era digital ini.

Baca juga:
Google Classroom dan Seesaw sebagai Solusi Penilaian Portofolio secara Digital

5 Aplikasi Mengubah Kelas Jadi Interaktif

1. Brightful

5 Aplikasi Mengubah Kelas jadi Interaktif
Sumber: https://www.brightful.me/play/

Brightful adalah aplikasi yang dapat membuat game dan memainkan game berbasis online yang memberikan kesenangan serta edukatif. Anda dapat membuat game sendiri atau memilih dari katalog game yang tersedia, seperti trivia, teka-teki, kata-kata, dan lainnya.

Brightful memiliki manfaat untuk meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan game Brightful, Anda dapat membuat siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran online.

Aplikasi Brightful dapat mengbubah kelas menjadi interaktif dengan beberapa fitur aplikasi didalamnya, diantaranya:

  1. Permainan icebreaker sebelum memulai pelajaran untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan membangun keakraban antara siswa. Anda dapat memilih dari katalog permainan yang besar, seperti Draw It, Trivia, Charades, Would You Rather, dan lainnya. Membuat konten sendiri dengan mengkustomisasi permainan yang ada.
  2. Mendapatkan umpan balik dan wawasan secara langsung dengan menggunakan fitur live polls. Anda dapat membuat pertanyaan dengan berbagai jenis jawaban, seperti multiple choices, word cloud, rating, short answer, dan lainnya.
  3. Mengarahkan siswa untuk bertanya dengan menggunakan fitur live Q&A. Anda dapat mengumpulkan pertanyaan dari siswa kapan saja. Anda juga dapat membiarkan siswa memberikan upvote pada pertanyaan yang paling relevan.

2. EdApp

5 Aplikasi Mengubah Kelas jadi Interaktif
Sumber: https://www.edapp.com/

EdApp adalah aplikasi yang dapat membuat kursus onlline yang menarik dan efektif untuk pendidikan siswa. Anda dapat membuat kursus sendiri atau memilih dari katalog kursus yang tersedia, yang mencakup berbagai topik, seperti bisnis, kesehatan, bahasa, dan lainnya. EdApp juga memiliki fitur gamifikasi, mikro-belajar, dan analitik.

Aplikasi EdApp dapat mengbubah kelas menjadi interaktif dengan beberapa fitur aplikasi didalamnya, diantaranya:

  1. Menerapkan strategi mikro-pembelajaran yang interaktif - Mikro-pembelajaran adalah metode yang mengubah modul panjang menjadi pelajaran singkat yang hanya berfokus pada pesan kunci. Dengan cara ini, siswa dapat menyerap informasi dengan lebih baik dan mencegah kelebihan beban kognitif.
  2. Membuat pelajaran Anda lebih menyenangkan dengan gamifikasi - Dengan gamifikasi, pelajaran tidak harus membosankan. Sebaliknya, mereka dapat menjadi menyenangkan, menarik, dan mudah diingat. Anda dapat menggunakan aksi seperti drag-and-drop, scratch-to-reveal, dan slide-to-compare untuk membuat siswa berinteraksi dengan pelajaran mereka.
  3. Memberikan kuis secara instan dengan Rapid Refresh - Rapid Refresh adalah fitur yang memungkinkan Anda memberikan pertanyaan kepada siswa setelah intervensi pembelajaran apa pun dalam hitungan menit.

3. Interacty

5 Aplikasi Mengubah Kelas jadi Interaktif
Sumber: https://interacty.me/

Interacty adalah aplikasi yang dapat membuat kuis interaktif yang dapat dimainkan oleh banyaknya siswa secara bersamaan. Anda dapat membuat kuis sendiri atau memilih dari katalog kuis yang tersedia, yang mencakup berbagai topik, seperti matematika, geografi, sejarah, dan lainnya. Anda dapat memilih dari berbagai jenis pertanyaan, seperti pilihan ganda, benar/salah, urutan, pencocokan, dan lainnya.

Aplikasi Interacty dapat mengbubah kelas menjadi interaktif dengan beberapa fitur aplikasi didalamnya, diantaranya:

  1. Membuat pelajaran audio dengan merekam suara Anda langsung di editor. Anda dapat menambahkan pertanyaan atau aktivitas untuk menguji pemahaman siswa.
  2. Membuat permainan yang dikustomisasi dengan editor desain. Anda dapat mengubah warna, font, latar belakang, dan elemen lainnya sesuai dengan keinginan Anda.
  3. Mengumpulkan hasil dan umpan balik dari siswa dengan menggunakan fitur formulir dan papan peringkat. Anda dapat melihat hasil secara real-time dan memberikan penghargaan kepada siswa yang terbaik.

4. Gimkit

5 Aplikasi Mengubah Kelas jadi Interaktif
Sumber: https://www.gimkit.com/

Gimkit adalah aplikasi yang dapat membuat game dan memainkan game online yang menarik dan edukatif. Anda dapat menggunakan game Gimkit untuk menguji pengetahuan siswa, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, memperkuat kerjasama tim, dan membangun hubungan sosial.

Aplikasi Gimkit dapat mengbubah kelas menjadi interaktif dengan beberapa fitur aplikasi didalamnya, diantaranya:

  1. Membuat set permainan yang disesuaikan dengan pertanyaan, pilihan ganda, dan nilai poin. Anda dapat membuat pertanyaan Anda sendiri, mengimpor dari Quizlet, atau menggunakan set yang dibuat oleh guru lain.
  2. Memberikan siswa uang dalam permainan dengan menjawab pertanyaan dengan benar. Tetapi hati-hati, jawaban yang salah akan membuat Anda rugi! Siswa dapat menggunakan uang mereka untuk membeli peningkatan dan kekuatan khusus.
  3. Menggunakan berbagai mode permainan yang unik dan lebih banyak dalam pengembangan. Ada selalu cara baru untuk bermain. Misalnya, Anda dapat menggunakan mode KitCollab, di mana siswa membuat pertanyaan untuk permainan secara real-time.

5. Hopster

5 Aplikasi Mengubah Kelas jadi Interaktif
Sumber: https://www.hopster.tv/

Hopster adalah aplikasi yang dapat menonton acara edukasi, bermain game, membaca buku, dan mendengarkan lagu yang menarik dan edukatif untuk siswa. Siswa dapat bermain game yang melatih keterampilan kognitif, sosial, dan emosional anak-anak, seperti alfabet, angka, warna, bentuk, dan lainnya.

Aplikasi Hopster dapat mengbubah kelas menjadi interaktif dengan beberapa fitur aplikasi didalamnya, diantaranya:

  1. Berikan contoh penggunaan aplikasi Gimkit untuk pembelajaran interaktif di kelas - Anda dapat menemukan acara TV yang meliputi topik seperti alfabet, fonetik, angka, warna, bentuk, binatang, musik, seni, dan lainnya.
  2. Membaca buku yang menarik dan bervariasi - Hopster memiliki buku-buku yang cocok untuk anak-anak usia prasekolah yang mengajarkan keterampilan membaca, mendengarkan, dan berbicara. Anda dapat membaca buku-buku yang berkisah tentang petualangan, persahabatan, fantasi, humor, dan lainnya.
  3. Mendengarkan lagu yang asyik dan edukatif - Hopster memiliki lagu-lagu yang dapat membantu anak-anak belajar tentang berbagai hal seperti huruf, angka, warna, binatang, musim, hari raya, dan lainnya.

Kesimpulan

Dalam era modern yang semakin canggih, belajar tak lagi terbatas pada buku teks. Dengan bantuan aplikasi pembelajaran yang interaktif, kelas-kelas menjadi lebih menarik, efisien, dan melibatkan siswa dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Manfaat dari kelas interaktif adalah peningkatan pemahaman materi, perkembangan keterampilan sosial, motivasi tinggi, dan penyesuaian yang lebih baik terhadap gaya belajar individu. Aplikasi-aplikasi seperti Brightful, EdApp, Interacty, Gimkit, dan Hopster adalah alat-alat penting dalam transformasi ini, menyediakan fitur-fitur yang menghadirkan interaksi aktif antara guru dan siswa serta mengoptimalkan pengalaman belajar di era digital.

Sumber:
Best Interactive Apps Classroom Workplace
Brightful Education
What is EdApp and How Does it Work Best Tips and Tricks
EdApp Interactive Elearning Tools
Interacty Education
Interacty New Platform for Teachers
Hopstertv
Teachlearning: Gimkit Lesson Plan


Penulis: Raden Ahmad Hilman Hilmawan | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Tips Ajarkan Public Speaking pada Murid agar Makin Percaya Diri Saat Presentasi

Luqmanul Hakim

Apr 03, 2023
4 min
5 Aplikasi Pembuat Kuis Edukasi untuk Pembelajaran
4 min
Train Method (Metode Kereta) Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab

AFWAN YAZID

Feb 08, 2024
3 min
Apa itu TPACK: Pendekatan, Unsur, dan Aspek Utama
4 min
Tips Ampuh Meningkatkan Efektivitas Dalam Belajar di Tahun 2024
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar