3 Pilar Pokok Profesi: Keahlian, Pengetahuan, dan Persiapan Akademik - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 15 Jul 2023

3 Pilar Pokok Profesi: Keahlian, Pengetahuan, dan Persiapan Akademik

Temukan pentingnya keahlian, pengetahuan, dan persiapan akademik dalam profesi sebagai tenaga pengajar. Artikel ini menjelaskan mengapa ketiga pilar ini menjadi faktor kunci dalam membentuk guru yang kompeten dan efektif dalam membimbing siswa.

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
2973x
Bagikan

Dalam dunia pendidikan, profesi sebagai tenaga pengajar atau guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi yang berkualitas. Untuk menjadi guru yang efektif dan kompeten, ada tiga pilar pokok profesi yang harus diperhatikan, yaitu keahlian, pengetahuan, dan persiapan akademik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi masing-masing pilar tersebut secara mendalam.

Keahlian

Keahlian adalah salah satu pilar pokok dalam profesi sebagai tenaga pengajar. Keahlian ini mencakup keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan dalam melaksanakan tugas sebagai guru. Seorang guru yang memiliki keahlian yang baik dapat secara efektif menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, memfasilitasi pembelajaran yang interaktif, dan mengelola kelas dengan baik.

Keahlian guru dapat mencakup berbagai aspek, seperti:

  • Keterampilan Komunikasi: Guru yang baik harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik agar dapat berinteraksi dengan siswa secara efektif. Keterampilan komunikasi ini meliputi kemampuan mendengarkan, berbicara dengan jelas, dan membangun hubungan yang baik dengan siswa.
  • Keterampilan Mengajar: Guru perlu memiliki keterampilan mengajar yang efektif, termasuk kemampuan merencanakan pembelajaran, memilih metode pengajaran yang sesuai, dan mengelola waktu dengan baik di kelas.
  • Keterampilan Manajemen Kelas: Guru yang baik juga harus memiliki keterampilan dalam mengelola kelas, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran, mengelola perilaku siswa, dan mengatasi konflik di kelas.
  • Keterampilan Teknologi Pendidikan: Dalam era digital ini, keterampilan dalam memanfaatkan teknologi pendidikan juga menjadi penting bagi guru. Guru perlu mampu menggunakan alat-alat dan aplikasi teknologi yang relevan dalam proses pembelajaran.

Pengetahuan

Pengetahuan merupakan pilar penting lainnya dalam profesi sebagai tenaga pengajar. Pengetahuan ini meliputi pemahaman dan keahlian dalam bidang studi yang diajarkan, pemahaman tentang teori dan konsep pendidikan, serta perkembangan terbaru dalam pendidikan.

Seorang guru yang memiliki pengetahuan yang baik dapat memberikan penjelasan yang tepat, mengaitkan konsep-konsep yang berbeda, dan memberikan pemahaman yang mendalam kepada siswa. Pengetahuan yang diperoleh melalui pendidikan formal, pengalaman kerja, dan pengembangan diri terus-menerus menjadi modal yang sangat berharga bagi seorang guru.

Pengetahuan yang harus dimiliki oleh guru meliputi:

  • Pengetahuan dalam Bidang Studi: Seorang guru harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang bidang studi yang diajarkan, termasuk konsep, teori, dan perkembangan terbaru dalam bidang tersebut.
  • Pengetahuan tentang Kurikulum: Guru juga perlu memahami kurikulum yang berlaku dan memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam setiap mata pelajaran.
  • Pengetahuan tentang Pembelajaran dan Pengajaran: Guru perlu memahami teori-teori dan metode-metode pembelajaran yang efektif serta mampu menerapkannya dalam proses pengajaran.

Persiapan Akademik

Persiapan akademik adalah pilar ketiga dalam profesi sebagai tenaga pengajar. Pilar ini mencakup pendidikan formal dan persiapan khusus yang diperlukan untuk menjadi seorang guru yang kompeten. Persiapan akademik melibatkan program pendidikan dan pelatihan yang dirancang untuk mempersiapkan individu menjadi guru yang berkualitas.

Persiapan akademik bagi guru dapat meliputi:

  • Pendidikan Formal: Seorang guru harus memiliki pendidikan formal yang relevan dengan bidang studi yang diajarkan. Ini dapat mencakup gelar sarjana pendidikan, gelar sarjana dalam bidang studi tertentu, atau program pendidikan yang disetujui oleh lembaga pendidikan yang berwenang.
  • Pelatihan Profesional: Selain pendidikan formal, pelatihan profesional juga penting bagi guru. Guru harus terus mengembangkan diri melalui pelatihan, workshop, seminar, atau kegiatan pengembangan profesional lainnya yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengajar.

Kesimpulan

Profesi sebagai tenaga pengajar atau guru memiliki tiga pilar pokok yang harus diperhatikan, yaitu keahlian, pengetahuan, dan persiapan akademik. Keahlian melibatkan keterampilan dan kemampuan dalam melaksanakan tugas sebagai guru, sedangkan pengetahuan meliputi pemahaman dan keahlian dalam bidang studi yang diajarkan serta pemahaman tentang teori dan konsep pendidikan. Persiapan akademik mencakup pendidikan formal dan pelatihan profesional yang diperlukan untuk menjadi seorang guru yang kompeten. Dengan memperhatikan ketiga pilar ini, guru dapat menjadi pengajar yang efektif dan berkompeten dalam membimbing dan mengajar siswa dengan baik.

Jangan biarkan kesempatan berharga terlewatkan! Tingkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dengan mengikuti kursus online kami dan dapatkan sertifikat resmi sebagai bukti keberhasilan Anda. Coba kursus onlinenya sekarang!


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Guruku Sayang, Guruku ( Tak ) Malang
2 min
Peran Guru dalam Mendukung Siswa untuk Menghadapi Ujian
1 min
Media Pembelajaran Terbaru: Kelebihan dan Tantangan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
2 min
Memintal Perasaan Guru dengan Benang Kebahagiaan
KLEPON untuk Guru Burnout Syndrome
7 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB