Pentingnya Guru Menengok ke Bawah, Sawah, dan Lembah - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Des 2023

Pentingnya Guru Menengok ke Bawah, Sawah, dan Lembah

Menceritakan tentang pentingnya para guru berkontemplasi, menenangkan diri melalui tiga instrumen hidup.

Seputar Guru

454x
Bagikan

Menjadi guru di Indonesia berarti harus siap menghadapi tekanan mental yang sangat serius. Bejibunnya administrasi, jam mengajar, kegiatan kepanitiaan, ditambah tingkah siswa generasi Z yang semakin tidak bermoral membuat guru kerap keteteran dan stres. Sialnya lagi, stres tidak memliki obat berbentuk pil pereda seribuan seperti Bodrex atau Inza, sekalipun ke psikolog profesional, biayanya bisa menghabiskan gaji dua bulan guru honorer. Untuk itu, para guru perlu mencari alternatif gratis nan hemat untuk meredakan mumetnya kepala. Salah satu alternatifnya adalah melakukan rihlah, tidak harus ke area wisata mahal, bisa juga sekedar mengamati ketabahan orang-orang kurang beruntung, atau sesederhana berjalan kaki mengelilingi sawah dan lembah.

Sebagai guru, suatu malam saya pernah berkendara untuk mencari tukang cukur, sembari memikirkan setumpuk masalah sekolah yang tidak kunjung usai. Tibalah di sebuah tempat cukur yang dimiliki seseorang yang usianya cukup tua. Ketika hendak masuk, dia menyampaikan bahwa besok, dia akan melakukan operasi, jadi harus beristirahat. Meski tidak jadi bercukur, saya tertegun saat memperhatikan Bapak tua itu menutup pintu. Ternyata, dia tidur di ruang tempatnya bekerja. Saya jadi menyadari bagaimana manusia harus tabah menjalani hidup. Maksud saya, setidaknya saya masih punya ruang-ruang lain meski masih di kos. Ada dapur untuk memasak, kamar kecil untuk mandi dan buang air, plus ruang kerja di sekolah dengan halaman luas. Tapi Bapak itu, dia tidur dan bekerja di ruang (kecil) yang sama. Mental saya membaik malam itu. Kadang, melihat ke bawah itu penting untuk merenungi pelajaran ketabahan.

Selain melihat kesabaran kaum duafa, instrumen penenang lain yang bisa dimanfaatkan guru adalah sawah. Kepenatan dan formalitas di arena kerja sesekali perlu direduksi dengan mengunjungi area hijau pedesaan. Saat bosan, saya dan kawan-kawan biasanya meluangkan waktu untuk mandi ke umbul, duduk di tepian kolam, setengah kaki masuk air, serta mata memandang padi berjejer melambai. Bisa juga mengelilingi sawah sembari memperhatikan petani yang selalu semangat bekerja, meski belum pasti harga jual ke depan, meski tidak ada gaji tetap bulanan, meski ada potensi gagal panen. Momentum semisal tadi bisa menjadi pemicu untuk kembali semangat untuk melayani para penuntut ilmu di madrasah.

Faktor vital yang juga harus dijaga guru untuk menunjang kesehatan mental adalah kebugaran raga. Untuk itu, para guru perlu menjadwalkan waktu berolahraga ringan seperti lari atau jalan cepat. Saya dan teman-teman pengajar lain biasanya mengunjungi lembah Taman Kearifan untuk berdiskusi, lari-lari kecil atau berjalan mengitari seluruh area lembah. Selain berolahraga, menghirup udara segar dari pohon-pohon besar taman juga perlu untuk menyegarkan paru. Sebanyak apa pun pekerjaan, bisa dieksekusi selama badan masih sehat. Jika tubuh sakit, semakin banyak pekerjaan yang tertunda dan menambah beban pikiran. 

Menjadi guru tidak hanya membutuhkan kesabaran dan pita suara ekstra kuat, tapi juga kestabilan mental dan pengendalian emosi yang baik. Untuk itu, tiga hal di atas bisa menjadi jalan untuk mengontrol diri. Melihat ke bawah diperlukan agar para guru senantiasa bersyukur. Sedangkan menengok sawah membawa atmosfer kedamaian dalam pikiran yang berkecamuk memikirkan siswa. Terakhir, mengitari lembah tidak kalah pentingnya dalam rangka merawat raga. Sebanyak apa pun tugas dari sekolah, beserta tekanan mental di dalamnya, ia bisa dikerjakan dan dihadapi satu per satu dengan kondisi tubuh yang segar.


Penyunting: Putra

4

0

Komentar (4)

EKA MULIA WARDINI, S.Pd

Dec 14, 2023

Tips yang sangat bermanfaat untuk mengobati penatnya fisik dan mental guru di lingkup pendidikan. tulisan yang sangat real dengan keadaan guru saat ini 💫
Moldura

AMMAR MACHMUD

Dec 14, 2023

Tawaran solusi kesehatan mentalnya keren

Nada Zulfa

Dec 14, 2023

MasyaaAllah tulisan yang sangat luar biasa

Lihat Komentar Lainnya

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Ruang Guru Untuk Tumbuh

Dewi Oktaviani

Dec 28, 2023
4 min
Memahami Karakteristik Kurikulum Merdeka: Siap Menjadi Agen Perubahan Bangsa!
4 min
Meningkatkan Efisiensi dan Keamanan Administrasi Sekolah Melalui Tanda Tangan Digital
3 min
Pembelajaran Berdeferensiasi Solusi Menyongsong Indonesia Emas
2 min
Upaya Peningkatan Literasi Guru dengan Diklat Guru Penggerak

SAMINO, S.Pd

Sep 26, 2023
2 min
Menilik Urgensi Kesehatan Mental Guru
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar