Kesehatan Mental Guru Sangat Penting - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 22 Nov 2023

Kesehatan Mental Guru Sangat Penting

Kesehatan mental guru adalah hal yang paling penting bagi lembaga pendidikan, karena guru yang sehat akan memberikan dampak yang baik pada kegiatan pembelajaran. Begitu juga sebaliknya ketika kesehatan guru terganggu, secara tidak langsung akan mempengaruhi efektivitas pembelajaran.

Seputar Guru

Neneng Leni

Kunjungi Profile
571x
Bagikan

Guru merupakan bagian integral bagi lingkungan pendidikan, oleh karena itu kesejahteraan dan mentalnya memiliki dampak pada proses pembelajaran. Maka dari itu, kesehatan mental guru sangat penting. Sebab mereka akan ikut andil dalam perkembangan siswa dan memiliki peran dalam memengaruhi kualitas dan efektivitas pendidikan.

Diawal tahun pembelajaran guru cenderung semangat untuk mengawali efektivitas pembelajaran nya. Namun, hal tersebut hanya bertahan beberapa bulan saja. Sebagian guru di tengah semester banyak yang semangatnya menurun, dan semua itu disebabkan oleh berbagai faktor.

Faktor yang Menyebabkan Kesehatan Terganggu.

1. Lingkungan kerja yang tidak nyaman.

Lingkungan kerja merupakan salah satu tempat yang memiliki dampak besar terhadap guru, karena mereka akan menghabiskan sebagian waktunya ditempat tersebut. Oleh sebab itu, sebisa mungkin ciptakan suasana yang nyaman di tempat kerja dengan seluruh stakeholder di sekolah tersebut.

2. Menumpuknya tugas administrasi sekolah

Seringkali guru kewalahan dengan tugas atau administrasi yang harus mereka kerjakan. Selain harus fokus dalam mengajar, mereka juga harus mengerjakan banyak administrasi. Hal tersebut sering mengakibatkan sebagian guru mengalami stress yang berlebihan sehingga menimbulkan mentalnya terganggu.

3. Honor yang didapatkan tidak sesuai harapan.

Kesehatan guru banyak yang terganggu, apalagi guru yang mengabdikan diri di sebuah lembaga pendidikan dengan status guru honorer. Mereka harus berupaya untuk mencari tambahan pendapatan, berjuang di tempat lain untuk bisa menutupi semua kebutuhan.

Sedangkan honor yang mereka dapatkan tidak mencukupi segala keperluan, mereka bergelut dengan mengerjakan tanggung jawab sebagai guru, dan berupaya untuk memenuhi tuntutan hidup yang banyak.

Itulah faktor-faktor yang menyebabkan kesehatan guru terganggu. Namun, semua itu harus segera diatasi agar tidak berdampak terhadap keberlangsungan proses belajar mengajar, jangan sampai peserta didik terabaikan.

Bagaimana Cara Mengatasi Kesehatan Mental Guru?

1. Buat diri nyaman

Buatlah nyaman dengan semua pekerjaan, jangan sampai dijadikan beban. Salah satunya bisa dengan melakukan hobi yang disukai, menjaga kesehatan dengan pola makan yang baik, dan juga menghindari lingkungan yang membawa pengaruh buruk.

2. Bersikap adil dan disiplin

Lakukanlah pekerjaan secara proporsional sesuai tugas pokok dan fungsinya. Meskipun banyak tugas-tugas tambahan yang harus dikerjakan, tetapi tetap kita harus adil dan  mengingatkan diri untuk beristirahat.

Selain adil kita juga harus disiplin, dengan cara menerapkan skala prioritas yang harus dikerjakan. Pada intinya, manajemen waktu yang baik membuat hidup kita lebih teratur dan terarah, yang menunjang kesehatan mental kita  pada akhirnya.

Selain mengetahui faktor yang menyebabkan kesehatan terganggu, dan cara mengatasi kesehatan mental.  Alangkah baiknya juga mengetahui mengenai alasan kenapa guru harus memiliki mental yang baik.

Alasan Guru Harus Memiliki Mental yang Baik

1. Guru sebagai model

Bagi siswa guru itu bukan hanya pengajar, tetapi adalah role model. Baik dari perilaku, sikap, dan mental positif serta kemampuan dalam mengatasi tantangan.

2. Dampak terhadap pembelajaran

Guru yang kesehatan mentalnya baik,  cenderung lebih efektif ketika mengajar dan berinteraksi dengan siswa. Karena mereka dapat mengelola stres dengan lebih baik, berkomunikasi lancar, dan menciptakan lingkungan belajar yang positif.

3. Kreatif dan inovasi

Ketika guru memiliki kesehatan mental baik, maka akan mendorongnya untuk kreatif dan berinovasi dalam kegiatan pembelajaran.

4. Interaksi yang baik

Untuk yang terakhir adalah ketika memiliki interaksi yang baik, maka akan mempengaruhi interaksi dengan berbagai pihak. Baik dengan sesama guru, staf, orang tua, seluruh siswa beserta masyarakat.

Itulah pembahasan mengenai kesehatan mental guru. Dari segi faktor penyebab kesehatan terganggu, cara mengatasi kesehatan mental guru, dan alasan guru harus memiliki mental yang baik.
Dari ketiga hal di atas intinya bahwa  kesehatan mental guru adalah yang paling utama. Karena untuk menentukan masa depan anak bangsa.

Kesehatan mental guru adalah hal paling penting bagi sistem pendidikan,  oleh karena itu alangkah baiknya lembaga sekolah dapat menghindari faktor-faktor penyebab kesehatan guru terganggu. Selain itu lembaga tersebut harus dapat mengatasi kesehatan mental guru agar terciptanya mental yang baik bagi seluruh guru.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Inovasi dan Sinergi Warga Sekolah Penuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta
2 min
MENJAGA KESEHATAN MENTAL BAGI GURU

Mulatsih

Nov 20, 2023
2 min
Press release GIA 30 | Strategi Jitu PPDB dan MPLS 2024: Sukses Menerima Siswa Baru dan Membangun Generasi Unggul
3 min
Tips Membuat Soal Ujian HOTS (Higher Order Thinking Skill)
5 min
Padlet! Media Kekinian untuk Memotivasi Siswa Lebih Aktif
5 min
Gen z jadi Guru, Kenapa Tidak?
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar