Sriyanti Ladiku, SP

Guru Kejuruan

Kunjungi Profil

Menjadi Guru Inovatif

Menjadi Guru Inovatif

Menjadi seorang guru adalah tugas mulia yang keberadaannya akan dirasakan sepanjang hayat oleh peserta didik.  Bayangkan saja seorang anak sejak memasuki bangku sekolah pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Atas mereka setiap harinya berhadapan dengan guru.  Sosok guru sedikit banyak akan membekas dalam diri siswa.  Lantas sosok seperti apa yang akan ditinggalkan oleh seorang guru terhadap siswanya? Apakah seorang guru yang biasa-biasa saja? Atau guru yang penuh dengan ide kreatif dan inovasi?  Semua tergantung guru itu sendiri.

Kita tentu ingin memberi kesan selama profesi guru itu kita sandang.  Bagaimana kita menjadi pengajar yang penuh dengan pembaruan-pembaruan atau inovasi, baik inovasi dalam hal kompetensi pedagogik maupun inovasi dalam pengembangan diri sebagai guru.  Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam meramu media ajar, strategi pembelajaran atau pengelolaan kelas selama pembelajaran.  Sedangkan pengembangan diri sebagai guru merupakan kompetensi lain di luar pengelolaan pembelajaran.

Inovasi tentunya tidak terbatas pada lingkup belajar mengajar.  Seorang guru dalam hal berorganisasi dapat melakukan pengembangan diri melalui komunitasnya, baik sesama guru mata pelajaran yang kita kenal dengan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) maupun lintas mata pelajaran, bahkan lintas profesi.

Inovasi bagi seorang guru dapat dilakukan melalui berbagai hal dan cara.  Berikut ini tips dan triknya :

Pertama, Tidak monoton.  Inovasi dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan pengembangan strategi mengajar atau dikenal dengan diferensiasi pembelajaran.  Kalau biasanya guru hanya menggunakan satu metode yakni ceramah, di lain waktu guru dapat mengkombinasikan beberapa metode seperti demonstrasi atau projek.  Pada saat evaluasi siswa bukan hanya mengerjakan soal, tetapi bisa dalam bentuk presentasi, makalah, video, rekaman audio atau produk yang dapat menunjukkan ketercapaian tujuan pembelajaran.  Guru juga dapat memanfaatkan lingkungan sebagai media ajar.  Pada saat mengajar bukanlah halangan jika ketiadaan salah satu komponen bahan ajar atau bahan praktek.  Namun bagaimana meminimalisir keadaan tersebut dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai prototype media ajar.

Kedua, mampu berselancar di dunia internet.  Internet saat ini bukan barang baru lagi di dunia pendidikan sebagai wadah mencari informasi lain mengenai media ajar selain buku atau modul pelajaran.  Begitu banyak buku dan modul elektronik (e-book) serta video pembelajaran yang tersebar melalui berbagai platform.  Beragam tutorial pembelajaran tersedia.  Guru dapat menggerakkan siswa untuk bersama-sama mengeksplor apa yang ingin dipelajari.  Hal ini bisa jadi akan menginspirasi guru dalam menemukan ide-ide baru.

Ketiga, berkolaborasi.  Guru sejatinya membangun kerja sama atau dapat berkolaborasi baik dengan rekan guru di sekolah maupun di luar sekolah.  Dengan berkolaborasi guru dapat menerima saran maupun kritik, saling bertukar ide atau sekedar menuangkan ide-ide kreatif sehingga dapat dikolaborasikan dengan rekan sejawat.

Keempat, mau menerima pembaruan.  Guru inovatif adalah guru yang siap menerima berbagai pembaruan.  Guru yang bisa membuka diri tentang hal-hal baru.  Secara mandiri mau melakukan perubahan dan bersikap mandiri belajar.  Bukan hanya menunggu pelatihan yang diadakan oleh dinas terkait.  Sebagai contoh, mengikuti berbagai pelatihan, webinar ataupun workshop dengan keinginan dan tekad untuk melakukan perubahan. Seperti kita ketahui bersama bahwa dengan adanya pandemi covid-19 hal ini banyak dilakukan secara virtual.  Begitu banyak pelatihan baik yang dilaksanakan oleh Dirjen Pendidikan maupun oleh pihak swasta.  Berbagai metode, strategi dan media ajar hingga cara membuat asesmen secara online ditawarkan untuk menunjang pembelajaran selama masa pandemi.

Kelima, mendokumentasikan karya.  Guru inovatif tak lengkap bila tidak mendokumentasikan hasil karyanya.  Bisa melalui tulisan di berbagai media, buku, modul, video pembelajaran atau dapat pula menciptakan media pembelajaran yang dapat digunakan oleh sesama guru.  Dokumentasi yang menarik bisa jadi akan menjadi sumber income baru bagi guru.  Guru bisa menjadi penulis buku, blog atau artikel.  Guru dapat membuat video pembelajaran dan diunggah ke platform youtube sehingga bisa dinikmati oleh guru lain di tanah air. Guru juga bisa menjadi narasumber untuk mempresentasikan hasil inovasinya di berbagai kesempatan.  Bukan tentang berapa banyaknya karya, namun seberapa bermanfaatnya karya tersebut bagi orang lain.

Itulah sekelumit tips dan trik menjadi guru inovatif. Menjadi seorang guru inovatif tidaklah rumit.  Pesan guru kita Ki Hajar Dewantara, "Ing ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karsa, Tut Wuri Handayani.”  Guru sebagai panutan jika diposisikan di depan, guru harus bisa memotivasi jika berada di tengah, dan guru hendaklah menjadi penyemangat dan pendorong perubahan.

Izinkan penulis untuk mengutip kalimat bijak dari seorang Najwa Shihab yang beliau sampaikan pada sebuah webinar bahwa “yang kita perlukan bukan kemampuan teknis dalam mengoperasikan sesuatu, tapi ketangguhan dan kesabaran untuk selalu mau belajar hal baru”.  Salam Guru Inovatif.


Komentar (13)

Tuliskan Komentar Anda

Komentar Terbaru

Ben hur
2 bulan yang lalu

Mantap ibu, sangat² menginspirasi


Miskel Andi Maryam
2 bulan yang lalu

Sy sangat setuju dan akan selalu mendukung inofasi dalam pembelajaran sebagai guru terus semagat dan jangan lupa memulai setiap berbuatan dengan berdoa karna kita hanya seorang hamba yg dipakainya dalam bekerja....🌹😁😆


Resal Vulisa
2 bulan yang lalu

Menginspirqsi guru mudah seperti sy😊😇😇😇


Mulyati Bangi, S. Pd
2 bulan yang lalu

Keren Bu, sangat menginspirasi.


Sumartin 11
2 bulan yang lalu

Mantap.. Sangat mengispirasi


Lestiana Dewi Indah, S.Pd
2 bulan yang lalu

Keren banget ibu, terimakasih banyak atas ilmunya 🥰🥰


Imaliana, M.Pd.
2 bulan yang lalu

Saya sangat terkesan dengan tips untuk selalu mendokumentasikan hasil karya. Dengan mendokumentasikan hasil karya, kita akan mengetahui sejauh mana langkah kita dalam mewujudkan nilai inovatif pada diri. Keren sekali bu. 👍👍👍👍


Elis Noviana Hasibuan
2 bulan yang lalu

Sukses Bu guru, terus menginspirasi dan berkreasi


Diana Ladiku
2 bulan yang lalu

Sangat menginspirasi untuk kemajuan seorang guru


Nurul hikma aulia
2 bulan yang lalu

Semangat terus ibu😊