Kesehatan dan Mental Guru Terhadap Pembelajaran - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 30 Nov 2023

Kesehatan dan Mental Guru Terhadap Pembelajaran

Pembelajaran merupakan suatu proses pendidikan dimana adanya interaksi peserta didik dan pendidik mencapai suatu pendidikan. Oleh karena itu guru adalah salah satu tokoh pengaruh besar terhadap proses pembelajaran di sekolah.

Seputar Guru

Zakiyatu Rosidah, S.Hum

Kunjungi Profile
274x
Bagikan

Kesehatan bagi seseorang adalah aset kebutuhan hidup jangka panjang, oleh karena itu kesehatan adalah hal utama yang paling penting. Kesehatan juga tidak hanya jasmani saja, kesehatan rohani juga sangat penting. karena “ di setiap hati dan akal yang sehat, terdapat jasmani yang sehat” begitupun sebaliknya. Dalam Kesehatan mental yang biasa kita tahu dan itu juga termasuk kesehatan rohani. Kesehatan mental sendiri ada yang mengartikan bahwa kondisi atau suatu keadaan, sehingga manusia tersebut dapat menghadapi kesulitan dan menyelesaikan kesulitannya dengan caranya sendiri. Oleh karena itu guru harus benar-benar tau bagaimana keadaan mental dia sediri terutama mengelola emosional dengan berbagai orang dan keadaan hidupnya agar hidupnya tetap seimbang. 

Dalam ilmu kesehatan mental segala sesuatu yang menyangkut kepribadian, khususnya kesanggupan untuk melakukan tugas , adalah sesuatu yang mendapatkan perhatian utama. Sehingga kepribadian sendiri harus bisa mengatur bagaimana kebutuhan diri sendiri bisa terpenuhi. Jadi seseorang tersebut bisa di katakan mempunya kesehatan mental dengan baik dan bisa mengelolanya juga dengan baik. 

Dalam kesehatan mempunyai bentuk bagaimana kesehatan mental itu terjaga dengan baik. Bentuk-bentuk mental yang baik adalah : 

1. Terhindar dari gangguan jiwa

Ganguan jiwa sendiri sangat terkenal dengan gangguan mental dan gangguan kepribadiannya sendiri. Gangguan jiwa juga berpengaruh penting dari pola pikir seseorang dan perilaku seseorang tersebut. 

2. Dapat menyesuaikan diri 

Hal kecil yang selalu di sepelakan adalah penyesuaian diri kepada orang lain. Apalagi di zaman sekarang banyak sekali penyesuaian sangat tidak di seimbangkan dengan gengsi kehidupan seseorang.

3. Memanfaatkan potensi semaksimal mungkin 

Potensi biasanya orang tidak mengetahuai kalau dirinya bisa memberikan ke pada semua pihak dengan semaksimal mungkin karena dari diri seseorang tersebut tidak mempunyai kepercayaan diri. Kepercayaan diri tersebut sangat berpengaruh penting terhadap kemaksimalan untuk memanfaatkan potensi. 

4. Tercapai kebahagian pribadi dan orang lain


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

5 Manfaat Utama Administrasi Digital dalam Pendidikan, manfaat ketiga juga membuatmu berkontribusi menyelamatkan lingkungan
4 min
Literasi Digital Pemrograman Asyik dengan Flowgorithm

era suci pratiwi

Sep 05, 2023
1 min
Murid Butuh Guru Yang Bahagia, Guru Butuh Lingkungan Yang mendukung Agar Bahagia
Kesehatan Mental Guru, Itu yang paling Utama

SHANIA DWI SANDI

Nov 15, 2023
2 min
Kurikulum Merdeka Sebagai Pemulihan Pembelajaran
2 min
GI Class #96 | Supervisi Guru untuk Meningkatkan Kompetensi
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar