Game Edukasi Wordwall, Solusi Mengatasi Kejenuhan dalam Pembelajaran - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 16 Des 2022

Game Edukasi Wordwall, Solusi Mengatasi Kejenuhan dalam Pembelajaran

Digitalisasi merupakan proses perubahan yang terjadi pada teknologi dari yang sebelumnya analog ke digital. Proses tersebut dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdampak pada hadirnya berbagai variasi-variasi dalam aktivitas sehari-hari, salah satunya pendidikan. Oleh sebab itu, pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan bukanlah hal yang baru. Eksistensinya dalam berbagai aktivitas merupakan sesuatu yang tidak terhindarkan dalam Revolusi Industri 4.0. Artinya, digitalisasi merupakan bagian penting dalam pergerakan dari tradisional ke yang modern. Berbagai macam perpindahan dan pergerakan tersebut salah satunya terimplementasi dalam dunia pendidikan. 

Metode Mengajar

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
18973x
Bagikan

Digitalisasi merupakan proses perubahan yang terjadi pada teknologi dari yang sebelumnya analog ke digital. Proses tersebut dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdampak pada hadirnya berbagai variasi-variasi dalam aktivitas sehari-hari, salah satunya pendidikan. Oleh sebab itu, pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan bukanlah hal yang baru. Eksistensinya dalam berbagai aktivitas merupakan sesuatu yang tidak terhindarkan dalam Revolusi Industri 4.0. Artinya, digitalisasi merupakan bagian penting dalam pergerakan dari tradisional ke yang modern. Berbagai macam perpindahan dan pergerakan tersebut salah satunya terimplementasi dalam dunia pendidikan. 

Tenaga Pendidik Harus Mampu Menguasai Media Digitalisasi
Tenaga Pendidik Harus Mampu Menguasai Media Digitalisasi (Sumber: Canva)

Sebagai respons terhadap pengaruh digitalisasi dalam pendidikan, Anda harus up to date dalam memilih media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan mempengaruhi capaian pembelajaran yang maksimal. Tenaga pendidik dapat memanfaatkan media-media digital pendidikan untuk kuis edukasi, refleksi, fun game, maupun permainan-permainan sederhana untuk memudahkan penyampaian materi ajar. 

Ada berbagai macam aplikasi digital yang dapat Anda manfaatkan dalam pembelajaran. Sebut saja platform Kahoot.id, Quizizz, Google Form, Educandy, dan Wordwall. Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk berkenalan dengan salah satu aplikasi media pembelajaran, yakni Wordwall.

Apa itu aplikasi Wordwall? Apa saja kelebihannya? dan Bagaimana sih penerapannya dalam pembelajaran? Simak penjelasan sampai akhir ya!

Wordwall sebagai Media Pembelajaran

Salah satu pendekatan paling efektif dalam pembelajaran adalah mengenal peserta didik dengan lebih dekat. Pada zaman saat ini, peserta didik cenderung lebih dekat dengan yang digital, seperti media sosial dan game. Oleh karena itu, tenaga pendidik dapat memanfaatkan game edukasi sebagai “alat” untuk mendekati peserta didik. Menurut Handriyantini (2009), game edukasi adalah salah satu jenis media yang digunakan dalam memberikan pengajaran berupa permainan dengan tujuan untuk merangsang daya pikir dan meningkatkan konsentrasi melalui media yang unik dan menarik. Seperangkat game edukasi tersebut tercermin dalam aplikasi Wordwall. 

Media Edukasi WordWall (Sumber: BrandFetch)

Wordwall merupakan aplikasi berbasis website yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran seperti kuis interaktif, memasangkan pasangan, acak kata, dan anagram. Ada banyak fitur yang dapat Anda pilih sehingga memberikan banyak kemungkinan variasi dalam penyampaian materi ajar. Aplikasi ini menyediakan 18 template yang dapat diakses secara gratis. 

Penerapan Wordwall dalam Pembelajaran

Banyak fitur yang dapat Bapak/Ibu gunakan dalam aplikasi ini. Selain itu, penerapannya juga sangat mudah digunakan. Berikut merupakan tahapan memanfaatkan aplikasi ini.

  • Buatlah akun terlebih dahulu melalui laman https://wordwall.net/id , masukkan nama, email, kata sandi, dan informasi lainnya.
  • Pilihlah menu “Buat Aktivitas atau Create Activity” lalu pilihlah salah satu template aktivitas yang disediakan.
18 Template Permainan dalam Wordwall (Sumber: Wordwall.net)
  • Tulislah judul dan deskripsi permainan pada bagian
  • Masukkanlah konten materi ajar yang sesuai dengan tipe permainan yang Anda inginkan.
Tampilan Layar Menu Konten dan Materi Ajar (Sumber: Wordwall.net)
  • Klik "Done" jika telah selesai. Aplikasi siap digunakan dan dibagikan kepada peserta didik.

Untuk mempermudah memahami bagaimana sih penerapan Wordwall dalam pembelajaran, tim Guru Inovatif.id telah membuat simulasi pembelajarannya. Anda dapat mengklik  >> Simulasi Permainan Wordwall dalam Pembelajaran. <<

Fungsi Wordwall dalam Pembelajaran

Dengan memvariasikan metode dan gaya ajar, peserta didik menjadi tidak jenuh selama pembelajaran. Penggunaan aplikasi seperti Wordwall membuka ruang bagi siswa untuk berkreativitas dan berinovasi selama pembelajaran berlangsung. Selain itu, tampilan pembelajaran yang sedap dipandang akan meningkatkan wibawa dan kepercayaan tenaga pendidik di dalam kelas. Salah satu upaya mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan seperti di atas adalah dengan memanfaatkan fitur-fitur di Wordwall sebagai game edukasi. Berikut merupakan lima fungsi dan keunggulan Wordwall sebagai game edukasi dalam pembelajaran. 

1. Merangsang Perkembangan Daya Pikir dan Kepekaan Peserta Didik

Model permainan seperti mengisi kalimat rumpang, permainan pencocokkan, kuis game show, anagram, dan pasangan yang cocok dapat meningkatkan kepekaan peserta didik dalam materi ajar. Penerapan Wordwall sangat relevan dengan pembelajaran tata bahasa, teks edukasi, dan grammar. Namun, tentu saja dapat diaplikasikan ke berbagai pelajaran lainnya. 

2. Menciptakan Lingkungan Bermain yang Menarik, Kreatif, dan Inovatif

Tampilan layar yang dapat divariasikan disertai dengan suara latar belakang yang menarik membuat peserta didik antusias dalam pembelajaran. Selain itu, dari sudut pandang tenaga pendidik, Wordwall dapat menunjukan wibawa dan kepercayaan diri Anda dalam pembelajaran. Dari sudut pandang peserta didik, lingkungan belajar yang menarik memberikan kenyamanan dan keluwesan dalam mengikuti pembelajarannya. 

Peserta Didik Menjadi Antusias dalam Belajar (Sumber: Canva)

3. Meningkatkan Logika dan Pemahaman Peserta Didik

Permainan kata yang hilang, benar atau salah, pengurutan grup, dan kartu acak dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Mereka jadi lebih mudah untuk memberikan respons pemaparan materi ajar. Peserta didik dipacu untuk berpikir secara logis dan efisien selama pembelajaran.  

4. Media Edukasi Dua Arah yang Interaktif 

Kelebihan dari pembelajaran menggunakan Wordwall adalah terjadinya interaksi dua arah antara tenaga pendidik dan peserta didik. Interaksi tersebut memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk menyampaikan aspirasi dan pandangannya dalam pembelajaran. Dinamika kelas seperti inilah yang membuat suasana kelas menjadi hidup. 

Tenaga Pendidik dan Peserta Didik Berinteraksi Satu Sama Lain (Sumber: Canva)

5. Tolok Ukur Penilaian dan Kemampuan Peserta Didik

Fitur kuis dan permainan menentukan benar atau salah dapat menjadi bahan penilaian tenaga pendidik. Setelahnya, lakukanlah evaluasi terhadap efektivitas dari penerapan metode pembelajaran tersebut. Dengan demikian, Anda mendapatkan cara baru perihal bagaimana menguji kemampuan peserta didik dengan cara berbeda. 

Penutup

Desain materi pembelajaran yang menarik akan meningkatkan kepercayaan diri Bapak/Ibu dalam pembelajaran. Selain itu, tampilan layar yang warna warni disertai dengan lagu latar belakang yang menyenangkan akan mempermudah peserta didik mengingat materi ajar. Melalui permainan-permainan menarik, suasana kelas menjadi lebih interaktif, peserta didik menjadi antusias dengan materi yang diberikan. Oleh karena itu, kemampuan membuat permainan-permainan atau game pembelajaran sangat dibutuhkan tenaga pendidik dalam pembelajaran. 

Owh ya! salah satu langkah yang dapat Bapak/Ibu lakukan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam pembelajaran adalah dengan menjadi Member Premium Guru Inovatif. Selain harganya yang sangat bersahabat, fitur-fitur dan event yang ditawarkan juga relevan dengan kebutuhan Bapak/Ibu dalam pembelajaran. Oleh karena itu, jangan lupa klik Link Pendaftaran sekarang juga ya! Selamat belajar bersama-sama!

Penulis: Yandi Chidlir

Editor: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Book Launcher, Inovasi PjBL Berbasis Adab Kepemimpinan
STM Pikovi dalam Pembelajaran Projek Literasi Sains Siswa di Masa Pandemi

Hery Teguh Wiyono

Apr 21, 2022
3 min
5 Aplikasi Mengubah Kelas jadi Interaktif
6 min
Melatih Cara Berpikir Kritis Anak Melalui Strategi Pengajaran Literasi Digital

SELLY MAUREN

Aug 28, 2023
3 min
Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi yang Guru Harus Tahu!
3 min
Pembelajaran Online di Jepang Saat Pandemi – Bincang Guru Inovatif #3
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar