5 Aplikasi ini Akan Membuat Desain Presentasi Anda Semakin Ciamik - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 15 Des 2022

5 Aplikasi ini Akan Membuat Desain Presentasi Anda Semakin Ciamik

Dunia semakin berkembang mengikuti zaman. Perkembangan dan kemajuan teknologi yang pesat telah membawa banyak perubahan besar dalam semua aspek kehidupan. Perubahan tersebut tercermin dalam terjadinya perpindahan dari "yang tradisional" ke "yang modern". Perpindahan tersebut membuat ragam aktivitas berjalan dengan berbagai macam cara yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Secara tidak langsung, seperangkat pernyataan di atas mengarah kepada dua bentuk perubahan besar yaitu yang konvensional menuju yang digital. Perubahan tersebut dikenal sebagai era digitalisasi. 

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
83354x
Bagikan

Dunia semakin berkembang mengikuti zaman. Perkembangan dan kemajuan teknologi yang pesat telah membawa banyak perubahan besar dalam semua aspek kehidupan. Perubahan tersebut tercermin dalam terjadinya perpindahan dari "yang tradisional" ke "yang modern". Perpindahan tersebut membuat ragam aktivitas berjalan dengan berbagai macam cara yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Secara tidak langsung, seperangkat pernyataan di atas mengarah kepada dua bentuk perubahan besar yaitu yang konvensional menuju yang digital. Perubahan tersebut dikenal sebagai era digitalisasi

Dampak dari era digitalisasi mempengaruhi banyak aspek kehidupan mulai dari ekonomi, sosial, dan pendidikan. Sebagai contoh, beberapa tahun terakhir ini tenaga pendidik dituntut untuk dapat menguasai aplikasi-aplikasi sekolah online seperti Google Meeting dan Zoom. Anda juga harus mempelajari fitur-fitur yang bahkan tidak terbayangkan sama sekali sebelumnya. Lebih jauh, digitalisasi juga telah mengubah cara dan metode dalam menyampaikan materi ajar. 

Sebagai respons atas terjadinya perubahan dalam pendidikan, tenaga pendidik harus up to date agar dapat selalu dekat dengan peserta didik. Pengetahuan Anda perihal hal-hal kesukaan peserta didik, isu-isu yang sedang hangat, dan perkembangan teknologi lainnya dapat meningkatkan kepekaan untuk selalu berinovasi dalam setiap pembelajaran. Dengan demikian, sebagai salah satu upaya untuk menghindari suasana kelas yang stagnan dan membosankan, Seorang tenaga pendidik dapat memanfaatkan metode pembelajaran yang kreatif dan inspiratif dalam kemasan presentasi. 

Peserta didik bekerja sama membuat presentasi
Peserta didik bekerja sama membuat presentasi (Sumber: Canva)

Presentasi adalah metode pembelajaran komunikatif yaitu dengan menyampaikan suatu gagasan, ide, materi, dan sebagainya kepada audiens, yang salah satu diantaranya adalah peserta didik. Pada umumnya, tampilan presentasi terdiri atas poin-poin utama, definisi umum, gambar-gambar, animasi, dan grafik untuk memudahkan pemahaman terhadap materi ajar tertentu. Agar semua elemen tersebut dapat tercapai, diperlukan bahan presentasi yang menarik dan interaktif serta tidak membosankan  dalam pembelajaran. 

Bentuk media presentasi yang populer digunakan saat ini adalah dalam bentuk video pembelajaran, games, dan power point. Untuk membuat media-media pembelajaran tersebut dibutuhkan alat penunjang dalam bentuk software dan aplikasi. Berikut adalah daftar aplikasi dan software yang bisa tenaga pendidik manfaatkan dalam pembelajaran. Simak penjelasan sampai akhir ya!

Aplikasi-Aplikasi untuk Presentasi dalam Pembelajaran

1. Google Slides

Aplikasi Google Slides (Gslides) merupakan salah satu variasi produk dari perusahaan Google. Secara keseluruhan, tampilan dan fitur dalam Glides cukup mirip dengan aplikasi presentasi paling populer yaitu Microsoft Power Point. Perbedaan keduanya terletak pada kemudahan akses file secara real time dan dari perangkat dimana saja. Hal tersebut sejalan dengan tagline mereka yaitu “Buat, presentasikan, dan berkolaborasi pada presentasi online secara real time dan dari perangkat mana saja. 

Tampilan Google Slide (Sumber: https://www.google.com/intl/id_id/slides/about/)

Dalam pemanfaatannya, Anda dapat mengaksesnya melalui laman Google Slides. Anda cukup menyiapkan akun Google aktif lalu “boom”, Anda sudah dapat menggunakan GSlides. Selain itu, berikut kami rangkum beberapa kelebihan dari aplikasi tersebut seperti adanya fitur pengelolaan privasi, banyaknya template yang menarik, dapat diakses melalui smartphone, dan dapat dibuka secara real time. Selain itu, tenaga pendidik juga dapat menjadi pendamping mengenai tugas peserta didik, baik secara kelompok dan individu dengan memanfaatkan fitur "Berikan komentar".

Tunggu apalagi? Yuk manfaatkan Gslides sebagai salah satu media pembelajaran. 

2. Canva

Canva merupakan aplikasi editing yang cukup populer digunakan saat ini. Walaupun pada dasarnya Canva merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat multiple post perihal konten-konten dan informasi tertentu, Canva juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Fitur-fitur yang ditawarkan Canva dapat membantu Anda membuat media mengajar seperti, membuat infografis, worksheet, poster, brosur, dan presentasi. 

Tampilan Presentasi Canva (Sumber: Canva)

Berbagai macam kemudahan ditawarkan dalam aplikasi ini, seperti tersedianya ratusan template, ribuan gambar grafis, dan dapat diakses dimana saja. Melalui Canva, Anda dapat membuat materi ajar lebih menarik dan inovatif. Selain itu, kemampuan akan aplikasi ini akan meningkatkan wibawa dan kepercayaan Bapak/Ibu dalam pembelajaran. 

Apabila materi ajar dikemas dengan menarik dan interaktif maka suasana kelas menjadi menyenangkan. Tenaga pendidik tidak menjadi satu-satunya aktor yang berbicara di dalam kelas tetapi juga peserta didik. Oleh sebab itu, mempelajari fitur-fitur dalam Canva dapat meningkatkan taraf pendidikan yang maksimal. 

3. Powtoon

Powtoon merupakan aplikasi pembelajaran online yang digunakan untuk presentasi maupun membuat animasi. Berbeda dengan dua platform sebelumnya, Powtoon tidak cukup populer. Padahal, Powtoon menyediakan berbagai macam fitur-fitur yang sangat kompleks seperti animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang ciamik. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan latar belakang suara yang menarik untuk dapat mempermudah peserta didik memahami materi pembelajaran. 

Tampilan Interface Powtoon (Sumber: Powtoon)

Pembelajaran dengan aplikasi dapat meningkatkan antusiasme peserta didik. Penyampaian materi ajar menjadi tidak monoton terbatas pada deretan kata-kata, tetapi disertai animasi-animasi yang relevan dengan materi ajar. Selain itu, hasil olah terhadap materi ajar juga dapat disimpan dalam bentuk format MP4, PDF, dan PPT. Sehingga, Bapak/Ibu dapat membagikan file pembelajaran kepada peserta didik sebagai penunjang pemahaman materi ajar. 

4. Prezi

Prezi merupakan perangkat lunak untuk mengelola presentasi secara online. Perangkat lunak ini memanfaatkan fitur Zooming User Interface (ZUI) yang memungkinkan tampilan presentasi memiliki efek memperbesar dan memperkecil media presentasi. Dalam pemanfaatannya terdapat dua pilihan slide yaitu secara linier dan non linier. 

Tampilan Prezi (Sumber: https://prezi.com/)

Secara keseluruhan, aplikasi Prezi merupakan media presentasi secara online. Namun, berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Prezi jauh lebih ketat perihal kebebasan menggunakan fitur. Apabila Anda tidak berlanggan akun pro atau premium Prezi, maka ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan. Tetapi, aplikasi Prezi masih dapat digunakan oleh tenaga pendidik untuk membuat laman presentasi yang berkualitas. 

5. Nearpod

Nearpod adalah aplikasi interaktif berbasis web yang dapat diterapkan dalam pembelajaran baik secara online maupun offline. Aplikasi ini menyediakan banyak fasilitas-fasilitas menarik sehingga pembelajaran dapat dikemas dalam bentuk yang lebih menarik dan profesional. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, penerapan Nearpod jauh lebih kompleks. Ada beberapa menu yang dapat digunakan dalam Nearpod seperti "Join a Lesson", “My Library”, "Report", “Nearpod Library”, “Teacher Resources”, dan “Create”.

Tampillan Nearpod (Sumber: Nearpod)

Dalam penerapannya, aplikasi ini banyak menawarkan paparan interaktif seperti “Time to Climb”, "Open Ended Questions", “Matching pairs”, Quiz, “Draw It”, "Poll", “Fill in the Blank”, dan "Memory Test". Keseluruhan fitur tersebutlah yang membuat aplikasi ini bersifat dua arah, peserta dan tenaga pendidik menjadi berinteraksi satu sama lain. 

Penutup

Itulah beberapa platform dan aplikasi yang dapat membuat penyampaian materi ajar menjadi interaktif dan menarik. Desain presentasi yang menarik akan membantu meningkatkan kepercayaan diri tenaga pendidik saat mengajar dan membuat presentasi Anda lebih mudah diperhatikan dan diingat oleh peserta didik. Melalui presentasi yang menggunakan infografis dan animasi yang menarik, materi yang Anda sampaikan akan lebih kredibel dan mudah dipahami. Selain itu slide presentasi yang menarik juga akan meningkatkan antusiasme dan minat siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, kemampuan membuat presentasi dengan aplikasi-aplikasi di atas sangat dibutuhkan oleh tenaga pendidik dimanapun. 

Owh ya! salah satu langkah yang dapat Bapak/Ibu lakukan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam pembelajaran adalah dengan menjadi Member Premium Guru Inovatif. Selain harganya yang sangat bersahabat, fitur-fitur dan event yang ditawarkan juga relevan dengan kebutuhan Bapak/Ibu dalam pembelajaran. Oleh karena itu, jangan lupa klik Link Pendaftaran sekarang juga ya! Selamat belajar bersama-sama!

Penulis: Yandi Chidlir

Editor: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Jadilah Guru yang Kreatif dan Inovatif

Rita Rofiana S.Pd

Jul 28, 2022
1 min
Pahlawan Tanpa Suara: Pentingnya Kesehatan Mental di Kalangan Guru

ANITA PARDEDE

Nov 28, 2023
2 min
Kesehatan Mental Guru Sangat Penting

Neneng Leni

Nov 22, 2023
2 min
Yuk Kenalan dengan Profil Pelajar Pancasila !
1 min
Perilaku Guru yang Dapat Menghambat Kemajuan Lembaga! Apa Saja?
1 min
Melatih Kecerdasan Emosional Anak di Dalam Kelas
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar