Revolusi Industri 4.0 Bersama Literasi Digital - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 09 Sep 2023

Revolusi Industri 4.0 Bersama Literasi Digital

Penguatan Litersai digital siswa dengan guru erat kaitannya dengan pembelajaran masa kini yaitu pendidikan era revolusi industri 4.0 yang memanfaatkan teknologi menjadi bagian dari pendidikan

Dunia Pendidikan

PUTRI SION TOBING

Kunjungi Profile
678x
Bagikan

Zaman terus berkembang dari waktu ke waktu tentunya diiringi dengan perubahan, seperti halnya pendidikan. Biasanya Para Ahli dan Tendik (Tenaga Pendidikan) mengatakan, pendidikan masa kini itu Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 bisa diartikan pendidikan yang berkolaborasi dengan teknologi. Oleh karena itu pendidik haruslah melek akan teknologi yang ada dan mengimplementasikan pada pengajarannya https://ombudsman.go.id/

Teknologi sekarang semacam menciptakan dunia yang menyenangkan bagi masyarakat khususnya peserta didik. Di bandingkan mencari informasi dengan membaca dari buku mereka lebih suka melihat informasi dari pencarian Google, lebih cepat dan instan. Oleh karena itu tantangan yang sangat besar bagi para pendidik untuk menguatkan minat mereka dalam membaca, seperti menampilkan soal-soal literasi dalam proses pembelajaran.

Agar peserta didik tidak jenuh guru memanfaatkan teknologi berupa media sosial yang ada, seperti memanfaatkan tiktok, instagram, Youtube, dan media sosial lainnya dalam mencari informasi atau bahkan memberikan (membuat) informasi secara langsung. Dengan memanfaatkan platform digital tersebut peserta didik menjadi lebih bersemangat dalam belajar. 

Pengguna sosial media di Indonesia saat ini sudah mencapai 60,4% dengan 167 juta pengguna hingga Januari 2023 dengan rata-rata penggunaan 7 jam perharinya  https://dataindonesia.id/. Literasi bisa dikatakan upaya melibatkan, mentransformasikan, menggunakan, serta memahami digital. Jika ini bisa kita manfaatkan dengan baik tentunya akan bagus bukan? Misalnya membuat konten-konten yang bermanfaat untuk siswa ,guru, bahkan masyarakat.

Dengan menerapkan pembelajaran 4.0 ini tentunya literasi digital akan meningkat, karena tak hanya berfokus kepada satu sumber saja, melainkan dengan teknologi yang biasa kita sebut dengan internet ini, membuka pintu-pintu informasi yang membuat kita semakin kaya akan pengetahuan. Akan tetapi kita juga perlu memfilter informasi yang didapatkan ya, agar informasi yang kita dapatkan itu real dan bukan hoaks.

Menggunakan dan memahami teknologi dengan baik juga merupakan bagian literasi digital, Sebagai pendidik guru haruslah memiliki literasi digital yang baik agar dapat menuntun para peserta didik melakukan hal yang sama misalnya tidak menggunakan sosial media untuk menyebarkan SARA dan ujaran kebencian, tidak memposting hal-hal yang diluar norma norma yang berlaku dan lain-lain.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Belenggu Pendidikan yang Mulai Terlepas
4 min
PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS DI SD NEGERI 096755 Perkebunan Maligas
Keluarga dan Sekolah sebagai basis Penguatan Literasi Digital yang Utama
SELF-EDUCATION : LAWAN HOAX SEJAK DINI

Iin Nuraini

Jan 15, 2024
5 min
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS BATIK NUSANTARA SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN BUDAYA LOKAL MENGHADAPI ABAD KE-21

AAS NAFILAH ILMI

May 24, 2023
4 min
Mungkinkah Indonesia Menjadi Negara Maju?

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar