Quiver Sebagai Media Pembelajaran Mewarnai - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 18 Mar 2023

Quiver Sebagai Media Pembelajaran Mewarnai

pemanfaatan Quiver sebagai media pembelajaran mewarnai dapat menjadi alternatif yang menarik dan efektif dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Dengan cara yang interaktif dan menarik, anak-anak dapat belajar mewarnai dengan lebih efektif dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan hasil bela

Cerita Guru

Ibrohim,S.Pd

Kunjungi Profile
2563x
Bagikan

Belajar melalui gambar dan warna merupakan cara yang efektif dan menyenangkan untuk memberikan konsep dan keterampilan kepada anak-anak. Selama bertahun-tahun, mewarnai telah menjadi kegiatan yang sangat populer di kalangan anak-anak, terutama di Sekolah Dasar. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi, media pembelajaran mewarnai pun semakin beragam, salah satunya adalah dengan menggunakan Quiver.

Quiver adalah aplikasi yang memungkinkan gambar di buku mewarnai menjadi hidup dan bergerak menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Cara kerja aplikasi ini sangat sederhana, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Quiver di smartphone atau tablet, dan menempatkan perangkat kamera tersebut di atas gambar yang sudah diwarnai di buku mewarnai. Nantinya, gambar tersebut akan langsung bergerak dan hidup di layar perangkat dengan interaksi yang menarik.

Pemanfaatan Quiver sebagai media pembelajaran mewarnai memiliki beberapa keutamaan, antara lain:

  1. Menarik perhatian anak ‚Äď Gambar yang diwarnai akan menjadi hidup dan bergerak. Hal ini tentunya akan menarik perhatian anak dan membuat mereka lebih semangat dalam belajar mewarnai. Anak-anak juga akan merasa senang dan terkesan ketika melihat gambar yang diwarnainya menjadi hidup.
  2. Meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak ‚Äď Dengan Quiver, anak-anak dapat belajar mewarnai dengan cara yang lebih kreatif dan interaktif. Anak-anak dapat melihat gambar yang diwarnainya menjadi hidup dan bergerak, sehingga dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas mereka.
  3. Meningkatkan hasil belajar anak ‚Äď Pemanfaatan Quiver sebagai media pembelajaran mewarnai juga dapat meningkatkan hasil belajar anak. Dengan cara yang interaktif dan menarik, anak-anak akan lebih mudah memahami konsep dan keterampilan yang diajarkan. Selain itu, Quiver juga dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan kemampuan motorik halus dan koordinasi antara tangan dan mata.
  4. Mudah diakses dan digunakan ‚Äď Aplikasi Quiver dapat diunduh dengan mudah di smartphone atau tablet, dan buku mewarnai yang sudah dilengkapi dengan gambar. Quiver juga sudah tersedia di pasaran. Hal ini membuat pemanfaatan Quiver sebagai media pembelajaran mewarnai sangat mudah diakses dan digunakan oleh anak-anak.

Dalam konteks pendidikan di Sekolah Dasar, pemanfaatan Quiver sebagai media pembelajaran mewarnai dapat membantu guru dalam mengajar anak-anak dengan cara yang lebih menarik dan efektif. Selain itu, Quiver juga dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan kreativitas, imajinasi, serta kemampuan motorik halus serta koordinasi antara tangan dan mata.

Namun perlu diingat bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran tidak dapat menggantikan peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Quiver harus digunakan sebagai media pembelajaran yang mendukung proses belajar mengajar, bukan sebagai pengganti interaksi antara guru dan siswa.

Dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan Quiver sebagai media pembelajaran mewarnai, perlu juga dilakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa setelah menggunakan Quiver. Evaluasi tersebut dapat membantu guru untuk mengetahui efektivitas penggunaan Quiver dan memberikan masukan untuk proses pengembangan pembelajaran di masa depan.

Kesimpulan, pemanfaatan Quiver sebagai media pembelajaran mewarnai dapat menjadi alternatif yang menarik dan efektif dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Dengan cara yang interaktif dan menarik, anak-anak dapat belajar mewarnai dengan lebih efektif dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Namun perlu diingat bahwa penggunaan teknologi harus dilakukan dengan bijak dan tidak menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan Quiver sebagai media pembelajaran mewarnai untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Quiver adalah aplikasi yang memungkinkan gambar di buku mewarnai menjadi hidup dan bergerak menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Artikel ini menyebutkan keuntungan pemanfaatan Quiver, yaitu menarik perhatian anak, meningkatkan imajinasi dan kreativitas, meningkatkan hasil belajar, dan mudah diakses dan digunakan. Namun perlu diingat bahwa penggunaan Quiver harus tetap dilakukan dengan bijak dan tidak menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran. Evaluasi terhadap hasil belajar siswa setelah menggunakan Quiver juga perlu dilakukan.


Penulis: Ibrohim, S.Pd.
Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kisah Saya Menjadi Guru Literasi di Tengah Pandemi Covid-19
3 min
Apa kabar ibu bapak guru?
4 min
Kisahku Menjadi Seorang Guru di Indonesia
Tingkatkan Kompetensi Guru di Era Digital Melalui Lomba Menulis Artikel Guru Inovatif

Riky Aprilianto

Apr 01, 2022
3 min
Resep Menjadi Guru Inovatif

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar