Edukasi Digital Melalui Pengembangan Aplikasi Aku Pintar Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Digital Siswa dan Guru - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 06 Sep 2023

Edukasi Digital Melalui Pengembangan Aplikasi Aku Pintar Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Digital Siswa dan Guru

Edukasi Digital melalui Pengembangan Aplikasi "Aku Pintar" merupakan inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan literasi digital baik bagi siswa maupun guru. Aplikasi ini dirancang sebagai alat pembelajaran interaktif yang memberikan akses kepada pengguna untuk memahami konsep-konsep digital.

Cerita Guru

Danang Mahmudi

Kunjungi Profile
1355x
Bagikan

Perkembangan teknologi berbasis android dalam beberapa tahun belakangan ini menjadi sangat populer. Karena meningkatnya pengguna handphone dengan sistem android juga semakin meningkat, kesempatan itu mendorong para produsen handphone untuk saling bersaing dan berinovasi dalam menciptakan android dengan berbagai tipe disertai kecanggihannya masing-masing. Handphone dengan sistem android ini dilengkapi dengan fitur-fitur aplikasi penunjang yang membuat menarik penggunanya. Aplikasi-aplikasi itu berupa aplikasi chat, game, edukasi, pencarian, dan lain-lain. Hal ini, tentunya menjadi ladang para kreator aplikasi untuk mengembangkan keahliannya sehingga dapat menghasilkan karya bahkan royalti. Karena aplikasi yang didaftarkan atau diupload secara resmi melalui toko aplikasi Google Play Store, memperolah royalti dari banyaknya terdownload dan iklan yang dipasang.

Pada kali ini penulis mengembangkan sebuah aplikasi edukasi yang dibuat sendiri, khususnya aplikasi edukasi dalam pembelajaran di sekolah. Aplikasi yang akan saya perkenalkan ini berupa aplikasi sederhana untuk mempermudah pembelajaran di SMP Negeri 5 Demak, karena melihat kondisi saat ini pembelajaran masih menggunakan sistem luring dan daring. Pembuatan aplikasi ini bertujuan yang pertama untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal lainnya, bertujuan untuk berinovasi dan meningkatkan kreativitas dalam menggunakan media pembelajaran yang interaktif sehingga membuat siswa tidak jenuh dalam pembelajaran luring atau tatap muka. 

Memang banyak aplikasi atau platform media pembelajaran di internet yang bisa digunakan dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dan mudah untuk dipelajari. Sebagai seorang pendidik harus juga mampu menciptakan media pembelajaran yang interaktif untuk siswa dan guru lain agar lebih meningkatkan kemampuan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sehingga tidak ketinggalan zaman. Pengembangan aplikasi ini dipelajari dari pelatihan guru baik secara tatap muka maupun melalui daring dari berbagai sumber media penyedia pelatihan. Sumber belajar dalam pembuatan aplikasi ini juga berasal dari youtube, instagram, maupun tutorial-tutorial di web pengembang aplikasi. 

Aplikasi media pembelajaran interaktif yang saya buat ini diberi nama “Aku Pintar” dengan tagline “Cakap Berbahasa Indonesia No 1”. Nama tersebut dipilih dengan maksud setiap siswa yang belajar dengan media aplikasi “Aku Pintar” dapat termotivasi untuk semangat belajar dan berusaha terus untuk berproses sehingga muncul kata, “Sebenarnya aku bisa dan pintar dalam diri siswa”. Tagline “Cakap Berbahasa Indonesia No 1”, tentunya karena sesuai bidang studi saya.  Aplikasi ini memiliki logo burung beo berwarna-warni, pemilihan logo ini karena burung beo merupakan salah satu burung pintar. Burung beo dapat berproses dan berlatih untuk bisa berbicara seperti manusia ataupun mengikuti perintah  namun tetap berpendirian teguh.  Sebenarnya aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mata pelajaran yang lain sesuai pengembangnya. 

Aplikasi “ Aku Pintar” dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi kreator bernama Sketchware App.  Aplikasi kreator ini digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi tanpa coding sehingga mudah untuk dijadikan sebagai pengembangan pembuatan aplikasi. Aplikasi Aku pintar memiliki fitur berupa halaman splashscreen, halaman login, halaman daftar, halaman lupa password, menu utama (berisi fitur kelas pintar, kursi pintar, dan akun pintar) dan penggunaan tombol yang mudah digunakan. Aplikasi ini juga ada fitur kontak WA sehingga jika ada pertanyaan atau permasalahan bisa langsung konsultasi dengan guru.

Menu pintar yang pertama adalah kelas pintar yang berisi materi, rangkuman, dan kuis. Materi berisi penjelasan materi berupa video yang terhubung dengan youtube. Rangkuman berupa ringkasan materi dalam bentuk file pdf, word, power point, ataupun gambar. Kuis berupa pertanyaan interaktif dengan bentuk penskoran. Menu pintar  yang kedua adalah kursi pintar yang berisi game edukasi dan tes kemampuan. Game edukasi berupa permainan yang berhubungan dengan materi tetapi dikemas dengan game online yang menarik dan menyenangkan. Tes kemampuan berisi penilaian dengan sistem penskoran dan disusun menggunakan sistem online yang menarik. Menu pintar yang ketiga adalah akun pintar yang berisi data akun pengguna aplikasi.

      (Sumber Foto Pribadi: Screenshoot halaman menu aplikasi Aku Pintar)

Aplikasi “Aku Pintar” telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang ada di SMP Negeri 5 Demak. Setelah divalidasi, aplikasi disosialisasikan dan diuji cobakan kepada guru dan siswa. Kemudian dievaluasi dan pemberian testimoni penggguna aplikasi, produk aplikasi siap digunakan dan dimplementasikan dalam pembelajaran. Aplikasi yang sudah saya kembangkan tersebut, harapan kedepannya akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan belajar murid juga perkembangan kurikulum di sekolah. Untuk menindaklanjuti harapan saya tersebut, saya akan merancang kegiatan In House Training (IHT) melalui komunitas belajar guru di SMP Negeri 5 Demak untuk bisa meningkatkan pemahaman dan kemampuan literasi digital. Terutama untuk guru yang sudah bersertifikasi yang harus bisa meningkatkan kualitas diri untuk terus berkembang.


Penyunting: Putra

1

1

Komentar (1)

SRI DEWI PUJI ASTUTIK

Sep 06, 2023

Inovasi yang menarik karena kita bisa berkreasi sendiri sesuai dengan kebutuhan siswa. Apalagi dengan aplikasi digital edukasi yang interaktif
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Literasi Menyatukan Alumni (upaya menggerakkan literasi sekolah)
3 min
Tips dan Trik Mengajar Daring
2 min
Nulis Bareng dengan Hati
Murid sering Tertidur saat Kamu Mengajar? Ayo Terapkan Trik Inovatif Ini!
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB