Platform Digital sebagai Sarana Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 06 Sep 2023

Platform Digital sebagai Sarana Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru

Dalam era digital ini, kemampuan literasi digital bukanlah sekadar kemewahan, melainkan menjadi suatu kebutuhan yang krusial. Literasi digital tidak hanya mencakup kemampuan dasar dalam menggunakan teknologi digital, tetapi juga pemahaman yang mendalam tentang dampaknya terhadap kehidupan kita.

Pelatihan Guru

AFWAN YAZID

Kunjungi Profile
1401x
Bagikan

Dalam era digital ini, kemampuan literasi digital bukanlah sekadar kemewahan, melainkan menjadi suatu kebutuhan yang krusial. Literasi digital tidak hanya mencakup kemampuan dasar dalam menggunakan teknologi digital, tetapi juga pemahaman yang mendalam tentang dampaknya terhadap kehidupan kita. Dalam konteks pendidikan, literasi digital menjadi salah satu aspek penting yang harus dikuasai baik oleh siswa maupun guru. Munculnya berbagai platform digital telah menjadi sarana penguatan literasi digital yang sangat relevan dalam dunia pendidikan.

1. Akses Terhadap Informasi

Salah satu manfaat utama dari penggunaan platform digital adalah akses yang cepat dan luas terhadap informasi. Siswa dan guru dapat dengan mudah mencari dan mengakses materi pembelajaran, jurnal ilmiah, e-book, video pembelajaran, dan sumber daya pendidikan lainnya secara online. Hal ini memungkinkan pengembangan pengetahuan yang lebih mendalam dan pemahaman yang lebih luas tentang berbagai topik.

2. Pengembangan Keterampilan Digital

Menggunakan platform digital untuk tujuan pendidikan memungkinkan siswa dan guru untuk mengembangkan keterampilan digital mereka. Mereka belajar cara berinteraksi dengan teknologi, memahami berbagai perangkat lunak dan aplikasi, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam penggunaan teknologi. Keterampilan ini akan sangat berguna dalam dunia kerja yang semakin terdigitalisasi.

3. Kemudahan Komunikasi dan Kolaborasi

Platform digital juga memfasilitasi komunikasi dan kolaborasi antara siswa, guru, dan rekan sejawat. Melalui platform seperti email, forum diskusi online, atau aplikasi pesan instan, guru dapat berkomunikasi dengan siswa dan orangtua dengan lebih efisien. Selain itu, siswa dapat berkolaborasi dalam proyek-proyek pembelajaran secara online, baik dalam satu kelas atau dengan siswa dari sekolah lain di seluruh dunia. Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial dan kolaboratif yang penting.

4. Literasi Media dan Informasi yang Kritis

Menggunakan platform digital juga memberikan kesempatan bagi siswa dan guru untuk mengembangkan literasi media dan informasi yang kritis. Mereka dapat mempelajari cara menilai keaslian informasi online, mengenali sumber-sumber yang dapat dipercaya, dan memahami dampak dari berita palsu atau konten yang tidak akurat. Ini adalah keterampilan penting dalam dunia yang dipenuhi dengan informasi yang berlimpah.

5. Fleksibilitas dan Aksesibilitas

Salah satu keunggulan utama dari platform digital dalam pendidikan adalah fleksibilitas dan aksesibilitasnya. Siswa dan guru dapat mengakses materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja asalkan terhubung ke internet. Ini memberikan peluang belajar yang lebih besar bagi mereka yang memiliki keterbatasan geografis atau fisik.

Namun, sambil mengakui manfaat besar dari platform digital dalam penguatan literasi digital, penting untuk memastikan bahwa penggunaan teknologi ini tetap berkelanjutan dan aman. Ini mencakup perlindungan data pribadi, keamanan siber, dan pemahaman tentang etika digital. Pendidikan tentang penggunaan yang bijak dan aman dari platform digital juga harus menjadi bagian integral dari kurikulum pendidikan.

Dengan mengintegrasikan platform digital dalam pendidikan, baik siswa maupun guru dapat memanfaatkan teknologi ini sebagai sarana penguatan literasi digital yang membantu mereka berkembang dan bersaing dalam dunia yang semakin terdigitalisasi. Literasi digital bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang kemampuan untuk berpikir kritis, beradaptasi, dan menjadi warga digital yang bertanggung jawab.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Webinar Tentang Metode Pengajaran Asyik di Ruang Kelas dan Virtual
1 min
Pentingnya Kecakapan Digital bagi Guru
3 min
Kupas Tuntas Strategi Persiapan Tugas Akhir untuk Mahasiswa
2 min
GI Academy #14 : Kunci Sukses Menjadi Guru Gen Z & Alpha
6 min
Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran: Tips untuk Guru yang Efektif
2 min
ISLTF #56 : Literasi Era Digital: Pentingnya Literasi Menulis bagi Guru di Era Digital
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar