“Perubahan Sistem, Kurikulum dan Metode Pengajaran yang Terintegrasi Menuju Indonesia Emas 2045” - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Mei 2023

“Perubahan Sistem, Kurikulum dan Metode Pengajaran yang Terintegrasi Menuju Indonesia Emas 2045”

Penulis : Suhendi, S.Pd

Metode Mengajar

DEDE SUHENDY14

Kunjungi Profile
1579x
Bagikan

Perubahan sistem, kurikulum, dan metode pengajaran yang terintegrasi upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pendidikan merupakan faktor penting dalam pembangunan nasional karena memiliki peran sangat strategis dalam menciptakan SDM yang berkualitas.

Sistem pendidikan yang terintegrasi mengacu pada pengintegrasian berbagai aspek pendidikan, seperti kurikulum, metode pengajaran, dan evaluasi hasil belajar. Dalam sistem pendidikan yang terintegrasi, Kurikulum Merdeka, mendorong siswa untuk menjadi lebih mandiri dan kreatif dalam memecahkan masalah. Siswa diajarkan untuk berpikir kritis, berkolaborasi dengan orang lain, dan memanfaatkan teknologi. Kurikulum Merdeka juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempelajari keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Metode pengajaran yang tepat menjadi faktor penting dalam sistem pendidikan terintegrasi. Metode pengajaran yang efektif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu siswa untuk lebih memahami materi yang diajarkan. Metode pengajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran aktif, di mana siswa lebih banyak terlibat dalam proses pembelajaran dan diberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Evaluasi hasil belajar merupakan aspek penting dalam sistem pendidikan yang terintegrasi. Evaluasi harus dilakukan teratur dan obyektif untuk mengukur sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran. Evaluasi yang baik dapat membantu guru mengetahui kebutuhan dan kemampuan siswa mengembangkan strategi belajar mengajar yang lebih efektif.

Perubahan sistem, kurikulum, dan metode pengajaran yang terintegrasi dapat membantu meningkatkan kualitas tenaga pendidik. Dengan pelatihan guru, In House Training, serta guru yang sudah mendapatkan kesempatan Sertifikasi guru, dapat memberikan pengajaran dan memotivasi siswa untuk belajar lebih baik.

Dalam praktiknya, perubahan sistem, kurikulum, dan metode pengajaran yang terintegrasi memerlukan dukungan, baik dari pemerintah, masyarakat, maupun tenaga pendidik itu sendiri. Perubahan ini juga membutuhkan waktu dan upaya yang besar secara konsisten dan berkelanjutan. Namun, jika dilakukan dengan baik, perubahan Kurikulum Medeka dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045 dapat membawa perubahan positif pendidikan Indonesia .


Penyunting: Putra

8

0

Komentar (8)

RIFA KHOIRUNNISA

May 23, 2023

ouh berati nanti kurikulum sistemnya berbeda ya

DEDE SUHENDY14

May 23, 2023

Iya, ada perbedaan.

Balas

YUSUF TOPANI

May 11, 2023

Luar biasa artikelnya. Sebagai pendidik kita sebagai fasilitator dan harus mengerti karakter peserta didik. Dimana kita harus menerapkan proses pembelajaran dengan cara : 4C yaitu: Creative thinking Critical thinking and problem thinking Colabiration Comunication

DEDE SUHENDY14

May 11, 2023

Masyallah terimakasih bp .

Balas

M. ALIPUTRA

May 11, 2023

Berarti nanti ada perubahan sistem kurikulum, dan metode pengajaran

DEDE SUHENDY14

May 11, 2023

Sudah . perlahan yaa untuk di sekolah kita . semoga bisa lebih baik lg .

Balas

Lihat Komentar Lainnya

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Tips Menjadi Guru Generasi Alpha
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB dengan Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions
RINDU BERKOMUNIKASI LANGSUNG DENGAN TEMAN

Abu Hanifah

Jul 01, 2022
1 min
5 Contoh Jawaban “Tidak Tahu” untuk Pengajar
2 min
Belajar Sistem Pembelajaran Jepang Bersama Profesor Ando! Belajar Lintas Negara #1
1 min
PERSONALISASI PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI MURID MELALUI NEARPOD

Dini Febriana

Sep 10, 2023
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB