Hafecs HRP
- HRP
Member sejak November 2021 • 0 Kursus Online • 0 Event OnlineHasil Tes Diagnostik Guru
Beli membership untuk melihat hasil
Artikel
8
Artikel dipublikasikan
Yuk Perlu Diketahui! Mengenal Faktor Penghambat Pembelajaran, dan Solusinya
Dalam dunia pendidikan, pembelajaran dalam kelas merupakan faktor dasar dalam membina, mengembangkan, dan mengajari peserta didik. Selama proses pembelajaran, guru pasti akan menghadapi berbagai macam masalah yang terjadi. Masalah-masalah tersebut dapat menjadi faktor penghambat belajar, sehingga peserta didik tidak nyaman berada di kelas dan tidak mengerti apa yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut tentu saja akan menjadi sebuah kegagalan dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, untuk mencapai kesuksesan dalam pembelajaran di kelas, guru harus dapat mengatasi masalah-masalah yang mungkin terjadi.
Tiga Cara Identifiakasi Masalah Dalam PBM Di Kelas
Salah satu capaian proses belajar dan mengajar (PBM) di kelas yaitu terciptanya kondisi yang aman, nyaman, dan kondusif, sehingga materi yang diberikan guru kepada siswa dapat diserap dengan baik. Sebaliknya, jika kondisi kelas tidak aman, tidak nyaman, dan tidak kondusif, maka terdapat masalah dan kendala tertentu dalam melaksanakan PBM. Adanya permasalahan maupun kendala di kelas akan berakibat pada kurang maksimalnya hasil belajar siswa. Oleh karenanya, setiap guru perlu mengidentifikasi dan mengupayakan alternatif lain untuk mereduksi masalah tersebut.
Merancang Pembelajaran Untuk Memancing Siswa Berpikir Kritis
Pada Abad ke-21 terjadi peningkatan permintaan terhadap suatu keahlian semakin hari semakin meningkat. Keahlian tersebut seperti, berkolaborasi, berkomunikasi, berinovasi, dan berpikir kritis. Keahlian tadi adalah suatu kebutuhan yang ingin dipenuhi oleh negara untuk mengembangkan perekonomian, dan industri untuk memenuhi sumber daya manusia yang unggul. Salah satu keahlian yang dapat dipupuk sejak masih sekolah adalah berpikir kritis. Berpikir kritis berkaitan dengan rasa penasaran dan eksplorasi yang terbukti saat diskusi dan pertanyaan saat di kelas. Seorang guru memiliki empat kompetensi dasar yaitu, kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan, sosial. Agar siswa memiliki kemampuan berpikir kritis, umpan yang dapat diberikan adalah dengan mengerahkan pengetahuan pedagogik dan pengetahuan materi yang dimiliki untuk merancang pembelajaran
Menarik Untuk Guru! Merancang Dialog Pedagogik Siswa Untuk Berpikir Kritis Dan Kreatif dengan Model
Proses pembelajaran yang baik di kelas akan mencapai keberhasilan dari beberapa faktor yaitu guru, siswa, fasilitas akademik, dan kurikulum yang ditetapkan. Namun dalam mencapai suatu tujuan dalam pembelajaran di kelas ada beberapa hambatan yang dialami oleh guru dan siswa. Hambatan yang sering ditemui adalah seperti kelas yang tidak kondusif, siswa yang merasa bosan dengan pembelajaran yang monoton, selain itu juga banyak siswa yang tidak paham dengan materi pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya kemampuan kognitif siswa dalam mencapai pemahaman pembelajaran di kelas. Melalui hambatan tersebut guru di dorong untuk inovatif dalam meningkatkan indeks berpikir siswa salah satunya dengan metode pembelajaran.
Modul Ajar
Belum ada Modul Ajar
Kreator ini belum menambahkan Modul Ajar apapun
Bahan Ajar
Belum ada Bahan Ajar
Kreator ini belum menambahkan Bahan Ajar apapun
Video Pembelajaran
Belum ada Video Pembelajaran
Kreator ini belum menambahkan Video Pembelajaran apapun
Guru Inovatif
Jam operasional Customer Service
06.00 - 18.00 WIB
GuruInovatif.id adalah Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru. Bangun keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikat.
Copyright © 2025. GuruInovatif.id. All rights reserved. Guru Inovatif untuk pendidikan Indonesia