Dalam suatu studi, salah satu faktor mengapa siswa tidak dapat mencapai tujuan belajar yang diinginkan adalah karena rendahnya daya minat siswa saat mengikuti proses pembelajaran. Hal ini dapat terjadi karena proses belajar hanya terfokus pada guru saja (teacher-centered learning). Oleh karena itu, guru harus mempunyai “jalan keluar” untuk menumbuhkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan belajar.
Minat siswa dapat ditumbuhkan dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Sehingga, siswa tidak merasakan bosan yang dapat berpengaruh pada tingkat minat siswa dalam belajar. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai prinsip-prinsip dasar pada konsep pembelajaran yang menyenangkan.
Konsep Pembelajaran yang Menyenangkan
Menurut Bukit (2023), konsep pembelajaran yang menyenangkan adalah menciptakan suasana proses pembelajaran yang rileks, bebas dari tekanan, aman, menarik, dan menyenangkan. Perasaan senang merupakan kunci dari terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan ini. Sehingga, guru harus memperhatikan kondisi siswa dan merancang strategi pembelajaran yang tepat daripada langsung memberikan materi kepada siswa.
Baca juga:
TCL vs SCL, Bentuk Merdeka Belajar?
Pembelajaran yang menyenangkan memiliki 4 karakter sebagai berikut:
Lingkungan belajar yang bebas dari stres;
Bahan ajar yang disampaikan relevan dengan kebutuhan siswa;
Menyelipkan humor agar tidak terlalu tegang saat belajar;
Pembelajaran yang melibatkan semua indera serta otak kiri dan kanan siswa.
Penyelipan humor saat proses belajar berlangsung, dimaksudkan untuk menghindari stres pada siswa. Karena rasa bahagia dan senang merupakan hal yang manusiawi untuk meraih tujuan hidup yang lebih baik. Oleh karena itu, hal ini menjadi dasar pemikiran tentang proses pendidikan yang berujung pada kebahagiaan.
Manfaat Penerapan Pembelajaran Menyenangkan
Manfaat dari menerapkan pembelajaran yang menyenangkan, dapat meningkatkan keantusiasan dan minat siswa untuk mengikuti bahan ajar yang disampaikan oleh guru. Karena kebosanan dalam proses belajar, dapat menyebabkan kesulitan untuk menangkap dan memahami bahan ajar yang disampaikan guru serta dapat berdampak pada hasil belajar siswa itu sendiri.
Pembelajaran yang menyenangkan juga dapat menguatkan hubungan dan interaksi antara guru dengan siswa. Hal ini tentu sejalan dengan peran seorang guru untuk mendidik dan membimbing siswa melalui kegiatan belajar. Sebagai seorang fasilitator pendidikan, guru juga harus membangun lingkungan belajar yang dapat mendorong siswa untuk mencapai potensi terbaiknya.
Pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan keterlibatan aktif siswa (Gambar: Getty Images/Drazen_)
Belajar dengan suasana yang menyenangkan juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa seperti kemampuan berpikir kritis dan menggunakan wawasan yang sudah mereka miliki untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar yang menyenangkan serta membantu siswa untuk lebih mandiri dalam belajar.
Guru pun menjadi semakin menguasai materi ajar, karena akan mencari cara inovatif untuk menyampaikan materi ajar agar siswa lebih mudah memahami materi tersebut.
Ragam Cara untuk Mewujudkan Pembelajaran yang Menyenangkan di Kelas
Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan guru untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan di kelas. Salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran konstruktif. Metode pembelajaran ini, menjadikan siswa menjadi subjek yang aktif dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan konteks sosial budayanya. Sehingga, konteks kehidupan sosial menjadi sumber belajar bagi siswa.
Baca juga:
5 Jenis Inspirasi Ice Breaking untuk Siswa
Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan juga dapat dilakukan dengan pendekatan edutaintment. Pendekatan ini adalah pembelajaran yang memadukan antara materi dengan hiburan, sehingga dapat menciptakan interaksi antar siswa dan juga siswa ke guru.
Strategi lainnya yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan mengawali kegiatan belajar menggunakan ice breaking agar kondisi siswa lebih rileks untuk menerima materi.
Ingin tahu metode maupun strategi inovatif lainnya dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan di kelas? Ikuti workshop nasional yang akan mengeksplorasi metode pembelajaran menarik dan interaktif berikut ini!
Klik untuk daftar workshopnya
Referensi:
Fun Learning Method in Effecting the Students' Interest in Learning Mathematics
Teacher's Strategy to Create Fun Learning in Elementary School
Theory, Literature Review, and Fun Learning Method Effectiveness in Teaching and Learning
Penulis: Eka | Penyunting: Putra