5 Jenis Inspirasi Ice Breaking untuk Siswa - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 27 Mar 2023

5 Jenis Inspirasi Ice Breaking untuk Siswa

Ice breaking adalah kegiatan yang bertujuan untuk memecah ketegangan yang ada selama aktivitas berlangsung. Ketegangan ini adalah situasi yang tidak nyaman seperti mengantuk ataupun bosan.

Seputar Guru

Glori Cellene Kelly

Kunjungi Profile
34092x
Bagikan

Walaupun secara harfiah arti dari ice breaking adalah memecah es, namun bukan sebatas itu artinya.

Ice breaking adalah kegiatan yang bertujuan untuk memecah ketegangan yang ada selama aktivitas berlangsung. Ketegangan ini adalah situasi yang tidak nyaman seperti mengantuk ataupun bosan.  

Tujuan ice breaking adalah membuat siswa menjadi tidak canggung satu sama lain serta dapat berinteraksi dengan nyaman, selain itu dengan ice breaking dapat membuat suasana menjadi menyenangkan dan fresh kembali. 

Ada 5 jenis ice breaking yang dapat dicoba oleh Bapak/Ibu untuk membuat suasana kelas menjadi fresh, yaitu:

1. Stript Seven

  • Cara untuk melakukan permainan ini adalah membentuk sebuah lingkaran untuk siswa. Nantinya seorang siswa akan dipilih secara acak untuk berhitung dari angka 1, lalu diikuti oleh temannya.
  • Sebelum angka 7, siswa tidak boleh mengatakan 7, namun siswa yang mendapat angka 7 harus menggantinya dengan tepuk tangan. Setelah tepuk tangan dapat dimulai lagi dengan 1, 2, 3 dan seterusnya. 
  • Nantinya, semakin lama angka-angka ini diucapkan maka semakin rancu urutan angkanya ataupun salah nomor saat tepuk tangan. 

2. Permainan tebak gambar

Disini guru akan menjadi moderator untuk memberikan clue atau potongan gambar kepada siswa, dapat berupa gambar hewan, tanaman, tokoh dan lainnya. Nantinya siswa diminta untuk menebak gambar tersebut, untuk menambah keseruan dapat diberikan reward dan punishment. 

3. Permainan Tebak kata

Permainan ini dapat dilakukan dengan menunjuk dua siswa yang bertugas sebagai penebak dan pemberi keterangan. Nantinya penebak bebas menanyakan apapun, namun si pemberi keterangan hanya dapat mengangguk dan menggeleng. Bapak/Ibu guru dapat memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran, sehingga dapat membantu siswa untuk mengingat materi dengan baik. 

4. Permainan Kuis

Ice breaking selanjutnya adalah permainan kuis. Bapak/Ibu guru dapat melempar pertanyaan lalu membiarkan siswa berebut untuk menjawab pertanyaan. Selain di depan kelas secara langsung, Bapak/Ibu guru dapat menggunakan aplikasi Kahoot! agar kuis menjadi menyenangkan. 

5. Sambung kata

Dan permainan ice breaking yang terakhir adalah permainan sambung kata. Permainan ini mengharuskan tiap siswa untuk melanjutkan kata yang sebelumnya sudah dipersiapkan. Jika nantinya ada kata yang salah atau tidak nyambung maka siswa tersebut dapat diberikan hukuman ringan agar membuat permainan semakin seru dan kompetitif.

Dengan kegiatan ini di tengah pelajaran, maka siswa tidak akan merasa ngantuk dan bosan dalam mengikuti materi. Selain itu, karena permainan ini memerlukan konsentrasi tinggi sehingga dapat mengembalikan fokus siswa.


Penulis: Glori Cellene Kelly
Penyunting: Putra

1

1

Komentar (1)

Andarias Andarias

Mar 20, 2023

trimakasih, pencerahannya
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Mengelola Stres dan Tuntutan Profesional

Nur Rochim

Nov 23, 2023
1 min
Peningkatan Potensi Guru melalui Wiyata Kinarya!
2 min
Tambah Penghasilanmu sebagai Trainer di Guruinovatif.id
2 min
3 Pilar Pokok Profesi: Keahlian, Pengetahuan, dan Persiapan Akademik
3 min
Jangan Membuat Mental Guru Terjegal

Dwi Rahayu, S.Pd.

Nov 30, 2023
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar