Pembelajaran Diferensiasi Yang Menarik Dengan Media Literasi Digital Visual - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 11 Sep 2023

Pembelajaran Diferensiasi Yang Menarik Dengan Media Literasi Digital Visual

Pemanfaatan media visual sebagai literasi digital dalam proses pembelajaran

Refleksi

Elfison Dahsananranca Syawtupan

Kunjungi Profile
1132x
Bagikan

Kesulitan dalam berliterasi dengan membaca banyak tulisan membuat siswa minat dalam belajar. Perkembangan dengan cara instan yang tanpa melalui proses mempengaruhi siswa dalam cara belajar.  Disini kurang ketahuan untuk mencapai hasil yang terbaik harus melalui proses. Siswa belum paham untuk berbagi, diskusi, inovasi dan belajar dengan memanfaatkan teknologi. Karena yang dilakukan dengan teknologi hanya untuk belajar instan. Instan yang dimaksud tanpa ingin tahu proses yang dilakukan. Tantangan yang terbesar pada saat ini teknologi menjadikan ketergantungan dalam belajar. 

Bukan hanya teknologi yang ada di internet yang berbentuk digital. Serta aplikasi – aplikasi digital yang penggunaan sifatnya instan. Jangan di lupakan sumber – sumber belajar ada dilingkungan sekitar satuan pendidikan. Memanfaatkan lingkungan sekitar mereka atau murid sebagai sumber belajar yang sifatnya manual. Dengan cara murid mengambil gambar konten yang akan dipelajari untuk materi membuat sketsa dan ilustrasi. Teknologi yang digunakan hanya sebagai panduan bukan digunakan untuk belajar secara instan. Siswa berinovasi agar dalam memanfaatkan benar – benar di aplikasi bukan berbentuk instan. Walau berinovasi secara manual tetapi murid tetap mengambil contoh – contoh gambar secara teknologi. Contoh gambar inilah yang akan murid lakukan untuk membuat sketsa dan ilustrasi. Strategi digunakan agar siswa paham dalam membuat sketsa mempunyai proses dan tujuan.

Pembelajaran yang dapat membuat siswa merdeka belajar dengan cara menerapkan pembelajaran menggunakan media literasi infografis. Dengan barcode yang mempunyai makna adanya literasi digital. Siswa dalam membaca isi yang ada di barcode secara digital dengan cara menscan dengan aplikasi pembaca barcode. Disinilah bisa dibuat kelompok sesuai dengan barcode dan konten yang dipilih. Siswa bebas memilih isi konten dari barcode sesuai dengan kesiapan belajar, minat dan gaya belajar. Strategi yang diterapkan masing – masing siswa menscan barcode tersebut. Peran berbagi sangat berharga di strategi atau cara yang diterapkan. Jika ada kendala dalam pembaca barcode, siswa saling berbagi perangkat untuk membaca.

Dengan media infografis yang diminati dan diinginkan selanjutnya dilaksanakan proses pembeljaran . Selama Proses pembelajaran siswa di beri kebebasan untuk melaksanakannya . Baik tempat,kreatifitas, inovasi membuat ilustrasi, gambar yang dibuat, dan menggunakan teknologi digital. Strategi inilah yang pembelajaran diferensiasi lebih bermakna.  


Mereka menjadi lebih cepat paham dengan bentuk panduan dan materi dengan perpaduan media visual atau audio visual. Media infografis mudah untuk dibaca dengan alur yang sudah teratur. Respon pelaksaan pembelajaran dengan media infografis memudahkan siswa untuk selalu mengembangkan minat, gaya belajar dan kesiapannya.

Mendidik memang sulit dari pada mengajar. Mengajar bisa dilakukan oleh siapa saja dan dengan apa saja. Mendidik memerlukan sentuhan-sentuhan yang membuat para peserta didik menjadi nyaman. Semoga dengan mendidik yang penuh hati dan ikhlas akan merubah kearah yang lebih baik. Teknologi tidak akan menggantikan peran guru dalam mendidik, Manfaatkan teknologi bukan dimanfaatkan teknologi. 


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Peringatan Hari Keluarga Internasional: Membangun Koneksi yang Kuat dengan Keluarga
1 min
Pentingnya Memiliki Noble Purpose dalam Hidup

Muhammad Afrizal

May 04, 2023
4 min
Tapak Tilas Perjuangan Raden Dewi Sartika dalam Merdeka Belajar
4 min
10 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2024 M /1445 H Penuh Makna untuk Guru
4 min
"Penguatan Literasi Digital sebagai Jawaban Tantangan Sekolah Menghadapi Era Modern"
Alarm Peringatan Dini "Penguatan Karakter"

Yudha Adi Putra

Jul 21, 2022
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB