Menelisik Urgensi Bahasa Inggris bagi Tenaga Pendidik - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 04 Nov 2022

Menelisik Urgensi Bahasa Inggris bagi Tenaga Pendidik

Dalam dunia sosial, bahasa merupakan sarana komunikasi utama. Kemampuan berbahasa, baik secara personal maupun antarpersonal merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang setiap aktivitas. Selain itu, dengan memahami berbagai bahasa dapat membantu kita melihat fenomena dari berbagai macam perspektif, atau mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai suatu budaya. 

Refleksi

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1596x
Bagikan

Dalam dunia sosial, bahasa merupakan sarana komunikasi utama. Kemampuan berbahasa, baik secara personal maupun antarpersonal merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang setiap aktivitas. Selain itu, dengan memahami berbagai bahasa dapat membantu kita melihat fenomena dari berbagai macam perspektif, atau mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai suatu budaya. 

Salah satu kemampuan berbahasa yang perlu dipelajari oleh semua lapisan masyarakat, mulai dari siswa, mahasiswa, bahkan guru adalah bahasa Inggris. Mungkin Bapak/Ibu dan teman-teman bertanya-tanya, mengapa harus bahasa Inggris? Atau mengapa mempelajari bahasa Inggris itu penting? Untuk menjawab pertanyaan tersebut simak penjelasan berikut ini!  

Bahasa Inggris adalah Lingua Franca Dunia

Secara fungsional, bahasa berperan sebagai media yang menjembatani perasaan, emosi, dan sikap seseorang dalam hubungannya dengan orang lain. Kata ‘menjembatani’ merupakan penegasan terhadap diperlukannya Lingua Franca atau bahasa penghubung antarnegara yang memiliki penutur bahasa yang berbeda-beda satu sama lain. Dalam realitasnya, bahasa Inggris dipilih sebagai bahasa yang disepakati sebagai bahasa Internasional. 

Posisi bahasa Inggris sebagai bahasa dunia menyebabkan banyak negara memasukkan bahasa tersebut ke dalam kurikulum pembelajaran, salah satunya negara Indonesia. Tidak hanya dalam bidang pendidikan, bahasa Inggris juga digunakan dalam skala yang lebih besar seperti teknologi, ekonomi, dan pemerintahan. 

Bahasa Inggris adalah Bahasa Pengetahuan 

Bahasa Inggris merupakan bahasa pengetahuan. Bahasa Inggris adalah bahasa sains, komputer, bisnis, diplomasi, sastra, dan pariwisata. Berbagai macam konsep, teori, dan pemikiran-pemikiran disampaikan melalui bahasa Inggris. Mengetahui bahasa Inggris akan meningkatkan peluang Bapak/Ibu untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan yang lebih komprehensif. Dengan demikian, sumber literatur pembelajaran menjadi lebih bervariasi, kredibel, dan inovatif. Oleh karena itu, urgensi kemampuan berbahasa Inggris, baik secara tekstual maupun lisan perlu diperhatikan bagi setiap tenaga pendidik. 

Bahasa Inggris sebagai Penunjang Karier

Kemampuan bahasa Inggris menjadi salah satu faktor utama yang diperhatikan oleh perusahaan internasional, universitas-universitas, dan organisasi di seluruh dunia. Dengan menguasai keterampilan bahasa Inggris, Bapak/Ibu dapat melebarkan sayap karier ke tahap yang lebih lanjut, salah satunya menjadi tenaga pendidik internasional. Selain itu, kemampuan berbahasa Inggris juga dapat meningkatkan kredibilitas dan elektabilitas Bapak/Ibu dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, mari tingkatkan karier dengan rutin mempelajari bahasa Inggris.  

Bahasa Inggris adalah Bahasa Internet dan Media

Sebagai seorang tenaga pendidik, kebutuhan akan informasi yang berkualitas merupakan salah satu kebutuhan pokok. Seorang tenaga pendidik harus selalu up to date perihal fenomena dan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Pemerolehan informasi dapat menjadi salah satu bahan ajar agar pemelajar menjadi lebih selektif, solutif, dan kritis terhadap fenomena tertentu. 

Berkaitan dengan hal di atas, media dan internet, sebagai medium informasi terbesar memanfaatkan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Penggunaan bahasa tersebut juga bukan tanpa alasan, bahasa Inggris dipilih karena cakupan pembacanya jauh lebih besar dari bahasa lainnya. Oleh karena itu, apabila ingin mengakses informasi sebanyak mungkin, bahasa yang harus Bapak/Ibu pelajari adalah bahasa Inggris. 

Dengan demikian, kemampuan bahasa Inggris dapat meningkatkan kualitas dalam dunia pendidikan. Pentingnya mempelajari bahasa Inggris juga disampaikan melalui quotes indah Flora Lewis, seorang jurnalis perempuan Amerika tahun 90-an. 

“Learning another language is not only learning different words for the same things, but learning another way to think about things.”

(Belajar bahasa lain bukan berarti hanya mempelajari kata-kata yang berbeda untuk hal yang sama, tetapi mempelajari cara lain untuk memikirkan sesuatu.)

Bahasa Inggris telah menjadi pintu gerbang untuk melihat dunia yang lebih luas. Ia mengantarkan kita kepada sumber-sumber pengetahuan baru, melatih kepekaan berpikir, dan meningkatkan interaksi dengan berbagai orang di berbagai belahan dunia. 

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Jaman Serba Digital, Masih Mau Berprofesi Guru?
Melawan Bahaya Narkoba: Sejarah, Bahaya, dan Perjuangan - Hari Anti Narkoba Internasional
2 min
Best Practice Refleksi Karyanti
1 min
Pentingnya menggunakan Heading dalam Artikel!
2 min
5 Cara Jitu Meredakan Stress bagi Tenaga Pendidik
4 min
10 Ucapan Hari Kebangkitan Nasional Penuh Makna untuk Guru!
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar