Berkreasi dengan Teknologi: Memotivasi Literasi Digital melalui Platform Digital Kreatif Pasca Pandemi - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 11 Sep 2023

Berkreasi dengan Teknologi: Memotivasi Literasi Digital melalui Platform Digital Kreatif Pasca Pandemi

Pandemi COVID-19 telah mengubah lanskap pendidikan secara drastis, mendorong ketergantungan yang lebih besar pada teknologi digital. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana memberikan dorongan bagi siswa dan guru untuk mengembangkan literasi digital pasca pandemi.

Pelatihan Guru

RAMDANI ASTIN ABIYU KHASYI

Kunjungi Profile
707x
Bagikan

Pandemi COVID-19 telah mengubah lanskap pendidikan secara drastis, mendorong ketergantungan yang lebih besar pada teknologi digital. Dalam konteks ini, literasi digital tidak lagi hanya menjadi pilihan, tetapi menjadi kebutuhan mendesak. Salah satu pendekatan yang menonjol adalah memotivasi literasi digital melalui penggunaan platform digital kreatif. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana pendekatan ini dapat memberikan dorongan bagi siswa dan guru untuk mengembangkan literasi digital pasca pandemi.

Transformasi Pendidikan di Era Digital

Pandemi mengubah cara pendidikan dilaksanakan di seluruh dunia. Pembelajaran jarak jauh dan penggunaan teknologi menjadi norma baru. Dalam situasi ini, penting bagi siswa dan guru untuk memiliki keterampilan literasi digital yang kuat. Platform digital kreatif muncul sebagai alat yang sangat relevan dalam upaya memotivasi dan mengembangkan literasi digital.

Pengembangan Keterampilan Multidimensional

Penggunaan platform digital kreatif tidak hanya memperkuat literasi digital dasar seperti navigasi online dan pemahaman informasi digital, tetapi juga mengembangkan keterampilan multidimensional. Siswa dapat belajar membuat konten digital interaktif, presentasi visual yang menarik, atau bahkan mengembangkan proyek-proyek kreatif menggunakan teknologi yang ada.

Mengatasi Ketidakpastian melalui Kreativitas

Pasca pandemi, ketidakpastian masih menjadi tantangan besar. Melalui platform digital kreatif, siswa dan guru dapat menemukan outlet kreatif untuk mengekspresikan diri, mengatasi stres, dan menciptakan hal-hal baru. Ini membantu membangun ketahanan mental yang diperlukan dalam menghadapi tantangan masa depan. Contohnya platform guruinovatif.id 

Pembelajaran Kolaboratif yang FleksibelPlatform digital kreatif memungkinkan siswa dan guru untuk bekerja secara kolaboratif tanpa batasan geografis. Mereka dapat berkolaborasi dalam pembuatan proyek, berbagi ide, dan memberikan umpan balik melalui platform digital. Ini merangsang pembelajaran yang adaptif dan inklusif, yang merupakan kebutuhan penting pasca pandemi.

Menghadirkan Pembelajaran yang Menarik

Sumber foto : di ambil ketika pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan salah satu Platform digital kreatif di SMP Insan Madani Kota Serang

Belajar melalui kreativitas dan platform digital memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Siswa merasa lebih terlibat saat mereka dapat mengaplikasikan keterampilan literasi digital dalam konteks yang memotivasi, seperti membuat video pendek, desain grafis, atau bahkan membangun situs web sederhana.

Mendorong Kemandirian Belajar

Penggunaan platform digital kreatif juga mendorong kemandirian belajar. Siswa perlu memahami teknologi, mencari sumber daya, dan mengeksplorasi alat kreatif secara mandiri. Ini membantu membangun keterampilan yang relevan di dunia yang terus berubah.

Kesimpulan

Pasca pandemi, literasi digital menjadi kunci untuk beradaptasi dan berkembang di dunia yang semakin terhubung secara digital. Penggunaan platform digital kreatif dapat memotivasi siswa dan guru untuk mengembangkan keterampilan literasi digital dengan cara yang menarik dan bermanfaat. Dengan menggabungkan teknologi dengan kreativitas, pendekatan ini mendorong pembelajaran yang berfokus pada keterampilan praktis dan pemikiran inovatif dalam menghadapi tantangan masa depan.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Mengoptimalkan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru
1 min
Webinar ‚ÄúStrategi Digital Marketing‚ÄĚ untuk Meningkatkan Branding Institusi di Era Digitalisasi
1 min
Pembelajaran Berdiferensiasi dan Miskonsepsi Penerapannya di Kelas
2 min
GI Academy #23: Public Speaking for Teachers
3 min
GI Talks 4.0: "Pengajar Muda: Setahun Mengajar, Seterusnya Jadi Belajar"
3 min
Program Pelatihan In House Training Kurikulum Merdeka
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar