Pelaksanaan kurikulum merdeka di kelas - Guruinovatif.id

Diterbitkan 24 Mei 2023

Pelaksanaan kurikulum merdeka di kelas

Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Kelas

Dunia Pendidikan

Rulik PEBRIANASARI, S.Pd.I

Kunjungi Profile
2404x
Bagikan

Pelaksanaan kurikulum merdeka di kelas 

Kurikulum adalah sebuah perangkat program Pendidikan yang diberikan kepada peserta didik. Dengan kurikulum yang berubah  membawa dampak bagi sebagian guru dan peserta didik, Kurikulum merdeka adalah kurikulum baru yang telah disesuaikan dengan karakteristik siswa dimana peserta didik dapat belajar dengan penerapan profil pelajar panacasila  peserta didik mampu belajar tanpa harus di dalam kelas, mereka dapat belajar dimana saja, guru kreatif adalah guru yang mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, baik di dalam maupun diluar kelas. Dengan perubahan kurikulum diharapkan semakin baik bagi kemajuan peserta didik, Guru tentu memiliki bekal berupa pelatihan-pelatihan, workshop, seminar baik melalui Kelompok Kerja Guru atau lembaga lain, pelatihan didalam sekolah (teman sejawat guru) dengan bertukar ide serta pengetahuan, menjadi guru professional bukan hanya mengajar saja namun  harus mampu mendidik, membimbing, mengayomi, menjadi teladan serta menjadi orang tua kedua setelah keluarga. 

Pembelajaran yang menyenangkan di luar kelas tidak hanya memanfaatkan barang baru sebagai media, namun dapat memanfaatkan barang bekas yang ada di sekitar, membuat barang bekas sebagai media dalam penyampaian pesan, tujuanya adalah siswa mampu secara mandiri, mampu mengasah keterampilan dalam membuat kerajinan,dapat melibatkan kelompok sehingga mampu bekerjasama, saling menghargai dan melatih anak untuk percaya diri, siswa bebas membuat kerajinan berdasarkan kreatifitas masing-masing yang bisa dimanfaatkan kembali. Selain membuat karya siswa juga dapat mengenal lingkungan sekitar, guru mengajak siswa belajar diluar melalui kegiatan percobaan yang dimodifikasikan dengan kegiatan unjuk kerja serta kegiatan melakukan wawancara/melakukan kegiatan penyampaian hasil diskusi/ pengamatan di depan kelas yang disaksikan oleh temannya, dengan penerapan kurikulum merdeka tentu akan menjadikan peserta didik belajar untuk memecahkan masalah dan tidak hanya pembelajaran kognitif  saja yang digunakan sebagai penentu keberhasilan pembelajaran namun pembelajaran yang sesuai dengan dunia nyata juga cukup menantang bagi peserta didik. Pembelajaran hendaknya dapat bermakna artinya pembelajaran yang dapat merubah tingkah laku berupa pengetahuan, sikap dan keterampilan yang lebih baik dengan harapan dikemudian hari peserta didik siap untuk bersaing didunia luar setelah lulus dan siap mengikuti jenjang sekolah berikutnya. Bekal yang bagus dapat mejadi modal utama siswa dalam mewujudkan Indonesia emas mendatang.


Penyunting: Putra

2

0

Loading comments...

Memuat komentar...

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru Melalui Platform Digital (Pemanfaatan AI untuk Guru Menulis)
0 sec
PROJECT BUSINESS PLAN ECOPRINT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PjBL ORIENTASI P5 (PENGUATAN PROJECT PROFIL PELAJAR PANCASILA) MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI IPS DI KELAS 7 MTSN KOTA MADIUN
0 sec
Inovasi Pendidikan di Sekolah Pulau: Langkah Transformasi Menuju Pembelajaran Bermakna dan Berdampak

ANGGI PERDANA

Apr 21, 2025
0 sec
Menelisik Ruang Kelas Futuristik 5.0: Konsep Pemberdayaan Guru IPA Inovatif Melalui Media “Assemblr 3D & Metaverse” Berbasis Multiple Representasi dalam Upaya Penguatan Literasi Digital
PERAN GURU & PENGARUH MEDIA SOSIAL DI ERA SOCIETY 5.0

Teguh Purnomo

Sep 13, 2023
0 sec
Membangun Generasi Cerdas Digital: Penguatan Literasi Digital Melalui Penggunaan Platform Digital di Lingkungan Pendidikan

BHETA SARI DEWI

Sep 04, 2023
0 sec
Komunitas