Origami dan Manfaatnya bagi Siswa dalam Pendidikan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 17 Feb 2023

Origami dan Manfaatnya bagi Siswa dalam Pendidikan

Origami merupakan alat bantu pendidikan yang berharga untuk berbagai mata pelajaran dan tingkat usia. Origami dapat digunakan untuk mengajarkan matematika, sains, seni, dan keterampilan motorik.

Refleksi

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
11105x
Bagikan

Pada saat jam istirahat, Bapak/Ibu pasti pernah melihat ada siswa yang melipat-lipat kertas menjadi berbagai aneka bentuk. Ada yang membuat pesawat, perahu, bunga, dan berbagai bentuk lainnya. Secara tidak langsung, berbagai aktivitas yang dilakukan siswa tersebut merupakan bentuk kreativitas yang dapat membantu konsentrasi dan fokus mereka dalam memahami suatu pengajaran. 

Secara umum, aktivitas melipat kertas dan membentuknya menjadi berbagai bentuk dikenal dengan permainan origami. Tahukah Bapak/Ibu bahwa origami ternyata bukan hanya menyoal melipat kertas lalu menjadikannya berbagai bentuk. Namun, origami dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi ajar. Wah sangat menarik sekali bukan? Yuk Bapak/Ibu kita berkenalan dengan origami dan fungsinya dalam pendidikan. Simak penjelasan sampai akhir ya!

Apa itu Origami? 

Berdasarkan sejarahnya, Origami berasal dari kata Jepang "Ori" (lipat) dan "Kami" (kertas). Diperkirakan permainan origami berasal sekitar tahun 600 masehi setelah penemuan kertas oleh orang China. Pada saat itu, origami digunakan sebagai simbol kemakmuran dan kebahagiaan, dan digunakan sebagai hiasan untuk pernikahan dan acara-acara penting lainnya. Seiring berkembangnya waktu, origami mulai dikembangkan sebagai seni kreatif dari kertas dengan berbagai bentuk desain yang kompleks. 

Origami dan Manfaatnya bagi Siswa dalam Pendidikan
Origami merupakan seni melipat kertas (Sumber: Canva)

Di era digital saat ini, eksistensi origami masih tetap terjaga dan digunakan sebagai salah satu alat bantu ajar yang kreatif dan inovatif. Melalui permainan origami, Anda dapat mengajarkan anak didik membuat bentuk-bentuk sederhana seperti perahu, kapal terbang, bentuk segitiga, kubus, dan bunga. Selain itu, melalui proses membuat origami, anak-anak dapat mempelajari cara berpikir secara kreatif dan menciptakan ide-ide baru. Masih banyak loh manfaat origami dalam pembelajaran! Simak penjelasan di bawah ini ya!

Manfaat Origami dalam Pembelajaran

Origami memiliki peran penting dalam pendidikan. Ini dapat digunakan sebagai alat pembelajaran untuk membantu anak-anak memahami konsep matematika, seperti pemahaman tentang bentuk, ukuran, dan proporsi. Origami juga dapat membantu anak-anak meningkatkan keterampilan motorik halus dan memperkaya pengalaman sensori mereka.

Lebih daripada itu, origami juga dapat membantu anak-anak meningkatkan kreativitas dan meningkatkan rasa tanggung jawab mereka. Dengan semua manfaat yang ditawarkan, origami merupakan alat pembelajaran yang berguna dan menyenangkan bagi anak-anak dan dapat memberikan kontribusi positif pada perkembangan mereka secara keseluruhan. Berikut uraian manfaat origami dalam pembelajaran

1. Meningkatkan Kreativitas

Permainan origami dapat melatih keterampilan motorik peserta didik dan meningkatkan kreativitas mereka. Melalui kombinasi warna dan berbagai ukuran kertas, siswa menjadi lebih kreatif dan selektif dalam membuat suatu bentuk. Tentu saja kepekaan seperti ini dapat terimplementasikan seseorang tersebut dalam kehidupan sehari-hari. 

2. Membantu memahami Pembelajaran Matematika

Origami dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika untuk membantu siswa memahami konsep matematika secara visual dan praktis. Sebagai contoh, pada pembelajaran geometri, siswa dapat dengan lebih mudah memvisualisasikan bidang, sudut, garis, dan berbagai bentuk lainnya sehingga mengetahui sisi, volume, tinggi, dan lebar bangun geometri. Dengan memanfaatkan origami, peserta didik dapat memahami konsep matematika dengan lebih mudah dan menyenangkan, sehingga membantu memperkuat pemahaman dan memperkuat keterampilan matematika mereka.

3. Melatih keterampilan problem solving

Membuat karya origami yang baik harus melewati berbagai tahapan. Perjalanan siswa mengikuti berbagai tahapan, mengulang lipatan, dan menyesuaikan posisi antarsudut dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah. 

Origami dan Manfaatnya bagi Siswa dalam Pendidikan
Setiap tahapan dalam membuat origami dapat membantu kepekaan siswa dalam menyelesaikan masalah (Sumber: Canva)

4. Meningkatkan konsentrasi dan fokus

Kegiatan origami dapat membantu peserta didik lebih teliti selama mengikuti tahapan membuat bentuk-bentuk tertentu. Agar hasil karya menjadi sempurna maka siswa harus selalu fokus dalam semua aspek. Dengan demikian, melakukan kegiatan origami secara rutin dapat membantu peserta didik untuk selalu berkonsentrasi dalam memahami suatu pembelajaran. 

5. Media Peningkatan Rasa Percaya Diri

Membuat origami membutuhkan kejelian dan konsentrasi penuh. Tentu saja saat seorang siswa berhasil membuat ragam bentuk dengan origami memberikan perasaan bangga dan senang dalam dirinya. Selain itu, keberhasilan tersebut juga dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka. Perasaan itulah yang dapat memicu keterampilan-keterampilan dan potensi lain yang ada dalam dirinya. Apabila seorang siswa telah sampai pada tahap tersebut maka ia akan termotivasi untuk setiap aktivitas-aktivitas selanjutnya dalam pembelajaran. 

Demikianlah beberapa manfaat dari pembelajaran origami dalam pembelajaran. Origami dapat menjadi alat pendidikan yang berharga untuk berbagai mata pelajaran dan tingkat usia. Origami dapat digunakan untuk mengajarkan matematika, sains, seni, dan keterampilan motorik. Dengan melipat kertas, siswa dapat belajar tentang geometri, pecahan, fisika, biologi, prinsip-prinsip desain, signifikansi budaya dan sejarah, serta mengembangkan keterampilan motorik halus, koordinasi mata-tangan, kesabaran, dan ketekunan. Secara keseluruhan, origami memberikan cara yang menyenangkan dan menarik untuk mengajar dan belajar, menawarkan pengalaman belajar yang langsung dan interaktif.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda sekalian, kami berharap Bapak/Ibu dapat menerapkan origami sebagai salah satu variasi dalam pembelajaran. Jadi, ayo ambil selembar kertas, lipat, dan mulailah buat berbagai bentuk yang dapat membuat harimu lebih bahagia. Semangat untuk seluruh guru di Indonesia, Maju terus pendidikan bangsa! 

Ayo bergabung dengan paket membership GuruInovatif.id sekarang! Ini adalah kesempatan terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan serta karir Anda sebagai tenaga pendidik. Dengan bergabung dalam paket membership kami, Anda akan mendapatkan akses ke konten premium yang tidak tersedia bagi pengunjung biasa. Anda juga akan mendapatkan diskon harga untuk produk dan layanan yang kami tawarkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan pelanggan prioritas dari tim kami. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Ayo bergabung dengan paket membership kami sekarang juga!


Penulis: Yandi Chidlir
Editor: Putra

0

16

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Memahami dan Membantu: Mengatasi Permasalahan Perkembangan Remaja dengan Bijak
3 min
PERFORMA AJAR PRIMA DIHASILKAN DARI KESEHATAN MENTAL YANG TERJAGA

Bu Dhenok

Nov 15, 2023
5 min
Mengisi Tangki Cinta Anak
5 min
Penting! Kenali Lima Faktor Penghambat Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran
5 min
Pentingnya Keluarga dalam Memperingati Hari Keluarga Nasional: Menyatukan Makna dan Merayakan Ikatan Keluarga yang Kuat
2 min
Hari Anak Nasional dan Ide Kegiatan Bersama Buah Hati saat Weekend
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar