Need for achievement dan Kesehatan Mental Guru - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 30 Nov 2023

Need for achievement dan Kesehatan Mental Guru

Sebagai seorang guru harus memiliki karakteristik kepribadian Need for achievement sebagai wujud penghargaan atas kinerja, yang bermuara pada penghargaan oleh lingkungan, organisasasi profesi, institusi, bangsa dan negara. Guru sehat adalah guru yang dapat beraktualisai "Abraham Maslow".

Refleksi

Muhamad Safiul Umam, S.Pd

Kunjungi Profile
321x
Bagikan

Need for achievement dan kesehatan mental guru. Mana mungkin?

Supaya mudah dalam memahami cara berfikir penulis, maka kita samakan persepsi terlebih dahulu. Pasti kita tidak asing lagi dengan teori hirarki kebutuhan Maslow, dimana dalam pandangan Maslow kebutuhan paling tinggi adalah aktualisasi diri. Jadi menurut pandangan penulis guru tidak akan pernah bahagia dan merasa dirinya berarti disaat tidak dapat mengaktulisasikan dirinya. Aktualisasi diri bagi guru sangat penting untuk membuktikan kualitas diri dan wujud dari pengembangan potensi diri yang dimiliki. 

Apakah mungkin guru dihargai dan dicintai peserta didik maupun masyarakat jika tidak ada nilai-nilai keteladanan yang bisa diamati dan dipelajari. Cara berfikirnya sederhana, bagaimana guru bisa mengeksplor bakat, minat, potensi untuk meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik jika guru tersebut tidak pernah memiliki motivasi berprestasi.

Dengan motivasi berprestasi, guru akan dapat mengaktualisasikan dirinya. Sehingga kinerjanya membanggakan bagi dirinya sendiri, diakui oleh masyarakat, bangsa dan negara. Torehan prestasi akan dijadikan tauladan bagi peserta didik dan rekan-rekan seprofesi. Pada tahap ini, guru akan merasakan kebahagiaan lahir dan batin, sehingga merasakan kenyamanan dan kebanggaan dalam menjalani semua tuntutan dan tantangan pekerjaan di dunia pendidikan yang terus maju dan berubah. 

Seberat apapun pekerjaan, sebanyak apapun pekerjaan dan sesulit apapun pekerjaan. Bukan merupakan ancaman, tetapi secara otomatis akan berubah menjadi tantangan yang harus diselesaikan. Jika ancaman sudah berubah menjadi tantangan, maka yang tersisa adalah rasa nyaman dan rasa senang. Pekerjaan akan berubah menjadi candu, yang terus mendorong untuk memberikan dedikasi terbaik bagi bangsa dan negara di manapun bertugas.

Maka dapat penulis simpulkan bahwa karakter kepribadian need for achievement adalah manivestasi kesehatan mental bagi rekan-rekan guru semua dalam mencerdaskan generasi yang sedang tumbuh dan berkembang untuk mewujudkan Indonesia emas 2045.


Penyunting: Putra

1

0

Komentar (1)

Muhamad Safiul Umam, S.Pd

Nov 30, 2023

Sangat menginspirasi dan luar biasa. Bener-bener keren
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Cara Mengelola Keuangan bagi Guru untuk Kehidupan yang lebih Sejahtera
1 min
Mengatasi Learning Loss, Membangkitkan Kembali Semangat Pendidikan Bangsa!
6 min
Hari Anak Nasional dan Ide Kegiatan Bersama Buah Hati saat Weekend
3 min
Origami dan Manfaatnya bagi Siswa dalam Pendidikan
4 min
Degradasi Kesehatan Mental pada Pendidik Milenial dan Cara Mengatasinya

eprina roganda

Nov 30, 2023
3 min
Ibu, Cinta, dan Kasih yang Abadi dalam Sanubari
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB