Temukan Jati Dirimu Lewat 3 Cara Berikut Ini! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 14 Jun 2023

Temukan Jati Dirimu Lewat 3 Cara Berikut Ini!

Kamu belum menemukan jati dirimu? Yuk simak artikel ini buat mengerti gimana sih cara menemukan jati diri. Dengan menemukan jati diri, kamu bisa lebih memahami fokus dan tujuan hidupmu!

Refleksi

Elienai Berta Ayunda Jodi

Kunjungi Profile
7699x
Bagikan

Untuk mencapai cita - cita di masa depan, seseorang tentu sepatutnya memahami dirinya sendiri. Jika tidak mengenal diri sendiri, lantas apa yang akan menjadi tujuan hidup seseorang? Benar bukan? Oleh karena itu seseorang perlu untuk menemukan jati dirinya. Mengenal jati diri merupakan langkah awal untuk seseorang dapat menemukan tujuan, minat diri, bahkan keinginan dirinya yang akan berpengaruh pada bagaimana orang tersebut menjalani hidupnya. Tapi menemukan jati diri juga bukanlah hal yang mudah lho. Mengapa? Karena pasti di antara kamu sebenarnya juga belum menemukan jati dirimu dan masih ingin mencari sebenarnya apa sih jati dirimu.

3 Cara untuk Menemukan Jati Diri
Belum Menemukan Jati Diri (Sumber : Canva)

3 Cara 'tuk Menemukan Jati Diri

Bagi Anda yang masih bingung untuk menemukan jati diri, jangan khawatir dalam artikel ini ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan jati diri secara positif. Simak penjelasannya sampai akhir ya!

1. Jangan pernah takut untuk melakukan hal baru

Temukan Jati Dirimu Lewat 3 Cara Berikut Ini!
Jangan Pernah Takut untuk Melakukan Hal Baru (Sumber : Canva)

Singkatnya, jika kita tidak mencoba untuk memulai hal baru, maka bagaimana diri kita dapat mengeksplor kemampuan diri kita? Dengan mencoba, kita dapat menemukan hal-hal baru yang mungkin sebelumnya belum pernah kita jumpai atau bahkan belum pernah kita ketahui. Melalui hal baru tersebut, kita bisa saja menemukan sesuatu yang ternyata sesuai dengan diri kita dan menjadikan hal tersebut sebagai langkah awal untuk dikembangkan serta menjadi fokus dari apa yang akan dilakukan kedepannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah seperti mengikuti seminar-seminar, kegiatan-kegiatan sosial, atau mungkin organisasi dan kepanitiaan.

2. Belajar untuk berpikir positif

Temukan Jati Dirimu Lewat 3 Cara Berikut Ini!
Berpikir Positif (Sumber : Canva)

Orang lain memang tidak selalu membuat perasaan kita senang dengan perkataan atau bahkan perbuatannya. Namun, terkadang sebenarnya perkataan atau perbuatan orang lain dapat secara tersirat menjadi saran atau bahkan kritik untuk kita lho. Memang tidak baik untuk memikirkan secara berlebihan perkataan orang lain, tapi kita bisa mengambil sisi positif dari apa yang dikatakan orang. Sehingga kita menerima yang baik untuk diri kita dan melupakan hal negatif yang mungkin menyakiti diri kita. Dengan menerima saran atau kritik tersebut, secara tidak langsung diri kita akan memikirkan langkah mana yang akan kita ambil setelahnya untuk menjadi seseorang yang lebih baik. Selain dari faktor eksternal yaitu orang lain, untuk menemukan jati diri kamu juga harus berfokus pada faktor internal. Yuk simak pada poin selanjutnya!

3. Jangan lupa untuk melakukan introspeksi diri

Temukan Jati Dirimu Lewat 3 Cara Berikut Ini!
Gambar Introspeksi Diri (Sumber : Canva)

Setelah kamu mencoba untuk melakukan banyak hal dan menerima perkataan atau perbuatan orang lain, kamu juga harus berfokus pada dirimu sendiri untuk senantiasa melakukan evaluasi atau introspeksi diri. Dengan melakukan introspeksi, kita dapat memilah mana yang sesuai untuk diri kita sehingga hal tersebut dapat menjadi fokus hidup kita. Jangan ragu untuk menolak yang sebenarnya bukan dirimu hanya karena ikut-ikutan orang lain dan dilakukan oleh banyak orang.

Itulah beberapa tips buat kamu yang masih bingung bagaimana caranya untuk menemukan jati dirimu. Yuk bersama-sama belajar untuk mengenal dan memahami diri kita agar kita dapat lebih memiliki fokus dan tujuan untuk langkah hidup yang lebih baik kedepannya. 

Kepada para tenaga pendidik yang berdedikasi, mari perluas wawasan dan keterampilan Anda dengan mengikuti kursus online kami dan raih sertifikat resmi sebagai bukti prestasi Anda. Kami menyediakan program yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan masa kini dan masa depan. Daftarlah sekarang dan buktikan bahwa Anda adalah guru yang berkomitmen pada kemajuan pendidikan!


Penyunting: Putra

1

0

Komentar (1)

Yunita Rosni Inna

Feb 09, 2024

Entahlah bingung sama diri sendiri
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Guru dan Orang Tua harus Tahu! Lima Cara untuk Mengatasi Gadget pada Anak!
2 min
Permainan Rubik dan Manfaatnya bagi Kreativitas Siswa

Muhammad Afrizal

Mar 17, 2023
3 min
Origami dan Manfaatnya bagi Siswa dalam Pendidikan
4 min
Cara Mengelola Keuangan bagi Guru untuk Kehidupan yang lebih Sejahtera
1 min
Pentingnya Keluarga dalam Memperingati Hari Keluarga Nasional: Menyatukan Makna dan Merayakan Ikatan Keluarga yang Kuat
2 min
Mengenal Sekolah Inklusi, Memerdekakan Hak Semua Anak dalam Pendidikan
6 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB