Mewujudkan Indonesia Emas 2045 Melalui Penerapan P5 Wirausaha “Market Day” Sejak Dini - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 30 Mei 2023

Mewujudkan Indonesia Emas 2045 Melalui Penerapan P5 Wirausaha “Market Day” Sejak Dini

penerapanp5-kewirausahaan-market-day-tkit-auladuna-2 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di TKIT Auladuna 2 Kota Bengkulu dilaksanakan Hari ini Kamis (15/12/2022). Mengambil tema "Kewirausahaan", dalam pelaksanaanya Anak-anak per kelompok menjual makanan dan minuman khas daerah Bengkulu.

Dunia Pendidikan

Nismi Heryani, M.TPd

Kunjungi Profile
2413x
Bagikan

Mewujudkan Indonesia Emas 2045 Melalui Penerapan P5 Wirausaha “Market Day” Sejak Dini

         Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di TKIT Auladuna 2 Kota Bengkulu  dilaksanakan Hari ini Kamis (15/12/2022). Mengambil tema "Kewirausahaan", dalam pelaksanaanya Anak-anak per kelompok menjual makanan dan minuman khas daerah Bengkulu yang dibuat oleh tim komite wali murid dikelas masing-masing. Makanan dan minuman olahan dibuat sendiri bahan-bahannya dari hasil goggreen disekolah yang ditanam secara Bersama-sama, ada pisang, ubi, jagung, labu kuning, pepaya dan lain-lain. Anak-anak, guru dan walimurid serta warga sekolah lainnya dan bahkan masyarakat disekitar sekolah sangat antusias dengan adanya penerapan P5 ini semuanya bisa berbelanja dengan harga murah, anak-anak berlatih berwirausaha sejak dini ada yang berperan sebagai pembeli, penjual, pos keamanan, dan pembersih pasar, dll. Pembeli pun tidak hanya anak-anak tapi seluruh warga sekolah baik y gada di lingkungan sekolah maupun masyarakat sekitar lain juga. Melalui kegiatan ini anak-anak TKIT AUladuna 2 Kota Bengkulu diharapkan memiliki motivasi berwirausaha sejak dini karena untuk menghadapi Indonesia emas 2045 atau dimasa yang akan datang nanti persaingan global yang cukup pesat, selain itu juga Organisasi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi Negara-Negara Maju (OECD), memperkirakan bahwa pada tahun 2045 ekonomi Indonesia akan mencapai U$Rp8,89 triliun dan menjadi ekonomi terbesar ke-4 di dunia. 

Prediksi tersebut dilatarbelakangi, pada tahun 2030-2040, Indonesia akan mengalami bonus demografi. Di samping itu, kebijakan yang telah direncanakan dengan baik harus dilaksanakan secara konsisten, terstruktur, sistematis dan masif. Dengan demikian Indonesia Maju 2045 akan menjadi kenyataan bukan fatamorgana, ketika semakin dekat, harapan/keindahannya akan lenyap. Berdasarkan hal tersebut maka kita sebagai pendidik harus menyiapkan dan mewujudkan itu semua melalui pnerapan wirausaha “market day” sedini mungkin. Adapun kegiatan market day  sebagai berikut: 

                                                                      

Market Day

        Program market day merupakan salah satu inovasi sekolah dalam membangun keterampilan berwirausaha siswa yang dilatih dan ditanamkan sejak dini. Adapun tujuan dari program market day sebagai berikut: (1) Mendorong kemampuan keuangan siswa (Encouraging students finance capability). (2) Mencakup keterampilan matematika atau berhitung siswa, tanggungjawab dan keputusan-keputusan sendiri tentang uang dalam hal ini berhubungan dengan bagaimana cara siswa untuk mengelola keuangan sejak dini. (3) Mendorong kewirausahaan siswa (Encouraging students entrepreneurship). (4) Untuk dapat berwirausaha siswa diharapkan mampu dalam hal komunikasi, kepercayaan, manajemen risiko, belajar dari kesalahan dan menjadi inovatif. (5) Meningkatkan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. (Improving education for sustainable development).

            Market Day berlangsung sangat meriah. Suasana kompetisi terlihat jelas dalam acara tersebut. Hasil pembelajaran Market Day di TKIT Auladuna 2 Kota Bengkulu berjalan dengan lancar. Banyak sekali hal yang dipetik dari pembelajaran Market Day ini. Diantaranya adalah: (1). Mendapat keuntungan (2). Memiki ketrampilan 4C, (3). Menumbuhkan jiwa wirausaha sehingga muncul entrepreneurship yqang handal menyongsong era industri 4.0 menyongsong generasi emas 2045. Dengan Penerapan P5 Wirausaha â€œMarket Day” di TKIT Auladuna 2 Kota Bengkulu, melatih peserta didik menjadi Entrepreneurship. (a). Memiliki keberanian (b). Mempunyai daya kreasi, (c). Berani mengambil risiko, (d). Memiliki semangat dan kemauan keras, (e).Memiliki analisis yang tepat, (f). Tidak konsumtif, (g). Memiliki jiwa pemimpin, (h). Berorientasi pada masa depan. Dampak yang dicapai dalam hal ini adalah: (a) Perubahan karatkater siswa ke arah yang lebih baik. (b) Anak menjadi gembira dan suasana menyenangkan. (c) Memiliki kecakapan abad 21 meliputi: PPK, Literasi, Keterampilan Abad 21 4C. (Critikal Thinking, Creativity, Comunication, Colaboration) (d) Tertanam jiwa wira usaha sejak dini. (e) Siap menghadapi era industri 4.0. untuk menyongsong generasi emas 2045.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pentingnya Menumbuhkan Karakter kepada Siswa
Peran Orang Tua Dalam mensukseskan Pekan Literasi Sekolah di SDN 214/IX Bukit Jaya

M. FAISAL, S.PD.I

Jun 02, 2023
3 min
Strategi Mengatur Waktu Kuliah, Seimbangkan Kehidupan Akademik dan Me Time bagi Mahasiswa

kampus inovatif

Nov 07, 2023
3 min
Dimas Krikof VS Tren Gen Z untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045

FERA ANDRIANI

May 30, 2023
5 min
Revolusi Pendidikan Dengan Penguatan Literasi Digital Melalui Platform Digital
MPLS atau MOS? Menentukan Mana yang Paling Efektif untuk Memperkenalkan Lingkungan Sekolah
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar