Metode Kreatif Guru Membantu Siswa Mengingat Istilah Sulit - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 26 Jul 2024

Metode Kreatif Guru Membantu Siswa Mengingat Istilah Sulit

Panduan praktis untuk mengatasi tantangan menghafal istilah sulit dengan metode kreatif dan interaktif.

Metode Mengajar

Nuranita, S.Pd

Kunjungi Profile
82x
Bagikan

Menghafal istilah-istilah sulit seringkali menjadi tantangan bagi banyak siswa, terutama dalam mata pelajaran seperti Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Istilah-istilah ini memiliki arti yang kompleks dan sulit untuk diingat. Namun, dengan teknik mengajar yang kreatif dan interaktif, guru dapat membantu siswa memperkuat ingatan mereka. Di bawah ini beberapa tips dan teknik yang efektif untuk mengatasi permasalahan ini.

Game Tebak Kata

Game tebak kata adalah cara yang menyenangkan untuk membantu siswa mengingat istilah-istilah sulit. Dalam game ini, siswa diberi petunjuk atau definisi dari sebuah kata, dan mereka harus menebak kata yang dimaksud. Teknik ini memanfaatkan retrieval practice, yang menurut Brown, Roediger, dan McDaniel dalam bukunya Make It Stick, dapat memperkuat ingatan melalui proses mengingat secara aktif.

Penggunaan Gambar sebagai Petunjuk

Menggunakan gambar sebagai petunjuk visual dapat membantu siswa mengasosiasikan istilah dengan visual tertentu. Misalnya, saat mengajar istilah dalam biologi, guru dapat menggunakan gambar organ tubuh atau proses biologis. Buku Make It Stick  menjelaskan bahwa dual coding (menggabungkan informasi verbal dan visual) dapat meningkatkan pemahaman dan retensi. 

Mnemonik

Mnemonik adalah teknik mengingat yang menggunakan asosiasi kata atau frasa untuk membantu mengingat informasi. Guru dapat membantu siswa membuat mnemonik untuk istilah-istilah sulit. Menurut buku Make It Stick, teknik ini adalah bentuk elaborasi yang membantu memperdalam pemahaman melalui penghubungan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada.

Diskusi Kelompok

Diskusi kelompok memberikan kesempatan bagi siswa untuk berbicara tentang istilah-istilah sulit dengan teman-teman sekelas mereka. Melalui diskusi, siswa dapat saling membantu menjelaskan dan memahami istilah tersebut. Brown, Roediger, dan McDaniel menyebutkan bahwa elaborasi melalui diskusi dan penjelasan dapat memperkuat ingatan dan pemahaman.

Penggunaan Teknologi

Penggunaan aplikasi pendidikan dan teknologi interaktif seperti kuis online atau flash cards digital dapat membuat belajar menjadi lebih dinamis. Banyak aplikasi yang menawarkan permainan dan aktivitas interaktif yang dirancang khusus untuk membantu menghafal istilah-istilah sulit. Buku MakeIt Stick menyoroti bahwa teknologi yang memfasilitasi retrieval practice dan spacedrepetition sangat efektif dalam membantu siswa mengingat informasi.

Mengajar istilah-istilah sulit tidak perlu menjadi tugas yang membosankan. Dengan menerapkan teknik-teknik kreatif seperti game tebak kata, penggunaan gambar, mnemonik, diskusi kelompok, dan teknologi, guru dapat membantu siswa mengingat istilah-istilah sulit dengan lebih mudah dan menyenangkan. Proses belajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.

Referensi:
Buku Make It Stick: The Science of Successful Learning karya Peter C. Brown, Henry L. Roediger III, dan Mark A. McDaniel.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Implementasi Pembelajaran PAI Materi Asmaul Husna Melalui Metode “Field Trip School”

AFWAN YAZID

Oct 06, 2023
3 min
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045

IIS MARWATI,M.PD

May 05, 2023
3 min
Berbagai Tantangan Pembelajaran Berdiferensiasi
3 min
Pentingnya Peran Guru dalam Mengetahui Minat dan Bakat Siswa!
3 min
Menumbuhkan Semangat Wirausaha Murid di Sekolah
4 min
Joyful Learning Mencuatkan Kreativitas Siswa

Agus Nurjaman

Jul 06, 2022
6 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar