GI Class #102 | Kiat Persiapan Perencanaan E-Kinerja di PMM - Guruinovatif.id

Diterbitkan 23 Jul 2024

GI Class #102 | Kiat Persiapan Perencanaan E-Kinerja di PMM

Guruinovatif.id menyelenggarakan webinar yang membawakan materi mengenai “Kiat Persiapan Perencanaan E-Kinerja di PMM”. Webinar ini menghadirkan narasumber Noralia Purwa Yunita, M.Pd., selaku trainer dari Guruinovatif.id.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
134x
Bagikan

Pada hari Sabtu tanggal 20 Juli 2024 yang lalu, Guruinovatif.id menyelenggarakan webinar Guru Inovatif Class ke-102 yang menghadirkan narasumber Noralia Purwa Yunita, M.Pd., selaku trainer dari Guruinovatif.id. Webinar ini membahas topik “Kiat Persiapan Perencanaan E-Kinerja di PMM”.

PMM sebagai Wadah Pemerintah untuk Memantau Profesionalitas Guru

E-Kinerja Platform Merdeka Mengajar (PMM) merupakan salah satu langkah yang dilakukan pemerintah untuk mengetahui serta memantau keprofesionalan guru dalam menjalankan Tugas, Pokok, dan Fungsi (Tupoksi) guru. Sebagai guru, tentunya kita pasti sudah mengenal 4 kompetensi berikut ini:

  • Kompetensi profesionalitas

  • Kompetensi pedagogik

  • Kompetensi sosial

  • Kompetensi individu

Keempat kompetensi ini dapat dipantau oleh pemerintah melalui PMM. Karena di dalam PMM, Bapak/Ibu guru diharuskan untuk mengisi beberapa poin agar dapat dinilai kinerjanya. Apa saja poin-poin yang harus diisi di dalam PMM?

Praktik Kinerja

Dalam poin ini, Bapak/Ibu guru harus mengisi salah satu indikator secara lengkap dari 8 indikator yang sudah disediakan.

Narasumber juga memberikan penjelasan bahwa E-Kinerja merupakan penyebutan istilah terbaru dari supervisi. Nantinya indikator yang telah dipilih akan diintegrasikan ke dalam perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran.

Sehingga indikator Praktik Kinerja yang telah dipilih, dapat diimplementasikan atau sudah terkandung ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau Modul Ajar yang sudah dibuat oleh guru. Baik dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, hingga asesmen. Setelah guru melakukan perencanaan Modul Ajar, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan guru adalah melakukan observasi Praktik Kinerja.

Observasi Praktik Kinerja merupakan pelaksanaan rencana-rencana kegiatan yang sudah guru buat di dalam Modul Ajar. Hasil observasi Praktik Kinerja ini, nantinya akan dinilai oleh Kepala Sekolah satuan pendidikan masing-masing. Namun jika jumlah guru dalam satuan pendidik terlampau banyak, maka Kepala Sekolah dapat menunjuk satu atau beberapa guru yang sudah memahami proses kegiatan mengajar dalam Kurikulum Merdeka.

Perilaku Kerja (BERAKHLAK)

Setelah Bapak/Ibu guru selesai mengisi Praktik Kinerja, maka Anda diarahkan untuk mengisi Perilaku Kerja (BERAKHLAK). Pengisian Perilaku Kerja ini, nantinya akan digunakan untuk menilai kompetensi individu dan sosial guru dalam lingkungan satuan pendidikan ia bertugas. Hal ini sama saja seperti penilaian karakter guru. Yang menilai poin ini adalah Kepala Sekolah di lingkungan satuan pendidikan ia bertugas.

Meskipun dalam praktiknya poin Praktik Kinerja dan Perilaku Kerja ini dapat dibantu oleh guru-guru yang telah memiliki kompetensi dan pengalaman, namun hasil akhir atau kesimpulan perencanaan kinerja akan dibuat oleh Kepala Sekolah.

Selain dua poin yang wajib diisi oleh guru dalam E-Kinerja, Bapak/Ibu guru juga dapat mengisi poin “Tugas Tambahan” meskipun ini adalah pilihan yang opsional saja. Maksud dari “Tugas Tambahan” disini adalah ketika Anda diberikan mandat atau amanat dari Kepala Sekolah secara tertulis melalui SK Pembagian Tugas Mengajar. Biasanya SK ini bisa guru dapatkan saat di awal momen tahun ajaran baru. Karena di awal tahun ajaran baru, guru akan dilibatkan dalam rapat pembagian tugas mengajar guru. Hal ini memungkinkan Anda tidak hanya ditunjuk sebagai guru mata pelajaran saja, namun juga bisa ditunjuk sebagai Wali Kelas, Wakil Kepala Sekolah, Pembina Ekstrakurikuler, dan lain sebagainya.

GI Class #102 | Kiat Persiapan Perencanaan E-Kinerja di PMM

Tips dan Trik Efektif dalam Perencanaan E-Kinerja

Selanjutnya narasumber menjelaskan beberapa tips dan trik untuk tenaga pendidik dalam merencanakan E-Kinerja, antara lain:

1. Untuk Praktik Kinerja

Pilihlah indikator yang paling Bapak/Ibu guru butuhkan dalam pelaksanaan dalam satu periode. Anda dapat mengetahui indikator apa yang paling dibutuhkan untuk dilaksanakan melalui refleksi pembelajaran di periode sebelumnya.

2. Untuk pemilihan Rencana Hasil Kerja (RHK)

Bapak/Ibu tidak perlu memilih RHK yang sulit, namun pilihlah RHK yang mudah untuk dikumpulkan bukti dukung atau pelaksanaannya. Beberapa contohnya adalah:

  • Perangkat ajar yang lengkap (mulai dari CP, TP, dan sebagainya), lalu dijadikan satu file dan diunggah ke Bukti Karya atau Kontributor Perangkat Ajar. Dengan mengunggah file perangkat ajar yang komplit, Anda sudah mendapatkan 24 poin. Untuk 8 poin yang lainnya, bisa Anda raih dengan mengikuti seminar sebanyak 2 kali atau menjadi peserta berbagi praktik baik atau menghadiri 1 pelatihan mandiri.

  • Mengikuti pelatihan mandiri sebanyak 3 kali, karena sekali mengikuti pelatihan mandiri, guru akan mendapatkan 8 poin. Jika Anda hanya ingin mengikuti 2 pelatihan mandiri, maka Anda dapat mengombinasikannya dengan mengikuti seminar/berbagi praktik baik sebanyak 2 kali agar Anda genap mendapatkan 32 poin.

3. Membuat laporan tugas tambahan secara berkala

Bagi Bapak/Ibu yang mempunyai tugas tambahan, silakan membuat laporan kegiatan tugas tambahan secara berkala. Sangat tidak direkomendasikan Bapak/Ibu untuk membuat laporan tugas tambahan dengan sistem kebut semalam. Karena Anda akan banyak melupakan apa saja yang telah dilakukan dalam selama satu periode kinerja. Belum lagi untuk menambahkan evaluasi serta dokumentasi kegiatannya.

4. Mengaktifkan Komunitas Belajar di dalam lingkungan sekolah

Karena jika Anda mengundang peserta seminar atau berbagi praktik baik, pesertanya tidak harus berasal dari komunitas belajar ada di luar sekolah, tidak harus penyelenggara seminarnya berasal dari Kementerian dan Dinas Pendidikan. Namun penyelenggara seminar bisa dilakukan oleh Komunitas Belajar yang berada di dalam lingkungan sekolah. Karena sertifikat dari Komunitas Belajar dalam sekolah juga dapat diakui. Pengesahan sertifikat juga terdapat tanda tangan dari Ketua Komunitas Belajar yang telah memiliki SK penunjukkan dari Kepala Sekolah dan juga ada tanda tangan dari Kepala Sekolah.

Simak materi mengenai kiat persiapan perencanaan E-Kinerja di PMM lebih lanjut dalam rekaman webinar berikut ini!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!

Tingkatkan kualitas dan kompetensi mengajar Anda dimanapun serta kapanpun dengan bergabung menjadi anggota Guruinovatif.id.
Akses berbagai event, kursus online serta fasilitas lainnya secara GRATIS selama 7 hari!

Gabung menjadi membership Guruinovatif.id


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Tanda dan Penyebab Siswa Mengalami Kesulitan dalam Belajar
3 min
Webinar “Strategi Digital Marketing” untuk Meningkatkan Branding Institusi di Era Digitalisasi
1 min
Pembelajaran Berdiferensiasi dan Miskonsepsi Penerapannya di Kelas
2 min
Webinar “Memperkuat Literasi untuk Guru”
2 min
GI Academy #40 | Menggunakan Fitur AI di Canva: Cara Cepat Membuat Bahan Ajar yang Menarik
2 min
Program Pelatihan In House Training Kurikulum Merdeka
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar