Apa itu TPACK: Pendekatan, Unsur, dan Aspek Utama - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 27 Feb 2024

Apa itu TPACK: Pendekatan, Unsur, dan Aspek Utama

TPACK adalah integrasi pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten dalam pendidikan. Guru perlu menguasai ketiga aspek ini untuk merancang pembelajaran yang efektif di era digital. Hal ini dapat membantu pendidik atau guru untuk beradaptasi dan berdinamika di kelas semakin aktif.

Metode Mengajar

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
930x
Bagikan

Perkembangan teknologi yang semakin masif di zaman sekarang memberikan kemudahan bagi umat manusia terutama di bagian pendidikan. Hal ini karena efektivitas, efisiensi, dan daya tarik yang diusulkan oleh pendidikan berorientasi pada teknologi digital. Perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang memaksa para guru untuk memiliki kemampuan dalam menguasai teknologi yang akan digunakan sebagai alat bantu pembelajaran di dalam kelas. Pada akhirnya, pendidik atau guru bisa fokus dan mengembangkan kerangka berpikir yang berbasis teknologi (TPACK).

Apa Itu TPACK?

TPACK atau technological pedagogical content knowledge merupakan integrasi pengetahuan dan keterampilan perihal materi, dan pedagogik yang digabungkan dalam kemajuan teknologi. Integrasi sendiri merupakan suatu sistem yang mengalami penggabungan sehingga menjadi suatu kesatuan yang utuh. TPACK adalah suatu model alternatif untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan zaman revolusi industri 4.0. Model ini menggabungkan tiga aspek pengetahuan pokok yang harus dikuasai oleh guru. Pada kesempatan ini, artikel akan membahas mengenai pendekatan, unsur, dan aspek utama dalam TPACK. Yuk simak baik-baik!

Apa Itu Pendekatan TPACK

Dunia pendidikan adalah komponen penting dalam memajukan suatu bangsa karena dapat mempengaruhi perkembangan kehidupan masyarakat. Di lingkungan pendidikan, tentu terdapat seorang fasilitator pembelajaran yang sering disebut sebagai guru. Salah satu tantangan utama yang dihadapi guru dalam konteks pendidikan adalah kemampuan mereka dalam merancang strategi untuk meningkatkan kompetensi mereka, yang dikenal sebagai TPACK.

Pendekatan TPACK memberikan gambaran kerangka kerja yang memperkenalkan pengetahuan dengan guru menggunakan teknologi sebagai alat pembelajaran yang efektif. Dalam hal ini, guru diminta untuk kolaborasi antara teknologi, pedagogik (kemampuan mengajar), dan pengetahuan mengenai materi. Ketiga pendekatan tersebut sebagai daya tarik yang dapat diterapkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan efektif karena terpusat pada peserta didik.

Apa itu TPACK: Pendekatan, Unsur, dan Aspek Utama
Ilustrasi pengajaran berbasis TPACK (Gambar: Pexels/ICSA)

Apa Saja Unsur-Unsur TPACK?

Dalam penerapannya TPACK memiliki unsur penting karena dapat memberikan interpretasi atas pemahaman dan pengetahuan pendidik dalam mengkolaborasikan teknologi dan kegiatan mengajar.

1. Content Knowledge (CK)

Content Knowledge (CK) adalah pemahaman tentang isi kurikulum yang akan diajarkan dalam proses pembelajaran. Setiap jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga SMA, memiliki varian yang berbeda dalam materinya. Kemampuan ini sangat penting bagi seorang pendidik karena akan mempengaruhi pendekatan yang digunakan dalam mengajarkan suatu disiplin ilmu.

2. Pedagogy Knowledge (PK)

Pedagogy Knowledge (PK) merujuk pada pemahaman tentang tujuan umum dalam proses pengajaran. Kemahiran dalam mengelola kelas dan menyusun strategi pembelajaran yang efektif merupakan hal yang harus dikuasai oleh seorang pendidik. Pengetahuan pedagogi meliputi teori pembelajaran, metode pengajaran, strategi, evaluasi pembelajaran, dan aspek lainnya yang terkait dengan proses mengajar.

3. Technology Knowledge (TK)

Technology Knowledge (TK) mencakup pemahaman tentang berbagai teknologi, mulai dari yang sederhana hingga yang paling mutakhir seperti teknologi digital dalam konteks era modern saat ini. Penggunaan teknologi harus disesuaikan dengan perkembangan zaman dan terus diperbarui. Pengetahuan teknologi meliputi pemahaman dalam penggunaan perangkat lunak dan keras (hardware).

4. Pedagogy Content Knowledge (PCK)

Konsep yang berkaitan dengan proses pembelajaran untuk menyampaikan materi yang terdapat dalam kurikulum. Ini mencakup proses pembelajaran, penilaian, dan upaya untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. PCK juga menekankan bahwa pendekatan pembelajaran yang berbeda mungkin lebih sesuai untuk materi yang beragam, dan memahami bagaimana mengatur elemen konten untuk menciptakan pembelajaran yang efektif.

5. Technology Content Knowledge (TCK)

Dalam hal ini menjelaskan interaksi antara materi pelajaran dan teknologi, yang dapat mempengaruhi komponen lainnya. Ini mengacu pada bagaimana penggunaan teknologi dapat mempengaruhi cara materi disampaikan.

6. Technology Pedagogy Knowledge (TPK)

Pemahaman tentang bagaimana menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran yang aktif dan efektif. TPK melibatkan interaksi antara pedagogi dan teknologi, memungkinkan pengajar untuk memilih media yang tepat berdasarkan pendekatan pedagogis yang diterapkan.

7. Technology Pedagogy Content Knowledge (TPACK)

Pemahaman terintegrasi tentang pembelajaran yang melibatkan penggunaan teknologi sebagai bagian dari komponen pembelajaran lainnya, seperti materi pelajaran dan pendekatan pedagogis.. Ini menjadi landasan bagi penelitian dan pengajaran dalam mengevaluasi persiapan guru dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Dampaknya pada pendidik adalah tantangan yang lebih besar untuk terus mengembangkan dan mendesain pembelajaran serta kurikulum yang relevan dengan perkembangan teknologi modern.

Tiga Aspek Utama yang Ada dalam TPACK?

Aspek utama dalam TPACK adalah bagaimana para pendidik dapat memahami teknologi, pedagogik, dan pengetahuan mengenai materi. Dalam pemanfaatan teknologi, tidak sekadar pendidik paham terhadap keterampilan dan akses dalam menggunakannya, tetapi juga penting bagi pendidik untuk mempertimbangkan dengan cermat bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mengatasi tantangan dalam merancang pembelajaran. Ini mengindikasikan bahwa pendidik perlu membuat keputusan tentang cara memilih, menyesuaikan, dan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan pedagogi dan teknologi, yang pada akhirnya memberikan nilai tambah dalam proses pembelajaran dengan teknologi di kelas yang berpusat pada siswa.

Itulah penjelasan mengenai TPACK. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi kepada pendidik dan menerapkan konsep TPACK untuk kemajuan bangsa. Semoga pula program kebijakan ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk memperbaiki dan mengembangkan pendidikan di Indonesia.

Referensi:
Apa itu TPACK? Ini Pengertian dan Unsur-unsurnya
Pentingnya Kompetensi Pedagogis bagi Tenaga Pendidik
Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Integrasi ICT dalam Pembelajaran IPA Abad 21

Belajar dimana saja dan kapan pun dengan online course GuruInovatif.id!
Akses beragam pilihan topik ‘tuk tingkatkan kompetensi mengajar hingga skill digital Anda sesuai kebutuhan guru abad 21!


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Merangkul Keunikan Anak: Membuka Pintu Emas Menuju Pendidikan Abad Depan
Model Pembelajaran Discovery Learning, Salah Satu Rekomendasi dari Pemerintah untuk Kegiatan Belajar Mengajar
5 min
Meningkatkan Kemampuan Pronunciation Pada Peserta Didik Melalui Aplikasi ELSA
Media Pembelajaran Paling Efektif untuk Gen Z, Guru Wajib Simak!
7 min
Pemanfaatan Media Sosial: Facebook, Instagram dan Tiktok dalam Proses Pembelajaran PAI

Rahmawati

Sep 04, 2023
4 min
Jenis-Jenis Teori Belajar Kognitif dan Implementasinya
6 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB