Meningkatkan Keterampilan Berbahasa dan Kosakata Bahasa Inggris dengan Aplikasi Spelling Bee - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 10 Apr 2023

Meningkatkan Keterampilan Berbahasa dan Kosakata Bahasa Inggris dengan Aplikasi Spelling Bee

Kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sangat penting di era digitalisasi saat ini. Salah satu upaya untuk mencapai kemampuan tersebut adalah dengan memberikan pembelajaran kosakata melalui gamifikasi Spelling Bee kepada peserta didik.

Refleksi

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
2537x
Bagikan

Dalam dunia yang semakin global, kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu media komunikasi terbaik adalah bahasa. Nah! dari ribuan bahasa di dunia, bahasa Inggris menjadi bahasa terpenting. Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang digunakan di berbagai bidang mulai dari ekonomi, pemerintahan, dan pendidikan. 

Meningkatkan Keterampilan Berbahasa dan Kosakata Bahasa Inggris dengan Aplikasi Spelling Bee
Pembelajaran bahasa Inggris sangat penting di era digitalisasi (Sumber: Canva)

Posisi bahasa Inggris sebagai bahasa internasional tersebut juga ditunjukkan dengan peletakannya kurikulum pendidikan. Bahkan, anak-anak hebat di seluruh Indonesia telah dikenalkan dengan bahasa Inggris sejak strata Taman Kanak-Kanak. Dalam keseharian juga demikian, Bapak/Ibu pasti seringkali secara refleks mengucapkan hello, good morning, good afternoon, dan lain sebagainya kepada rekan kerja ataupun peserta didik. Praktik-praktik semacam itulah yang dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda sebagai tenaga pendidik. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi Bapak/Ibu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Selain itu, Anda juga harus menjadi teladan sekaligus fasilitator terbaik bagi peserta didik dalam menguasai kemampuan berbahasa Inggris. Bagaimana caranya? Simak artikel di bawah ini dengan seksama ya!

Mengenal Manfaat Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris bagi Peserta Didik

Sebelum masuk ke pembahasan, perlu ditegaskan bahwa mempelajari bahasa asing bukan berarti tidak cinta kepada bahasa Indonesia. Mengenal bahasa asing dapat meningkatkan kepekaan kita terhadap berbagai fenomena dan budaya di seluruh dunia. Hal tersebut tentu saja sangat bermanfaat bagi peserta didik sehingga dapat menjadi pelopor perubahan terbaik bagi bangsa ini!

Nah! salah satu langkah awal untuk dapat cerdas berbahasa adalah dengan memperbanyak kosakata. Apa saja manfaatnya bagi siswa? Yuk simak penjelasan berikut!

1. Meningkatkan Kesempatan Sekolah di Seluruh Dunia

Salah satu tantangan seorang individu saat berada di luar negeri adalah bahasa. Ketidakmampuan berbahasa dapat menghambat seseorang mulai dari transaksi jual beli, komunikasi dengan teman sebaya, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, mempelajari bahasa Inggris sangat penting bagi peserta didik. Siswa yang memiliki kosakata bahasa Inggris yang baik dapat lebih mudah dalam mengambil beasiswa atau program sekolah di seluruh dunia. 

2. Mengembangkan Peluang Karir

Sebagai bahasa internasional. bahasa Inggris telah digunakan dalam berbagai sektor seperti pendidikan, ekonomi, dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu, semakin banyak kosakata bahasa Inggris yang dimiliki oleh peserta didik maka semakin mudah juga bagi mereka untuk mengembangkan karir dan mewujudkan cita-citanya. 

3. Membentuk Kepercayaan Diri dalam Masyarakat 

Permasalahan semua peserta didik saat hendak berkomunikasi dengan bahasa Inggris adalah kurang percaya diri. Setiap siswa selalu khawatir bahwa apa yang diucapkan keliru dalam hal pengucapan maupun tulisan. Ketakutan itu disebabkan karena peserta didik belum memiliki pengetahuan yang cukup terhadap kosakata. Oleh karena itu, pembelajaran terhadap kosakata bahasa Inggris sangat penting diajarkan kepada peserta didik. 

Nah itulah beberapa manfaat memperbanyak kosakata bahasa Inggris bagi siswa. Upaya untuk memperbanyak kosakata tersebut dapat dicapai dengan berbagai cara mulai dari memperbanyak membaca buku bahasa Inggris, mendengarkan musik berbahasa Inggris, dan belajar melalui YouTube. Selain metode tersebut, tahukah Bapak/Ibu bahwa ada satu metode inovatif yang dapat membantu peserta didik belajar kosakata yaitu gamifikasi melalui permainan Spelling Bee. Bagaimana caranya? Ikuti tahapan di bawah ini!

Belajar Bahasa Inggris secara Menyenangkan dengan Spelling Bee

Untuk Bapak/Ibu guru bahasa Inggris, istilah Spelling Bee tentu saja sudah tidak asing. Pada umumnya, spelling bee berkaitan dengan aktivitas mengeja kata-kata sehingga dapat memperkuat ingatan peserta didik terhadap kosakata yang dipilih. Namun, di era digitalisasi ini, muncul sebuah permainan edukatif yang dapat membantu Anda belajar bahasa Inggris. Penasaran dengan permainan tersebut? Ikuti langkah berikut!

  1. Tulislah permainan spelling bee di peramban atau untuk mempermudah Anda, klik link berikut  https://www.nytimes.com/puzzles/spelling-bee 
  2. Apabila telah selesai akan muncul tampilan di bawah ini, klik ‘play’ untuk memulai permainan bersama peserta didik 
Meningkatkan Keterampilan Berbahasa dan Kosakata Bahasa Inggris dengan Aplikasi Spelling Bee
Permainan Spelling Bee ( Sumber: https://www.nytimes.com/puzzles/spelling-bee)
  1. Setelah itu, Bapak/Ibu akan dibawa kepada tampilan huruf. Susunlah huruf-huruf tersebut menjadi berbagai kosakata. 
Meningkatkan Keterampilan Berbahasa dan Kosakata Bahasa Inggris dengan Aplikasi Spelling Bee
Tahap pelaksanaan permainan (Sumber: https://www.nytimes.com/puzzles/spelling-bee)
  1. Selanjutnya, setelah menuliskan berbagai kosakata maka akan muncul seperti di tampilan kanan layar. 
Meningkatkan Keterampilan Berbahasa dan Kosakata Bahasa Inggris dengan Aplikasi Spelling Bee
Tahap pelaksanaan permainan (Sumber: https://www.nytimes.com/puzzles/spelling-bee)
  1. Apabila sudah memenuhi target kosakata maka permainan berakhir! 
Meningkatkan Keterampilan Berbahasa dan Kosakata Bahasa Inggris dengan Aplikasi Spelling Bee
Tahap akhir permainan  (Sumber: https://www.nytimes.com/puzzles/spelling-bee)

 

  1. Evaluasi dan apresiasi aktivitas siswa selama berlangsungnya permainan.  Berikanlah mereka penugasan untuk mencatat kosakata yang mereka tulis ke dalam catatan kecil. 

Kesimpulan

Mempelajari kosakata sedikit demi sedikit dapat membantu siswa semakin peka terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Kepekaan tersebutlah yang dapat memicu potensi mereka dalam kemampuan bahasa Inggris. Oleh karena itu, sangat penting bagi Bapak/Ibu guru untuk memfasilitasi peserta didik belajar bahasa Inggris di dalam kelas. Semoga artikel di atas dapat menjadi landasan Bapak/Ibu untuk semakin bersemangat dan termotivasi dalam proses pengajaran. Semangat untuk semua guru di Indonesia! Maju terus pendidikan bangsa!


Ayo tingkatkan kualitas sekolah Bapak/Ibu dengan In House Training!

Melalui program tersebut! Anda dapat memperdalam segala informasi tentang Kurikulum Merdeka dan metode pembelajaran terbaik bagi pendidikan di sekolah Anda! Selain itu, Bapak/Ibu bisa memilih dan menentukan jadwal pelaksanaan program secara fleksibel sehingga tidak mengganggu rangkaian kegiatan di sekolah. 

Kami tunggu ya di program In House Training! Mari bersama-sama kita tingkatkan prestasi sekolah Anda! Hubungi kami segera atau klik banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjut ya! Salam Inovatif. 


Penulis: Yandi Chidlir
Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Hari Pendidikan Nasional 2024: Pidato Kemendikbudristek, Sejarah, dan Tema-Logo
5 min
Anda harus Tahu! Penyebab dan Cara Mengatasi Serangan Panik!
3 min
Ibu, Cinta, dan Kasih yang Abadi dalam Sanubari
3 min
Belajar Menjadi Seorang Pembelajar: Kunci Kesuksesan di Era Informasi

AFWAN YAZID

Sep 21, 2023
2 min
Merancang Investasi dan Tabungan bagi Tenaga Pendidik
1 min
5 Puisi Menarik Hari Pendidikan Nasional
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar