Mengajar dengan Cooperative Skrip - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 18 Apr 2022

Mengajar dengan Cooperative Skrip

Pembelajaran Cooperative Script adalah pembelajaran yang mengatur interaksi siswa seperti ilustrasi kehidupan sosial siswa dengan lingkungannya sebagai individu, dalam keluarga, kelompok masyarakat, dan masyarakat yang lebih luas (Schank dan Abelson dalam Hadi, 2007). Ahli lain mengatakan bahwa model belajar Cooperative Script adalah model belajar dimana siswa bekerja secara berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari.

Cerita Guru

Ali Azhari Siagian, S. Pd

Kunjungi Profile
1091x
Bagikan

Pembelajaran Cooperative Script adalah pembelajaran yang mengatur interaksi siswa seperti ilustrasi kehidupan sosial siswa dengan lingkungannya sebagai individu, dalam keluarga, kelompok masyarakat, dan masyarakat yang lebih luas (Schank dan Abelson dalam Hadi, 2007). Ahli lain mengatakan bahwa model belajar Cooperative Script adalah model belajar dimana siswa bekerja secara berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari.

 Pada ada unit bagian 3 ini guru selaku fasilitator di mana guru membentuk 6 kelompok diskusi kelas, dengan materi mengenali, menyadari , menghargai keragaman identitas. Kali ini guru mengambil contoh dari tempat tinggal seperti kabupaten labuhanbatu di mana Kabupaten Labuhanbatu terdapat enam filosofi yang mengandung arti dan makna yaitu, Gambar Perisai) Bentuk Perisai bersegi lima, bermakna tetap menjiwai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. (Gambar Tepak Sirih) Tepak Sirih, menunjukkan Daerah Kabupaten Labuhanbatu memiliki kebudayaan dan adat istiadat yang tinggi. (Gambar Pohon Karet, Ikan Terubuk, dan Buah Kelapa) Pohon Karet, Ikan Terubuk dan Buah Kelapa menggambarkan penghasilan utama Daerah Kabupaten Labuhanbatu dan Kebanggaan Daerah Kabupaten Labuhanbatu dengan Ikan Terubuknya. (Gambar tujuh belas butir padi, delapan bunga kapas, empat puluh lima mata rantai) Tujuh Belas Butir Padi mengingatkan tanggal 17, Delapan bunga kapas menunjukkan bulan 8 dan Empat puluh lima Mata Rantai Persatuan menunjukkan Tahun 1945, yaitu Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. (Gambar satu bintang bersinar) Satu Bintang bersinar Lima, menunjukkan bahwa Daerah Kabupaten Labuhanbatu tetap berpegang pada kebijaksanaan musyawarah, pada Undang-Undang Dasar 1945 yang berlandaskan Pancasila. (Gambar Bambu Runcing) Bambu runcing, menunjukkan bahwa Daerah Kabupaten Labuhanbatu suatu Daerah yang tidak pernah ketinggalan dalam perjuangan merebut Kemerdekaan Indonesia. Dikutip pada :http://labuhanbatukab.go.id/index.php/profil Guru menjelaskan sedikit tentang lambang yang mengandung makna contohnya seperti arti lambang dari pancasila di mana lambang yang pertama adalah bintang keemasa dan guru menjelaskan sedikit tentang lambang bintang tersebut di dalam kelas berikut cuplikannya, Sila pertama berbunyi ialah ketuhanan yang maha esa dimana Bintang memiliki 5 sisi yang artinya Indonesia memiliki Keragaman Agama yang terdiri lima macam agama yang menandakan bangsa Indonesia berdasarkan atas beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa, sedangkan warna hitam sebagai warna dasar dari Bintang menandakan Indonesia memiliki Alam yang dimiliki oleh Tuhan itulah makna atau arti dari Sila pertama. 

Selsai guru memberikan contoh dan bentuk gambar dari Sila pertama, guru memberikan instruksi kepada kelompok diskusi untuk mengambil selembar kertas secara acak pada kotak dimana slemebar kertas terdapat pembahasan tentang arti atau makna Labuhanbatu tempat siswa bertinggal, Tujuan guru memilih Topik lambang Labuhanbatu agar siswa lebih mengetahui, memahami arti atau Identitas dari Labuhanbatu. Setelah guru menjelaskan selama 25 Menit dan Tanyak Jawab ke Guru dan siswa mengenai Arti lambang dari Pancasila, setelah ketua kelompok mengambil dan membuka selembar kertas yang telah di tulis guru makan siswa yang menjadi kelompok satu dan kelompok seterusnya membacakan lambang yang telah di ambil. Berikut ini langkah - langkah dalam model pembelajaran Cooperative Skrip. Guru membagi siswa berkelompok terdiri dari 6 kelompok secara Random. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengambil judul atau lambang yang akan di diskusi dan dibaca dan membuat ringkasan tiap individu. Guru dan siswa menetapkan kelompok siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan kelompok siapa yang berperan sebagai pendengar. 

Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan, Sejarah Lambang, Kapan, Siapa, Sementara pendengar menyimak/ mengoreksi/ menunjukkan pendapat yang kurang lengkap dan membantu mengingat/ menghapal dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya. Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Menyanyikan lagu Good Job sebagai apresiasi dan tanda pembelajaran yang menyenangkan. Kesimpulan Guru. Pada model pembelajaran Cooperative script terdapat kelebihan dalam penerapan didalam kelas yaitu; untuk melatih pendengaran, ketelitian/ kecermatan siswa dalam presentase dikelas besar dan setiap siswa mendapat peran masing - masing guna untuk menguji Kepercayaan Diri atau Confidence siswa dalam menyampaikan pendapat dan menyanggal pendapat orang lain dalam berargumen. Pada pertemuan ini, Guru melakukan pembelajaran hingga waktu yang ditentukan atau hingga semua kelompok tampil dalam kelas besar, dan guru juga tidak lupa memberikan Refleksi kepada siswa agar pertemuan kali ini diharapkan siswa lebih peduli, peka terhadap jati diri Kabupaten tempat dia lahir.

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Krasa Ning Ora Dirasa
6 min
Meditasi Pagi Sekolah Sariputra
1 min
Dari Guru Nyasar Menjadi Guru Pembelajar

Supadilah, M.Pd.

Apr 23, 2022
10 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar