Manfaat Penguatan Literasi Digital Melalui Platform Digital Bagi Peserta Didik dan Guru - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 19 Agu 2023

Manfaat Penguatan Literasi Digital Melalui Platform Digital Bagi Peserta Didik dan Guru

Manfaat Penguatan Literasi Digital Melalui Platform Digital bagi Peserta didik dan Guru

Dunia Pendidikan

MUH DLIYAUL HAQ, S.PD., GR.

Kunjungi Profile
3462x
Bagikan

Di era modern sekarang ini, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Penggunaan platform digital telah mengubah cara peserta didik dan guru mendapatkan, mengolah, dan berbagi informasi. Literasi digital telah menjadi suatu kemampuan krusial yang harus dikuasai oleh semua individu, terutama peserta didik dan guru, guna menghadapi tantangan dan peluang dalam menghadapi dunia yang semakin terhubung dan kompleks.
Menurut Martin (2008), literasi digital mencakup kemampuan individu dalam mengoperasikan alat-alat digital dengan cermat, yang memungkinkan mereka untuk meraih akses, mengelola, menggabungkan, menilai, serta menganalisis sumber-sumber daya digital guna membangun pengetahuan baru, menciptakan media ekspresif, dan berkomunikasi dengan orang lain dalam konteks kehidupan tertentu. Konsep ini mencakup beberapa bentuk literasi, seperti literasi komputer, teknologi informasi, visual, media, dan komunikasi. Melalui penguasaan literasi digital dalam berbagai aspek tersebut, individu dapat berkontribusi pada pembangunan sosial yang lebih baik. Lebih dari itu, literasi digital tidak lagi hanya sebatas kemampuan teknis untuk beroperasi dalam lingkungan digital, tetapi juga mencakup pemahaman mendalam tentang informasi, data, privasi, keamanan, serta etika dalam dunia digital. Peserta didik dan guru perlu memiliki kemampuan untuk secara kritis menilai dan memilah informasi yang ditemukan di platform digital, serta mampu menggunakan alat-alat digital dengan efektif dalam proses pembelajaran dan pengajaran.
Penguatan literasi digital bagi peserta didik dan guru melalui platform digital merupakan langkah yang sangat penting dalam menghadapi era pendidikan yang semakin digital. Dalam konteks ini, literasi digital merujuk pada kemampuan seseorang untuk menggunakan, memahami, dan berpartisipasi secara aktif dalam lingkungan digital. Hal ini mencakup kemampuan untuk memahami informasi digital, menggunakan teknologi digital secara efektif, serta memiliki sikap yang bijak dan etis dalam berinteraksi di dunia digital.

1. Manfaat Literasi Digital bagi Guru dan Peserta Didik
Literasi digital telah menjadi keterampilan esensial dalam era informasi dan teknologi saat ini. Baik bagi guru maupun peserta didik, literasi digital memiliki dampak signifikan dalam memajukan proses pembelajaran dan mengoptimalkan pengalaman belajar. Berikut adalah beberapa manfaat penting dari literasi digital bagi guru dan peserta didik:

  1. Manfaat bagi Guru
    1). Peningkatan Kreativitas dalam Pembelajaran.  
        Guru dengan literasi digital yang kuat dapat mengembangkan pendekatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Para guru dapat merancang materi pembelajaran           yang menarik dengan memanfaatkan alat-alat digital, seperti video, gambar, dan multimedia interaktif. 
    2). Akses ke Sumber Media Pembelajaran yang lebih luas. 
       Dengan Literasi digital memungkinkan guru untuk dengan mudah mencari, memilih, dan menggunakan berbagai sumber daya pembelajaran online yang kredibel. Ini        dapat melibatkan video pembelajaran, buku digital, jurnal, dan materi edukatif lainnya yang mendukung proses pengajaran.
    3). Kemampuan Diferensiasi Pembelajaran
        Dengan literasi digital, guru dapat lebih efektif dalam menyesuaikan pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan individual peserta didik. Mereka dapat menggunakan         platform pembelajaran online untuk memberikan tugas yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat peserta didik.
    4). Kolaborasi dan Berbagi dengan Sesama Guru. 
        Literasi digital memberikan kesempatan kepada para guru untuk terlibat dalam komunitas pembelajaran daring, di mana mereka dapat saling berbagi pengalaman,            strategi pengajaran, dan sumber daya dengan sesama guru dari berbagai belahan dunia. Selain itu, dalam konteks pelatihan in-house, literasi digital memiliki dampak        yang signifikan dengan mendorong kreativitas dan interaktivitas. Para guru dapat menggabungkan teknologi dalam proses pelatihan, menciptakan presentasi                      multimedia, kuis interaktif, serta kegiatan kolaboratif lainnya. Sebagai hasilnya, literasi digital mengubah dinamika pelatihan internal menjadi pengalaman belajar yang        lebih menarik, efektif, dan memberikan dampak nyata dalam perkembangan kemampuan profesional.
    5). Pemantauan dan Evaluasi Pembelajaran
        Guru dapat memanfaatkan alat-alat digital untuk melacak perkembangan peserta didik, mengumpulkan tugas secara online, dan memberikan umpan balik yang lebih         cepat dan mendalam. 
    6). Sarana Pelatihan Guru dan Sertifikasi Guru
        Di era literasi digital, teknologi juga berfungsi sebagai alat pelatihan yang efektif bagi para guru. Akses ke berbagai platform pembelajaran daring memungkinkan guru      untuk mengikuti kursus, webinar, dan pelatihan khusus yang berkaitan dengan metode pengajaran terbaru, perkembangan kurikulum, atau penggunaan teknologi              dalam kelas. Selain itu, literasi digital juga memungkinkan pengembangan modul pelatihan khusus yang dapat diakses secara fleksibel oleh para guru, membantu                mereka dalam meningkatkan keterampilan, penguasaan konten, dan menerapkan praktik terbaik dalam proses belajar-mengajar. Selanjutnya, literasi digital memegang      peran penting dalam persiapan dan pelaksanaan program sertifikasi guru, mengakomodasi berbagai tahapan sertifikasi melalui penerapan teknologi digital yang efisien.    Dengan begitu, pemberdayaan melalui literasi digital tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga membantu membentuk guru-guru profesional dan         berkompeten yang siap menghadapi dinamika pendidikan kontemporer.
     
In-house Training Guru SIKK - Pemanfaatan Platform Digital
  1. Manfaat bagi Peserta didik
    1). Akses ke Informasi dan Pembelajaran yang lebih luas. 
        Literasi digital memberikan peserta didik akses ke berbagai sumber informasi dan pembelajaran dari seluruh dunia. Mereka dapat belajar tentang budaya, ilmu                    pengetahuan, dan perkembangan terbaru dengan lebih mudah.
    2). Pembelajaran Interaktif dan Menarik
        Peserta didik dapat belajar melalui platform digital yang interaktif, dengan menggunakan video, simulasi, dan konten multimedia lainnya. Hal ini dapat membuat                 pembelajaran lebih menarik dan memperkuat pemahaman konsep.
    3). Pengembangan Keterampilan Teknologi
        Literasi digital membantu peserta didik mengembangkan keterampilan teknologi yang sangat dibutuhkan di dunia saat ini. Mereka belajar menggunakan aplikasi,               perangkat lunak, dan alat digital dengan percaya diri.
    4). Pembelajaran Mandiri dan Kolaboratif
        Peserta didik dapat belajar secara mandiri melalui sumber-sumber online, serta bekerja sama dalam proyek kolaboratif dengan teman sekelas melalui platform digital.
    5). Persiapan untuk Karir Masa Depan
        Kemampuan literasi digital akan membekali peserta didik dengan keunggulan kompetitif di pasar kerja yang semakin digital. Mereka akan lebih siap menghadapi               tantangan teknologi dan berkontribusi dalam lingkungan kerja yang modern.

 

Kegiatan Membaca Bersama Melalui platfrom Digital Peserta Didik SIKK
Pemanfaatan Ruang TIK - Literasi Digital Peserta Didik SIKK

2. Penerapan Penguatan Literasi digital di Sekolah
Penguatan Literasi Digital saat ini telah banyak di terapkan di berbagai sekolah, salah satunya adalah di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), Sabah, Malaysia.  Penerapan Penguatan Literasi digital ini dimualai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Para peserta didik di SIKK menggunakan ponsel pintar mereka bukan hanya sebagai alat untuk berinteraksi di media sosial, tetapi juga sebagai akses untuk menjelajahi berbagai literatur yang tersedia di platform perpustakaan online SIKK. Mereka dapat mengakses berbagai sumber bacaan dan referensi dengan mudah dan cepat, membantu memperkaya pemahaman dan pengetahuan mereka. Langkah ini tidak hanya mendorong pembelajaran lebih mendalam, tetapi juga melatih peserta didik dalam penggunaan teknologi dengan tujuan yang lebih bermanfaat.
Pada kesimpulannya, penguatan literasi digital bagi peserta didik dan guru melalui platform digital memiliki peranan sentral dalam mengoptimalkan pendidikan di era teknologi saat ini. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menggarisbawahi pentingnya kemampuan memahami dan memanfaatkan teknologi secara efektif dalam proses pembelajaran. Integrasi literasi digital dalam pendidikan membawa manfaat yang signifikan, mulai dari meningkatkan kreativitas guru dalam merancang pembelajaran yang inovatif, hingga memberikan peserta didik akses yang lebih luas terhadap informasi dan pembelajaran yang interaktif. Langkah ini memainkan peran penting dalam menghadapi tuntutan zaman, membantu menciptakan generasi yang siap menghadapi perubahan dan berhasil dalam lingkungan yang semakin digital.


Penyunting: Putra

0

1

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

6 Tips Kembangkan Bakat dan Passion Siswa di Luar Kelas

Luqmanul Hakim

May 02, 2023
4 min
Mewujudkan Merdeka Belajar Menggunakan BBM Untuk Indonesia Emas 2045
2 min
MENGARUNGI ERA DIGITAL MELALUI PLATFORM DIGITAL YANG MENARIK
2 min
Perkembangan Teknologi Semakin Pesat! Anda Harus Tahu Tentang Ini!
3 min
Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolahku

Ibrohim,S.Pd

Mar 08, 2023
3 min
Pentingkah Literasi Digital Bagi Siswa Taman Kanak-kanak?
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB